Ngajarin Renang Anak Balita itu Susah?

Wednesday, September 20, 2017

mengajarkan-anak-berenang

Hmmm… Susahnya minta ampun sodara-sodara sekalian, terlebih jika anaknya takut air dingin seperti Fatih, anak saya. Balita umur 15 bulan ini kalau di kolam renang perangainya mendadak dangdut. Yang tadinya aktif, lari, lompat sana lompat sini seperti tupai, mendadak berubah seperti kucing pemalu yang mengkerut takut sama air. Kaki dan tangannya menempel erat bergelantungan di lengan bapaknya seperti belitan ular anaconda. Seujung jari kaki pun gak mau menyentuh air. Duh, anak ini! Kemarin nyidam apa ibunya?

Saya pun putar otak dan mengencangkan tali celana supaya si bocah mau masuk kolam. Salah satu caranya adalah dengan mengajaknya jalan-jalan di pinggir kolam dahulu, digendong dan dilihatin macam-macam benda untuk mengalihkan perhatian Si Kecil. Kebetulan di Kolam renang Tirto Argo Siwarak ini, tempat biasa saya berenang, banyak patung hewan di taman, 1 koloni ikan di kolam, kemudian ada monyet dan burung di sangkar. Sayang, tidak ada patung sapi, hewan kesukaan Fatih.

Baca Juga : 5 Alasan berenang di Kolam Renang Tirto Argo Siwarak

Setelah suasana hatinya mulai cair, mau ketawa, saya mulai ciprat-cipratkan air supaya terbiasa, celupkan sedikit sedikit supaya beradaptasi dengan air kolam. Alhamduliah sudah mau masuk air, tapi tetap nempel gak mau lepas dari gendongan bapaknya sabil teriak manggil-manggil minta suaka dari ibunya “hiii…hiii…maaaaah… emoh.”

Astaga! Ternyata bocah yang hobi mbetot ekor kucing tetangga ini, gak tahan air dingin. Saya baru ingat, ketika mandi air biasa saja dia sudah jinjit-jinjit kaki pengen mentas keluar dari bak mandinya. Ya sudahlah, tidak perlu dipaksakan. Kasihan, bibirnya sudah membiru kedinginan, ibunya juga mulai mrengut khawatir.

Eladalah kampretosss! Gembus tenan! Giliran saya mau melemaskan otot dengan berenang 1000 meter, kaca mata renangnya lenyap, hilang! Padahal seingat saya, sudah memasukan kacamata beserta antifog di dalam tas punggung yang biasa saya pakai ketika renang. Setelah diusut dan dirunut, ternyata saya ganti tas dengan travel bag yang biasa dibawa untuk bawa perlengkapan balita. Mungkin karena kepenuhan, satu termos air panas, susu dan botol susu, satu setel pakaian dan diapers anak saja sudah hamper penuh. Belum lagi digabung dengan perlengkapan ibunya, tas-nya sudah mau muntah, tidak muat, sampai resletingnya teriak mau berontak. Pantas saja kalau saya kelupaan kaca mata.
perlengkapan-renang-anak-balita
Isi travel bag, perlengkapan renang si bocah

Yang perlu digaris bawahi adalah, Berenang sendiri itu berbeda dengan berenang bersama keluarga. Yang biasanya cukup pakai 1 tas punggung, bawa kacamata, kancut dan handuk, sekarang harus bawa travel bag yang lebarnya hampir 1 meter. Weleh! ini mah bukan mau renang, malah lebih mirip seperti mudik atau pinkik keluarga saja, apa aja dibawa, kalau perlu bawa tas dan koper sekalian deh biar semuanya muat dan tidak ada yang kelupaan lagi.

Travel-bag-ukuran-jumbo
Travel Bag Ukuran Jumbo

Pedes, pedes deh ini mata!Akhirnya saya paksakan untuk berenang tidak pakai kacamata. Rugi dong, sudah bayar tiket mahal tapi kok tidak renang? Betul gak?*Mata mulai panas dan merah setelah kelar 10 lap.

Slam, terus mana nih cara gampang mengajarkan Anak balita berenang?

Oke, supaya anak mau berenang dengan gembira, ibunya tidak cemberut dan bapaknya ikut senang, mungkin bisa dipakai cara sederhana yang terkesan biasa dan mainstream saya tadi. Berikan contoh yang baik dan benar, ciptakan mood yang ceria, alihkan perhatian jika diperlukan dan jangan terlalu dipaksakan. Dan yang paling penting ketika berenang bersama keluarga adalah, bawa travel bag yang besar supaya tidak kelupaan perlengkapan renang seperti saya. Kalau sampai ada yang kelupaan, akibatnya bakal seperti ini nih! *celekin mata yang merah*

You Might Also Like

2 komentar

  1. Azfar juga begitu dulu, tiap minggu diajak berenang biar kebiasa. Sekarang udah nggak gelendotan lagi :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah iya kudu diajak sering serin ke kolam biar terbiasa yak.
      lha ini mandi air biasa aja wis gandulan

      Delete

Followers

Find us on Facebook

Loenpia.net

ID Corners

Statistik

Blog