Naik Bus, Drive Test Jaringan Smartfren 4G-LTE di Semarang

Thursday, August 27, 2015


"pusing... alamaaak, saya pijit-pijit pelipis dan kepala selama di dalam bus"
25/8 Selasa siang kemarin, saya diajak muter keliling kota. Dikawal untuk menguji jaringan Smartfren 4G LTE advanced yang ada di kota Semarang. Bagaimana hasilnya? mau tahu? yang pasti saya sempat pusing. *abaikan*

Seberapa perlu kah koneksi cepat buat kamu? yang jelas, saya  merasa koneksi jaringan 3G sekarang ini masih kurang cepat dan kurang stabil. Mungkin tergantung providernya juga sih. Namun, ada kabar baik bagi pemuja koneksi dewa seperti saya. Kabar baiknya adalah Jaringan Smartfren 4G-LTE  Advanced sudah ready di Semarang. wah, upload/download bakal kenceng, nonton video di Youtube bakal tanpa buffering, nonton tv streaming lancar, buat video call/coverence juga bakal mak wusss.

Bila ingin tahu, di mana saja wilayah yang sudah tercover 4G, wajib baca postingan ini sampai titik terakhir.

2 kata pantangan yang berujung duka pun muncul. Kata benda "bus" dan kata kerja "mabuk". Iya, saya mudah pusing kalau sudah mabuk di dalam mobil. (Abaikan nyut-nyut di kepala). Nikmati saja efeknya di dalam bus. Rute yang dilalui bus dimulai dari Gumaya Tower Jalan Gajahmada - Simpang Lima - Tawang - Tanjung Emas - Tol Krapyak - Jatingaleh - Kota Lama - Tugu Muda - Kariadi dan Berakhir di Candi View Gajahmungkur.

Di dalam bus, saya terus memeriksa jaringan sepanjang roda berputar di jalanan kota semarang. Mengecek jaringan dengan aplikasi speedtest Ookla yang terpasang di handphone Andromax Q dan sesering mungkin buka video di Youtube. Pusing lumayan tersamarkan oleh video dari Vertical Horison, video The Cors dan video girlband korea.


Tidak lupa, Dalam kunjungannya yang pertama di Semarang, Smartfren juga mengadakan workshop di SMP Sultan Agung 1. Workshop ini dihadiri para guru terpilih di Semarang dari SD, SMP dan SMA. Tema yang diangkat adalah "Workshop Internet Cerdas Dengan Teknologi Smartfren 4G LTE Advanced". Tujuannya tentu mengoptimalkan Smartphone & Teknologi 4G LTE untuk menunjang dalam Dunia Pendidikan. Karena generasi kita harus cerdas dalam memanfaatkannya. Nah, tentunya dimulai dari para guru pendidiknya bukan?


Hasil pengujian di setiap titik dan piranti pastinya bervariasi. Ketika di SMP Sultan Agung 1, di daerah simpang lima, downloadnya tembus angka 26 Mbps. Hasil ajaib terjadi di device milik mas @jeepban, koneksinya bisa tembus 40Mbps ketika di jalan Pemuda. Iya, memang bervariasi. Namun selama tercover jaringan 4G LTE, buka video di youtube atau video call tidak bakal ketemu yang namanya buffering. yakin... hak.


"tadi, adakah yang buffering ketika buka youtube?" tanya Pak Munir S.P., Head of Special Project Smartfren. Saya pun mengacungkan tangan, karena terjadi buffering di jalan tol. "jaringannya pasti bukan 4G? coba periksa" timpalnya. Benar juga, tadi ketika buffering karena tidak dapat 4G, dan hanya dapat 3G. Jadi memang benar adanya, beberapa jalur yang saya lalui ada yang kurang bagus sinyalnya, terutama untuk jalur Jalan tol. Tapi saya rasa persentasenya blank cuma sedikit, di bawah 2% persentasenya. Yang bikin bahagia adalah Gunungpati dan Ungaran sudah tercover 4G LTE, bisa tembus 24Mbps. Ahaaaiii...




Nah untuk lebih jelasnya bisa lihat peta di atas. Mana saja sih, jalur yang tercover jaringan Smartfren 4G-LTE, Warna biru dan hijau adalah jalur dengan jaringan paling bagus, sedangkan untuk yang jaringannya kurang bagus adalah warna merah dan Hitam. Alhamdulilah... rumah saya di Gunungpati dan jalur ungaran sudah tercover tembus sampai 24Mbps.

Internetnya kenceng ya? Panen bandwith ahhh...

Pranala :
1.  www.smartfren.com
2. Video Opini drive test https://www.youtube.com/watch?v=5kZVnKRfx9A

You Might Also Like

6 komentar

  1. Hahasyikkkk...

    Ditambah sekitar wilayahmu sudah dapat jaringan 4G, sesuatu itu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulilah... Download kenceng dan lumayan stabil. Tapi kuotanya juga wussss... Kudu direm nih... Penggunaannya

      Delete
  2. Kira-kira kapan ya Slam harga paketnya agak diturunkan, biar bisa puas internetan, hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga paketannya bisa turun segera mas...
      mari kita menangkupkan kedua tangan dan menengadah ke atas...
      mulai mengucap hamdalah mas...

      Delete
  3. Replies
    1. don sune syibuk owk... gak berani ganggu hehehe

      Delete

Followers

Find us on Facebook

Loenpia.net

ID Corners

Statistik

Blog