Mencoba Modem Smartfren Andromax M3Y

Monday, December 19, 2016


Sudah 3 minggu saya memakai Andromax M3Y dari Smartfren. Selama ini saya pakai di rumah Gunungpati, dipeluk berjamaah bersama ibu-ibu doyan ngegame di kantor, dan saya pakai mudik ke Boyolali. Ngobrol soal Andromax, kok jadi teringat ucapan tante saya, dulu ketika masih pakai HTC Desire yang bundling paket Smartfren.

"Kok pakai Smartfren? itu kan hape CDMA, di sini gak ada sinyal"

Tante saya pesimis dengan hape Smartfren, alasannya karena tidak ada sinyal di tempat tinggalnya, Karanggede. Iya, itu dulu ketika masih di jaringan CDMA. Namun sekarang sudah berubah lho. Smartfren sudah 100% 4G. Jadi sekarang ini sudah tidak ada lagi yang namanya kelas CDMA atau GSM. Adanya teknologi 4G LTE.

Kemudian setelah melihat sendiri kecepatan internet 4G dari Smartfren dia berkata "Wah saiki Smartfren wis ana sinyal, cepet len" pakai logat Jawa Boyolalinan.

Unboxing

Sepertinya terlalu remeh temeh dan sudah terlau banyak blogger yang membahas cara buka plastik dan membredel isi box Andromax M3Y ini. Jadi, device yang saya pakai ini berwarna putih, bentuknya mungil dan agak tebal. Yang membuatnya tebal adalah baterai yang lumayan besar berkapasitas 3100mAh. Kemudian yang patut digarisbawahi adalah tidak adanya kepala charger. Alasannya supaya harganya tetap sama dengan generasi sebelumnya, namun dengan kualitas yang lebih bagus. Hmmm... gak jadi masalah, toh bisa pakai charger dari hape dengan besaran arus yang sama 1 Ampere. Kemudian jangan lupa langsung download aplikasi Mylink M3Y untuk pengaturannya.

Dari segi fisik, penampakannya cukup simple dengan tombol power di tengah dan 4 buah lampu indikator mengitarinya, diantaranya adalah indikator baterai, sinyal jaringan, Wi-Fi dan WPS. Nah, WPS ini jarang saya gunakan, tombolnya berada di samping kiri. Yang sering saya perhatikan cuma Battery indicator dan Signal indicator saja.

Hasil Speed Test di Gunungpati, Ungaran dan Boyolali

Bagaimana Kualitas Jaringan 4G di Semarang - Boyolali?

Lalu bagaimana kualitas jaringan 4G Smartfren di Semarang? hmmm... baiklah, saya beberkan kebenarannya. Lokasi tengah kota sudah pasti aman, gak usah dibahas. Tempat tinggal saya di daerah Gunungpati, aman, Download dapat 15 Mbps Upload 7 Mbps. Di Ungaran - Karangjati tempat kerja saya juga sehat, bisa dibilang stabil, lampu indikator sinyal selalu menyala biru, belum pernah merah tanpa jaringan 4G. Untuk kecepatan download 10 Mbps upload 6 Mbps.

Apakah Ada Blankspot?

Yang saya khawatirkan adalah jaringan di rumah mertua saya, Karanggede, Kab. Boyolali. Di mana lokasinya berada di dataran tinggi, dikelilingi pepohonan dan sawah. Apapun operatornya, sinyalnya sering tanda silang timbul tenggelam. Rasanya esmoni, pengen bangun tower sediri untuk menjaring sinyal! Mainan game COC, HayDay atau sekadar update whatsapp terpaksa harus mengungsi dulu ke peradaban sejauh 4 kilometer. (starter odong odong).

Lalu, bagaimana kondisi jaringan 4G dari Smartfren di Karanggede sekarang?

Senangnya hati saya, ketika test jaringan baik di tengah kota hingga pelosok seperti rumah mertua saya, semuanya sudah tercover jaringan 4G Smartfren. Ya... walaupun lampu indikatornya belum pernah nyala biru, gak kuat kuat amat sinyalnya, namun untuk streaming dan nonton youtube tetap lancar tanpa buffering. Lebih bisa diandalkan daripada operator 4G yang lain yang masih byar pet.

modem-smartfren-andromax-m3y-kuota

Kuota

Hmmm... mbahasnya langsung kuota aja nih? Iya lah! menyangkhut hajat anggaran perpopokan dan persusuan nih. Jadi begini... Ibaratnya kamu membeli paket data sebesar 299rb, eh malah dikasih MiFi secara gratis. Dalam paket ini sudah terdapat kuota 18GB (kuota utama) + 12 GB (kuota bonus). Nah puas-puasin lah download film sak kemenge. Promo ini berlaku sampai Desember 2016. Lalu, ketika kuota habis dan diisi ulang 100rb, bakal dapat bonus kuota lagi. Wah... Jorjoran nih smarfren, semoga masih berlanjut hingga 2017.

Kalau masa aktif habis, tapi masih sisa bagaimana?

Kuota data internet bawaan Andromax M3Y ini adalah volume based evo yang berlaku selama 30 hari. Jika masa aktif paket reguler habis, tapi data masih sisa, maka akan diakumulasi ketika membeli paket lagi, sedangkan kuota bonus akan hilang.

modem-smartfren-andromax-m3y-wifi

Baterai

Menurut saya, baterai Andromax M3Y cukup awet. Ketika saya pakai berjamaah di kantor bersama ibu-ibu yang doyan main HayDay sebanyak 3-5 orang. Bercocok tanam, memberi makan ayam, memerah susu sapi dan menguliti daging babi seharian. Dengan kapasitas 3100mAh bisa bertahan hampir 11 jam lamanya dari jam 7 pagi sampai Jam 7.20 malam, sampai batrenya habis dan mati. Namun jika kondisi sinyal kurang kuat, baterai akan lebih cepat habis seperti di rumah mertua saya.


Yang saya suka dari Andromax M3Y adalah bentuknya yang mungil dan portable, parktis bisa dibawa ke mana saja tanpa harus dicolok ke komputer dan instal driver. Cukup dinyalakan lalu abrakadabra... Ahaaayyy....jebret... bisa internetan!. Kemudian selama pakai Andromax M3Y, baterai hape saya jadi lebih awet.

You Might Also Like

4 komentar

  1. Memang seru pakai mifi ini.jadi nggak perlu isi kuota internet di hp lagi sekarang wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, tidak usah isi kuota internet di hape
      tapi tetap harus isi kuota di mifinya hehehe
      jangan sampe telat perpanjangan

      Delete
  2. Ini dikampungku Rembang bisa ndak ya signalnya...
    MAu buat pake rame-rame remaja Masjid biar update dan gahuls :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk hematnya bisa langsung tanya di galeri, mas wiz
      kemarin temanku juga gitu, tanya dulu "Di daerah rumah saya sudah cover atau belum?" ketika positif langsung diborong tuh mifi.

      atau bisa cek coverage di webnya smartfren

      Delete

Followers

Find us on Facebook

Loenpia.net

ID Corners

Statistik

Blog