3 langkah, Resize Foto Dengan Photoscape

Wednesday, June 17, 2015


Foto, iya foto. Foto atau gambar dalam sebuah postingan blog itu kedudukannya sangat penting untuk menghidupkan tulisan. Terlebih lagi untuk sebuah blog fotografi. Kadang, beberapa blogger langsung mengupload foto mentah dengan ukuran yang sangat besar (lebih dari 200kb). Efek buruknya adalah halmaan jadi lambat untuk dibuka, kemudian pembaca akan meninggalkan blog (kira kira begitu). Terlebih lagi bagi yang fakir bandwith alias lambat, lebih lambat dari seekor siput yang berlari di atas aspal ketika musim kemarau sambil menggendong sebuah termos. #duh sodorin keong pake Tutorial resize foto pake Photoscape.

Belakangan ini, ibu-ibu cantik mulai doyan  ngeblog, namun beberapa diantaranya ada masalah dengan mengubah ukuran foto yang terlalu besar sebelum diupload ke artikel. Atau kesulitan untuk mengubah foto menjadi ukuran terntentu. Mungkin juga karena mereka belum berteman akrab dengan Photoshop dan Corel. Kini ibu ibu lebih handal untuk nulis blog dan nggajel rel daripada mengubah foto. Berdasarkan kegelisahan tersebut, saya summon  ibu ibu,  mbak dan mas kita ngoprek foto bareng pakai Aplikasi Photoscape. Enteng, praktis dan tentu Gratis.

Sebagai contoh, foto dari kamera hape dengan ukuran 13 megapecel, biasanya menghasilkan foto dengan ukuran 4160x3120 pixel. nah bagaimana mengubahnya menjadi ukuran 1160x543? atau 500x350?
Hmmm... mudah kok cuma beberapa tiga  klik aja.

1. Pilih Menu Editor, Klik tombol Resize yang ada di Home lalu isikan angka 1160 di kolom width, laku klik OK (lihat kolom yang saya beri tanda panah dan kotak merah)



2. Pilih Menu CROP dan pilih tombol Drop Down Assign Ratio/Size. Isikan angka 1160 di kolom width dan 543 di kolom height, lalu Klik OK.  Sesuaikan dahulu bagian mana yang ingin diCrop lalu klik Crop. Nah... sudah jadi tuh foto dengan ukuran 1160x543 pixel. kemudian  Tinggal disimpan saja.


3. Simpan Foto, pilih Save As. Di tahap ini kamu bisa menentukan ukuran file yang akan disimpan dengan Mengubah Quality Foto (goyang goyangkan saja tuasnya) bhaha. Semakin tinggi kualitasnya akan semakin besar ukuran filenya. Usahakan dibawah 200kb supaya cepat didownload.



Nah gitu aja, mudah kan? cukup 3 langkah saja untuk Mengubah ukuran foto menggunakan Photoscape. DI postingan sebelumnya saya juga sudah Menuliskan Tutorial memberikan efek Filter dan mengedit foto dengan Photoscape supaya gambar lebih bagus. Semoga membantu.

Pranala:
1. Download photoscape
2. Tutorial Edit dan Filter Photoscape

You Might Also Like

2 komentar

  1. sippp...siap dicoba. Tengkyuu mas Slam.

    nganu mas..."Kini ibu ibu lebih handal untuk nulis blog dan nggajel rel daripada mengubah foto".....hahahaha, ngguyu tok waelah....soale aku gaptek.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehehe gapapa mba, 1 minggu pakai paling sudah biasa... sudah khatam photoscape.
      kalau sudah bisa praktek resize, kabar kabar nggih

      Delete

Followers

Find us on Facebook

Loenpia.net

ID Corners

Statistik

Blog