[Review] Smartfren Hisense PureShot Plus HS-L695

Thursday, October 29, 2015

Buat para Gamers dan Photographers sini, mari merapat ke sini! yang pengen koneksi internet super cepat silakan gabung. Jadi begini, Setelah kemarin diajak muter- muter Semarang uji jaringan 4G LTE Smartfren menggunakan Andromax Q dan menguji kestabilan Mifi, kali ini saya mendapat kesempatan untuk menjajal piranti terbarunya yang makin bertenaga, namanya Hisense PureShot Plus.

Setelah satu minggu bermesraan dengan Hisense PureShot Plus, sekarang saatnya saya membuat review gawai mewah terbaru, andalan dari Smartfren ini. Berikut adalah pengalaman pribadi saya sekaligus review untuk kamera yang saya anggap menarik. Semoga bisa jadi bahan pertimbahan bila ingin membeli Hisense PureShot Plus.

FISIK DAN KEMASAN

Ketika saya membuka box dari Smartfren ini rasanya bungah. Alhamdulilah rejeki anak sholeh hihihi.  Di dalam box yang dominan berwarna hitam biru tua ini terdapat sebuah Hisense PureShot Plus, Baterai, charger charger warna putih dengan output 1 ampere beserta kabel Micro USB, buku panduan, kartu garansi, bundling kartu SIM Smartfren dan wadah kartu SIM Micro 2 buah. Yang istimewa adalah adanya Earphone putih. Sepertinya banyak pabrikan hape yang menjualnya terpisah dari paket handphone. Akhirnya punya headset juga #eh.

Dari Belakang dulu. Penutup baterai atau cover belakang berwarna putih bening seperti mika, ada sedikit perbedaan dengan wilayah kameranya. Terdapat tulisan Hisense di tengah cover belakang, simbol DOLBY dan "PureShot Plus by Hisense Life reimagined"  di bagian bawah.

Samping. Bumpernya mengkilap melengkung di tiap ujung dan mengelilingi sisinya, Bahan yang terbuat dari logam menambah kesan mewah, kokoh dan stroong. hihihi... walaupun terlihat kokoh dan tahan benturan. Rasanya sangat eman-eman, disayangkan bila harus uji banting.

Tombol power, volume turun dan volume naik berada di sebelah kanan. Di bagian kiri atas  terdapat lubang Jack 3.5 mm untuk earphone, sejajar dengan LED Flash kamera depan.

Sebuah lubang kecil yang berfungsi sebagai microphone terletak di tengah bagian bawah, bersebelahan dengan Colokan mikro USB 2.0 yang kanan kirinya dihimpit oleh lubang lubang kecil pengeras suara..

Kamera utama/belakang beresolusi 13 MP terletak di bagian pojok kiri. Sebuah LED flash terletak di samping kanannya. Terdapat lubang kecil di atas kamera yang berfungsi sebagai microphone.

Bagian Depan. Kamera depan beresolusi 5 MP dan sensor berada di sebelah kanan pengeras suara, sebelah kirinya terdapat LED flash. Di bagian bawah layar terdapat 3 soft buttons, yaitu tombol menu, tombol home, dan tombol kembali. Sayang tidak ada lampu notifikasinya, jadi bila ada pesan, telpon atau pemberitahuan, hanya bisa dideteksi dari layar dan suara dering.

Terakhir,  Foto fisik di bawah ini berukuran 640x480px, bila ingin memperbesar klik saja fotonya.


PROSESOR, MEMORI DAN MEDIA PEYIMPANAN INTERNAL
Info penting buat para gamers nih, terutama yang kelas berat seperti badannya Ade Rai atau beban hidupnya Budi Anduk hihihi. Hisense PureShot Plus ini disenjatai RAM 2GB dipadukan dengan processor Octa-Core 1.36 Ghz berteknologi 64 Bit yang berasal dari Chipset Qualcomm Snapdragon 415. Kemudian diperkuat dengan pengolahan grafis Adreno 405 dan OS Lollipop v5.0.2. Sangat bertenaga ketika menjalankan game berat dan aplikasi lain secara bersamaan. Penyimpanan internalnya sebesar 16 GB dapat memuat banyak aplikasi dan data kamu. Kalau masih kurang, Slot MicroSD bisa ditambah hingga 128 GB. Legaaa...


Kemarin saya mencoba untuk memainkan game lumayan berat seperti Need For Speed No Limits dan Clash Of Clans secara bergantian. Mengunduh instalasinya pun lumayan menguras storage dan kuota internet, yaitu sebesar 750 MB. Besar bukan? untung Hisense pureshot plus sudah dibundling paket bonus data Smartfren Limitless sebesar 2+6 GB yang berlaku selama 7 hari. Puas-puasin lah download game.

Setelah dirunning, grafisnya sangat halus, tidak ada lag walaupun dimainkan bergantian dengan COC. Ini posisinya Whatsap, BBM, Instagram, Facebook dan beberapa aplikasi chating lain tetap running. Hape terasa panas? Iyalah! tapi tetap lancar. Normal lah.

LAYAR DAN BATERAI
PureShot plus memiliki bentang layar 5.5 inchi HD 720p dengan layar yang sudah diperkuat dengan corning Gorilla Glass 3. Jadi, tak perlu pasang screen guard atau tempered glass lagi. Tidak perlu khawatir layar bakal lecet tergores kunci atau barang keras lainnya ketika di tas atau kantong. Untuk mengimbangi ukuran layar yang lebih besar, Hisense melengkapi PureShot Plus dengan baterai berkapasitas 2.500 mAh. Ukuran baterainya memang tergolong standard untuk smartphone dikelas menengah, namun yang menarik adalah baterainya bisa kita copot, sehingga mempermudah apabila harus memakai baterai cadangan. Untuk mengisi batre sampai penuh butuh waktu 3 jam.

JARINGAN 4G LTE
Manariknya lagi, ponsel ini telah mendukung semua jaringan 4G LTE di Indonesia, sehingga bisa bebas memilih semua operator seluler baik itu CDMA dan GSM. Tak lupa Hisense juga melengkapi ponsel terbarunya dengan fitur Dual Sim dan Wifi berteknologi Dual Band.

Dengan dukungan jaringan 4G LTE dari Smartfren, internetan jadi lebih cepat dan lebih stabil. Jadi ingat ada teman kantor saya berinisial Z.U.L.I yang bilang "4G itu cepet dan gak buffering kalau buat youtube-an", hihihi... gak salah sih. Namun lebih tepatnya  4G-LTE Smartfren menjanjikan akses internet yang stabil dan super cepat untuk sekarang ini. Saya berani mengatakan ini, karena saya ikut serta menguji kecepatan Jaringan Smartfren 4G-LTE di semarang. Di kampung saya, wilayah Semarang paling selatan bisa mendapat kecepatan download hingga 14 Mbps, upload 7 Mbps.


PERFORMA
Untuk mengukur performa, saya menggunakan aplikasi Antutu Benchmark versi 5.7.1. Skor yang dihasilkan adalah 33025, Setingkat lebih tinggi diatas Xiaomi Redmi Note dan Xiaomi Redmi 2.

Performa baterai bisa dibilang lumayan dengan ukuran standard sebesar 2500mAh. Untuk pemakaian normal baterai bisa bertahan hingga 9-10 jam. Kalau untuk ngegame terus seperti Need For Speed paling lama 4 jam lah. Selain itu Hisense juga melengkapi ponsel ini dengan teknologi Dual Silicon Microphone yang mampu menghasilkan keluaran suara terbaik dan mengurangi noise ketika menerima panggilan telepon.




KAMERA
Salah satu kelebihan dari Hisense PureShot Plus yang diunggulkan adalah dari Sektor kamera. Kamera utama dengan resolusi 13 MP, LED flash dan bukaan lensa f/2.0 mampu menangkap gambar dengan baik meskipun di malam hari. Selain itu, kamera depan 5 MP Hisense juga dilengkapi LED Flash dengan sudut lensa lebar 80°. Artinya akan lebih banyak teman yang bisa masuk dalam frame ketika selfie berjamaah.

Kamera Hisense Pureshot mampu menghasilkan foto  yang lebih tajam, natural dan pencahayaan yang sangat baik dalam kondisi outdoor maupun indoor. Sementara untuk merekam video, juga bisa merekam video dalam kualitas full HD, HD dan VGA.


Tampilan antarmuka kamera cukup sederhana, terdapat 3 tombol dibagian bawah. Sebelah kiri berfungsi untuk melihat hasil foto, tengah untuk shutter dan kanan untuk Mode foto. Untuk mengubah ke mode video, cukup mengusap layar ke kanan, sedangkan bila diusap ke kiri untuk beralih ke mode Panorama. Saya cukup senang dengan mode panorama Hisense PureShot plus ini, hasilnya jernih dan gabungan antar foto begitu halus. Saya suka memakai trik foto Kagebunshin ketika memakai mode panorama ini. Hasilnya adalah objek menjadi punya kembaran.

Pengaturan kamera lebih lanjut berada di pojok kanan atas, di dalamnya terdapat menu effect, Timer Guidelines/garis bantu dan Pengaturan. Sedangkan untuk berpindah ke Kamera depan, bisa menekan tombol yang berada di pojok kiri atas.

Untuk Filter ada 9 pilihan, Otomatis, Macro, Beauty, HDR, Audio note, Baby Mode, Night , Night-Por dan PPT mode. Yang menarik adalah Baby mode,  bisa mengeluarkan suara seperti suara kucing, anjing, bel, suara mobil dan drum. Cara kerjanya, ketika si balita terpancing suara dan menatap kamera, secara otomatis kamera akan mengambil gambarnya dengan bantuan face detection. Jangan lupa kencangkan volumenya. Selain untuk bayi, ternyata bekerja juga lho buat orang dewasa hihihi. Ada yang kaget tiba tiba ada suara kucing.

Untuk mode Macro, Beauty dan HDR pasti sudah pada paham kan? Yang perlu diketahui adalah mode Night dan Night-Por, kenapa? walaupun sama-sama dipakai ketika malam hari, ternyata beda fungsi dan hasil. Mode Night akan menyerap cahaya selama 2 detik tanpa flash. Sedangkan mode Night-Por secara otomatis menembakkan LED Flash. Hasilnya akan berbeda.

Kemudian untuk Audio-note, Sepertinya menarik nih. Kamu bisa merekam suara selama 10 detik dalam format JPG. Kalau untuk filter PPT Mode saya kurang begitu paham bedanya. Nanti akan saya cari tahu.

Foto HDR
Mode Panorama, Apakah ada yang melihat 2 orang yang sama? kembar?
Mode Auto
Mode Night
Mode HDR
Kamera Depan, tanpa beautify atau filter

SPESIFIKASI
Berikut spesifikasi Hisense PureShot Plus yang tertera di kardus dan situs Smartfren.
DESIGN
Android 5.0.2 Lollipop, Vision UI
SIM Dual-SIM card, 4G LTE (GSM-CDMA)
DISPLAY
type IPS kapasitif, 267ppi, IPS, Corning Gorilla Glass 3
size 5,5 Inci HD 720p
CAMERA
Kamera Utama 13MP with Flash LED, f/2.2
Kamera Depan 5MP, LED Flash, sudut lebar 80°
HARDWARE
Chipset Qualcomm Snapdragon 415
Prosesor octa-core 1.36GHz ARM Cortex-A53 64-bit
GPU Adreno 405
RAM 2 GB
Storage Internal 16 GB ROM
Storage MicroSD Card Slot up to 128 GB
Baterai 2500mAh removable battery
SOUND
Earpiece Jack Headphone : 3,5mm Audio Port Stereo
Audio DOLBY digital plus
CONNECTIVITY
Wifi WiFi 802.11/B/G/N
WiFi Hotspot Yes
Bluetooth v4.0 (with low energy enable)
USB Micro USB 2.0
HARGA Rp3.199.000,-

KONKLUSI
Hisense PureShot Plus nyaman ketika dipakai untuk menikmati konten multimeda, seperti bermain game, menonton video dan bisa diandalkan untuk photography. Jaringan internet  4G-LTE yang kencang dan stabil dari Smartfren patut digaris bawahi.

Pranala :
1. Halaman Hisense Pureshot plus di situs Smartfren
2. Akun Twitter Smartfren : @smartfrenworld dan Akun Twitter Hisense : @HisenseID

You Might Also Like

11 komentar

  1. kalo sama xiomi 4i kualitas kameranya bagus mana ? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmmm...11 -12 lah...
      kalau untuk user interfacenya aku lebih suka siomay ris

      Delete
  2. 3jutaan ya? bisa diskon lagi ngga? :D
    *emakemakngirit

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa dan... apa sih yang gak bisa
      coba dateng ke moll ciputra atau eraphone biasanya ada diskon

      Delete
  3. Replies
    1. layarnya juga bagus... lebih terang, adem dan kayanya gak perlu ditambah screen guard

      Delete
  4. Ternyata masih di pertengahan ya, aku pikir smartfren sudah manteb mau masuk percaturan flagship device hihi~

    ReplyDelete
    Replies
    1. belum mas, kayanya masih ngincer tengahan

      Delete
  5. wow kereen juga yah hp nya, hasil kameranya juga jelas bagus :) makasih gan untuk infonya ^^

    ReplyDelete

recent posts

Followers

Find us on Facebook

Loenpia.net

ID Corners

Statistik

Blog