Calisthenics, Tidak Ada Roti Sobek Instan

Tuesday, October 02, 2018

kalistenik-progress

"perutnya sudah kaya jojo belum, mas?"

Sialan nih Jojo. Gara-gara dia, standar kualitas roti sobek jadi makin tinggi!


Sik... sik... sik... kenapa kok pamer foto buka baju segala? nanti diPM cowok lagi lho, Bro!
Tenang, nanti di paragraf ke 15 pada kalimat terakhir ada alasannya kok.

CALISTHENICS ITU APA?

Karena di Judulnya ada kata "kalistenik" jadi saya carikan dulu artinya di kamus terdekat.

Kalistenik, diucapkan /ka·lis·te·nik/ (bahasa Inggris: Calisthenics) adalah bentuk latihan dengan cara memaksimalkan penggunaan berat tubuh kita sendiri dalam proses membentuk otot.

Sudah paham? kalau belum, ini saya artikan yang lebih njlimet.

Menurut saya sendiri, intinya adalah latihan fisik supaya lebih sehat, kuat, dan tentunya badan lebih enak dilihat kalau sedang buka baju, berenang misalnya? atau pas selebrasi menang bulutangkis? atau pas kerja bakti?  Nah, caranya dengan memanfaatkan berat tubuh sendiri. Jadi gak perlu pakai alat seperti khusus di GYM, terutama buat yang istrinya cemburuan dan gak rela kalau ditinggal dolan seperti sa_.... ah sudahlah.

Pokoknya gitu lah.

KENAPA LATIHAN CALISTHENIC?

"Kowe kan wis payu, kok ijik latihan fisik?" tanya teman yang lagi program mengecilkan perut. FYI perut temen yang nanya udah seperti hamil 7 bulan. Lagi latihan juga, tapi di GYM.

"Biar tetap sehat dan kuat, bro" alasan lainnya masih saya simpan. pffftt

Jadi, cerita sebenarnya begini:

Suatu ketika pas naik tangga ke lantai 2 di kantor, nafas seperti tidak beres, menggeh-menggeh gak beraturan. Dari situ saya mulai bertekad untuk rutin olahraga (lagi) lari dan berenang supaya nanti di waktu tua masih sanggup diajak anak naik gunung. Pada awalnya itu.

OK, nafas dan stamina sudah mulai bener, kemudian negara air menyerang.

Waktu rutin renang di Kolam renang Tlatar Boyolali, di suatu sore hari yang hujan deras, ada mas-mas yang renangnya kaya ikan pesut. Gila, Kenceng banget. Pakai satu tangan bisa, tanpa tangan pun gak melambat malah seperti pinguin. Alien nih! Pas keluar dari kolam dengan celana corak macan (coraknya nyentrik amat), terlihatlah bentuk dada, pundak dan perutnya. Badannya gempal, perutnya tidak ada 6 kotak, tapi nampak ada bekas bentukan otot. Tapi bagus, njuk pengen. Cah pengenan.

Ceritanya ada di sini : Menari Dalam Hujan

"Bun, aku ke GYM ya" Rayu saya ke istri yang berujung cemberut dan muncul kata "Nggaya! gak usah, di rumah saja"

Dari situ saya mulai melirik Calisthenics karena bisa dilakukan di rumah dan di mana saja tanpa butuh alat khusus, hanya pakai bobot badan saja. Alasan lainnya karena  istri tidak rela jika saya pergi ke GYM dengan alasan olahraga, mungkin curiga saya kecantol "dumbbell", kepleset treadmill atau kena colek barbell gemez. Mungkin lho.

SEJAK KAPAN MULAI CALISTHENIC?

Saya memulai latihan kalistenik sejak Februari 2018 hingga sekarang September. Jadi masih masuk dalam kategori pemula dan cetek soal kalistenik. Jadi jangan dibully ya, yok sehat bareng-bareng.

Mohon maaf juga buat pembaca setia (emang ada?) saya jadi jarang update blog ini karena hal tersebut. Mau nulis di kerjaan gak fokus, di rumah juga lagi banyak kegiatan seperti angkat beban batako, ngerek ember adonan pasir dan semen, dan kegiatan pertukangan lainnya. Lagi renovasi rumah soalnya. Belum lagi dibajak si boy buat nonton tayo, baby shark, family finger dan teman temannya.



APA SAJA LATIHAN CALISTHENICS?

Saya tidak lantas tebas tanpa ilmu dasar. Saya mencari mentor, karena kalau tidak diawasi bisa jadi kurang maksimal, salah posisi, terlebih jangan sampai salah gerakan bisa cilaka.

Kebetulan punya kenalan yang hobi foto mbediding pamer batako, dada dan bahunya bakoh seperti  beton jalan tol bawen, dikit-dikit ngeflag, dikit-dikit handstand, namanya Mas Erfix Bahtiar. Seniman bergelar vokalis bersuara merdu, songwriter, fotografer merangkap videografer ini adalah Legend kalistenik di Salatiga.

Setelah konsultasi dan curhat goal yang pengen dicapai, akhirnya dikasih PR di rumah untuk latihan rutin minimal 15 menit dalam 5/7 hari selama 3 bulan untuk tahap cutting. PR-nya adalah Push-up, climber, dips, plank sekuatnya saja minimal 15 menit. Di awal-awal latihan belum ada 10 menit sudah ndredeg dan njarem. Lama-lama otot jadi terbiasa, sampai saat ini waktu sejam latihan masih dirasa kurang.

PERNAH CAPEK ATAU MAU BERHENTI  CALISTHENICS?

Selama 8 bulan ini saya berusaha rutin latihan 5/7hari, namun belum bisa konsisten, karena kadang ada saja slempitan kegiatan yang membuat terpaksa mandeg latihan. Pernah males dan pengen berhenti, tapi saya mengingat-ingat lagi tujuan kenapa memulai kalistenik. Lalu saya melihat lagi foto hasil googling di bawah ini sebagai bonus dan goal selanjutnya.

brodibalo-sixpack
Brodibalo
Maka dari itu saya mulai mencari waktu luang yang sekiranya bisa rutin. Tidak perlu lama, cukup 15-30 menit saja sudah cukup, yang penting rutin dan disiplin. Dan akhirnya hasilnya kelihatan juga walaupun tipis-tipis sudah bahagia. Mau foto progress boleh, tapi jangan sering sering, nanti kalau gak kunjung kelihatan bisa patah semangat, 2 bulan sekali lah cukup sebagai penyemangat.

"You should exercise based what time is convenient for you
For some people, they feel more comfortable exercising before bedtime
At the end, what matters is that you exercise regularly and consistently"

Okay kayanya segitu aja curhatnya.

Catatan saya:

- Bagi saudaraku yang sedang, akan, ingin, mengecilkan badan menuju badan sehat dan ideal. Lanjutkan, 15 menit sehari itu sudah cukup asalkan rutin.

- Bagi yang diet (mengurangi berat badan) dengan mengganti pola makanan sehat itu bagus, atau mengurangi kalori yang masuk juga bagus. Tapi ingat, harus defisit kalori namun kebutuhan protein tetap dicukupi.

-Tidak kalah penting harus diimbangi dengan latihan fisik juga secara rutin, hasilnya akan mengejutkan.

You Might Also Like

3 komentar

  1. Kalistenik..mantap nih.. roti sobeknya sdh mulai terbentuk y mas..good job ☺️

    ReplyDelete

Followers

MEMBER OF

Loenpia.net

Statistik

Blog