5 Alasan Berenang di Kolam Renang Tirto Argo Siwarak Ungaran

Thursday, April 21, 2016



"Saking rajin renang di Siwarak, saya sampai hafal muka-muka penghuni kolamnya". Olahraga basah-basahan, memakai celana ketat dan kacamata kedap udara di air ini sepertinya sudah menjadi agenda rutin saya tiap akhir pekan. Salah satu kolam yang bagus di Ungaran menurut saya adalah di Kolam Renang Tirto Argo, namun orang kebanyakan lebih mengenalnya dengan nama kolam renang "Siwarak". Semakin rutin renang di sini, lama-lama jadi hafal muka dan beberapa kebiasaan penghuninya. Misalnya;

-Mas Pras minggu kemarin kok gak berenang? lagi sibuk nguras kolam ikan kah?
-Sekarang itu jadwalnya Bu Endah mengajar para manula mengambang di kolam 2.5meter
-Nah dia lagi dia lagi, dalam hitungan detik, prosotannya bakal geger deh, berisik seperti rintihan godzilla terbakar ekornya
-Sepertinya bakal ada yang kena semprit satpam kolam nih! (lirik pria memakai baju katun masuk kolam)


Oh, iya. Ini bukan posting berbayar, murni review karena sering renang di sini. Berikut 5 alasan mengapa saya lebih suka berenang di Tirto Argo Siwarak.

1. Airnya bersih, mengalir dan minim kaporit
Menurut saya, air kolamnya termasuk yang paling bersih dan rendah kaporit daripada kolam di tengah kota semarang. Sumber airnya berasal dari mata air gunung ungaran. Yang patut digaris bawahi adalah "airnya mengalir". Jadi, keberishan lebih terjaga. Soal kaporit, saya belum pernah melakukan penelitian di lab. Mungkin saja ada kaporitnya, namun kadarnya sedikit, coba saja baui airnya. Mata pun tidak terlalu perih atau merah karena iritasi kaporit.


2. Lokasinya mudah dijangkau
Kolam yang diresmikan 8 Agustus 1968 ini berlokasi di Jalan Nyatyono, Desa Siwarak, Ungaran. Kalau kamu dari Pasar Gonoharjo Ungaran sekitar 2 kilometer atau 23 kilometer dari pusat kota Semarang. Siwarak termasuk kolam renang favorit di semarang, selain karena suasananya sejuk, adem, lokasinya relatif dekat dengan pusat kota. Berikut Denahnya



3. Tiket masuk murah
Tiketnya cukup murah dibandingan dengan kolam renang yang ada di Semarang. Pada hari biasa tiket masuk sebesar Rp 10.000,- per orang. Sedangkan di tanggal merah dan hari libur nasional naik menjadi Rp15.000/orang. Untuk biaya parkir motor Rp2.000,-, mobil Rp.3.000,-. Bila ingin barangnya lebih aman, ada loker penitipan dengan biaya Rp2.000. Sewa ban juga ada, biayanya Rp3.000 per jam.

4. Kolamnya luas
Kolam yang aktif digunakan ada dua kolam. Yang pertama adalah kolam yang diperuntukan bagi anak anak sedalam 20 centimeter dengan sebuah ember guyur besar berwarna biru, 2 buah pistol air dan perosotan yang lebar khusus anak kecil. Kolam yang ke dua, terbagi atas 3 zona kedalaman, mulai dari 1 meter, 1,5 meter dan yang paling dalam 2.5 meter dengan panjang lintasan 30 meter.

Landscape Kolam Renang Tirto Argo Siwarak

5. Fasilitas banyak
-Kolam yang luas dengan 4 tingkatan kedalaman, 20cm, 1 meter, 1.5meter dan 2.5 meter.
-Water slide atau yang lebih saya kenal dengan "prosotan" ada 4 tempat. Mulai dari yang lebar dan pendek untuk anak-anak. Kemudian yang paling besar berada di tengah kolam dengan ketinggian sekitar 10 meter.
-Resto, bila kamu lapar bisa langsung ke resto yang berada di dekat pintu masuk. Cukup luas bila ingin mengajak rombongan sekolah atau keluarga makan bersama. Namun sepertinya hanya buka di hari minggu/libur.
-Tempat mandi dan bilas di luar ada. bila ingin lebih terutup ada kamar mandi dalam, ruang ganti pakaian/bilas, toilet juga ada banyak. Saya lebih suka yang di samping mushola.
-Kursi dan meja untuk bersantai berderet di sekeliling kolam. Bentuknya pun unik, berupa payung yang menyerupai jamur.
-Arena bermain untuk anak seperti ayunan, jungkat jungkit, perosotan begitu nyaman dibawah teduhnya pepohonan yang rindang.
-Satwa seperti monyet, lutung dan burung pun bisa dijumpai dekat pintu masuk (lihat di video)

Kolam Ikan Siwarak

Kapan waktu yang tepat untuk berenang?
Nah bagi yang ingin berenang dengan air yang paling bersih adalah hari kamis atau jumat pagi sekitar jam 6 pagi, karena kolam dikuras pada hari selasa dan rabu. 

Kapan waktu Paling ramai?
Waktu paling ramai tentunya ketika hari libur. Kolam juga ramai ketika ada anak-anak sekolah yang kursus/berlatih renang, biasanya  kamis sore dan sabtu sore. Kolam 2.5meter bisa penuh sampai bisa tabrak tabrakan kalau ada yang mereka.

NB: Himbauan buat para pengunjung supaya sama sama enak dan nyaman ketika berenang di Kolam Renang Tiro Argo Siwarak. Berenanglah sesuai jalurnya karena sudah ada track yang lurus dari timur ke barat. Jangan seenaknya berlalu lalang menabrak/memotong jalur. Kalau kena tabrak gimana?. Sekian dari saya, kalau ada yang minta ditemani atau dilatih renang bisa kontak saya lho...*tapi khusus cewek. bhihihi...

You Might Also Like

2 komentar

  1. haha bener banget waktu liburan mau renang aja bisa tabrak2an sama yang lain saking ramenya kolam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Renang pas subuh pasti masih sepi jo...
      Kalau weekend ya kudu pilih jam.. Pagi pagi banget biasanya

      Delete

Followers

Find us on Facebook

Loenpia.net

ID Corners

Statistik

Blog