7 Permainan di Pasar Malam yang Mulai Punah

Sunday, August 30, 2015

permainan-pasar-malam-bianglala

"syemmm... mlengse!!!"
Sekalipun punya skil pemain basket yang biasa three point atau jump shoot, belum tentu bisa menang ketika main lempar bola bahagia ini lho. Ini adalah salah satu  permainan yang biasa ditemui di pasar malam. Aturannya cuma satu, rubuhkan tumpukan piramid kaleng dengan cara dilempar dengan bola tenis. "ah... gampang" Sempat terlalu pede ketika melempar sak kemenge. Ternyata lemparan luput semua, nyerempet kaleng pun tidak. Hmmm... bikin geregetan.

"mbak bolanya lagi!" saya menukar uang 2000 dengan 3 bola kepada wanita penjaga permainan yang kancing bajunya terbuka dua. "Harjiman, gagal lagi!!!" sepertinya fokus saya terdistraksi dengan kancing. Eh, bukan kancing.  Sepertinya permainan ini tidak cocok untuk pemain basket, tetapi lebih cocok untuk pemain baseball dan tukang tawuran. Walaupun sudah membidik target dan melempar bola sekuat tenaga, tetap saja masih ada kaleng yang tersisa. Siapa yang tidak tergoda untuk main? sekali lempar rubuh bisa dapat 1.5 liter botol soda kola kola, dua kali lempar dapat 1 liter botol soda semprit. Lumayan bukan? dengan modal 2000 bisa dapat hadiah 8 kali lipatnya.

Baca Artikel ini juga : Pasar Malam, Hiburan keliling rakyat

Pasar malam ini seperti sirkus saja, seperti yang pernah saya tulis. Kini keberadaannya semakin terpinggirkan. Walaupun di kota besar semakin jarang, di desa desa malah kebalikannya.Walaupun jumlahnya makin berkurang, namun tetap saja ramai. Menurut saya, keramaian pengunjungnya melebihi Jateng Fair yang ada di PRPP Semarang. Mungkin karena tidak ditarik tiket masuk, parkir cuma 2000 rupiah dan tiket permainannya lebih murah. mungkin lho...

Oh iya, saya kan lagi membahas 7 macam permainan yang ada di pasar malam ya?  berikut permainan yang saya temui di pasar malam Karanggede, Kab. Boyolali. yuk lanjut.

permainan-pasar-malam-lempar-kaleng
Lempar kalengnya, awas jangan salah target

1. Lempar Kaleng susun ( Lempar bola bahagia)
Permainannya seperti yang saya ceritakan di atas. Aturannya cuma satu, yaitu jatuhkan semua kaleng dengan maksimal 3 kali lemparan bola tenis. Awas! jangan sampai terdistraksi. Bagi kamu yang suka lempar lempar di baseball atau tukang tawuran bisa menjajal ilmu kanuragannya di permainan ini.

permainan-pasar-malam-botol
Moment ketika 1 detik sebelum botol jatuh. Permainan pasar Malam, Membangunkan botol.
2. Mancing Botol (mendirikan botol)
Aturan permainan ini cuma satu, berdirikan botol memakai alat pancing dengan ujung sebuah gelang kecil seukuran diameter leher botol. Tantangan dari permainan ini adalah permukaan tempat botol berbentuk miring dan pancingan yang mental mentul.

permainan-pasar-malam-mancing-botol
Mancing botol, 2 orang di atas mencoba dua kali. dan semuanya gagal


3. Mancing Botol ( Masukkan Gelangnya di leher botol)
Alat yang digunakan dalam permainan ini sama seperti mancing botol sebelumnya, bedanya kita harus memasukan gelang kecil ke leher botol tanpa menjatuhkan korek api yang dipasang di atas tutup botol. kelihatannya sih gampang kalau bandarnya memberikan contoh cara memancing. Tapi tetap saja banyak pemain yang mencoba dan gagal. Gagal maning! gagal maning son!

permainan-pasar-malam-lempar-gelang
Lempar Gelang Rotan ke Segitiga

4. Lempar Gelang Rotan
Dengan uang 2000, saya diberikan 6 gelang rotan dengan diameter sekitar 20 centimeter. Aturan permainan ini cukup masukan gelang kedalam papan berbentuk segitiga yang sudah diberi nomor hadiah. Makin jauh targentnya, nilai hadiahnya semakin mahal. Istri saya bilang "yah, nomor 6! lumayan tuh dapet minyak goreng 1/2 kilo". Saya memanfaatkan kaki dan menjulurkan tangan panjang saya untuk semakin dekat dengan target. hanya berjarak 1 meter. Namun tetap saja, skill pemain basket sepertinya tidak cocok untuk main (alibi).

permainan-pasar-malam-lempar-gelang-rokok
Lempar Gelang ke Kotak


5. Lempar gelang di Rokok
Permainan ini menggunakan gelang rotan yang sama seperti nomor 4, tapi target ini berbentuk kotak berupa bungkus rokok. Saya gak mau bahas rokok ah.

permainan-pasar-malam-tutup-lingkaran
Bandar mencontohkan cara main yang baik dan benar. ini butuh skil tingkat tinggi


6. Menutupi Lingkaran
Permainan ini agak bedak sendiri, hadianya saya kira paling mahal diatara kelima permainan lainnya. Hadiahnya sebuah handphone android merk samsul atau encrotss saya kurang begitu jelas. Aturan mainnya cukup tutupi penuh 1 gambar lingkaran besar dengan 3 lingkaran kecil. Saya pesimis dengan permainan ini, sepertinya ini hanyalah tipuan. Bhahaha...

7. Kluthuk
Kluthuk, ini adalah permainan yang sebelas dua belas dengan judi. Biasanya tempatnya berada paling pojok belakang dan tersembunyi. Karena kalau ketahuan polisi pasti sudah "digrebeg" nih (tanda kutip ya). Walaupun begitu, kluthuk ini menjadi permainan yang paling ramai dikerumuni pengunjung pasar malah lho. duh! sepertinya ada yang salah dengan.

Jadi, siapa yang pernah menang di 7 Permainan di Pasar Malam ini? atau pernah menang di permaian yang lain? Kalau ada, coba acungkan telunjuk tangan ke atas dan jangan lupa isi di kolom komentar ya.

Cek juga instagram saya di http://instagram.com/slamsr/

You Might Also Like

22 komentar

  1. Replies
    1. di tempatnya mas rifqy ada permainan apa di pasar malam sana?

      Delete
    2. Kalau di Malang, selang beberapa minggu sekali ada pasar malam. Paling sering ya bianglala, komidi putar, tukang jajanan, sepertinya tidak sebanyak di sini macam permainannya.

      Delete
    3. owh... yang saya maksud itu permainan/games. bukan wahana bermainnya

      Delete
  2. pasar malam jaman sekarang udah jarang yah...
    udah ganti sama yang namanya themepark
    jadi masih inget masa kecil..

    ReplyDelete
    Replies
    1. theme park?
      semacam taman atau gimana?
      kalau di pasar malam sekarang wahana wajib adalah rumah balon..

      Delete
  3. Dija sampe sekarang masih suka main di pasar malam
    paling suka naik odong odong
    hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. bhahaha... dija masih kecil ya sukanya odong odong
      tapi kalau ibunya? shoping shoping baju mungkin

      Delete
  4. Aku masih suka main kayak gini, tapi pasar malamnya yg udah ga tau ada dimana :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. kamu mainan apa lin?
      lempar bola tenis apa lempar gelang?
      jangan jangan mainan mancing ikan, bhahaha

      Delete
  5. Permainan ketangkasan yang mengasikkan tapi sayang sudah jarang yang mengadakan

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau di perkotaan mungkin sudah jarang mas, kebanyakan mainan wahana hiburannya.. seperti bianglala dan komedi putar itu sepetrtinya wajib ada.
      iya, kalau permainan ketangkasan dengan hadiah yang menggiurkan sudah lumayan tergusur

      Delete
  6. hihihi permainannya susah-susah kabeh yo....hanya untuk yang sakti....

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang masih level newbie juga boleh main kok mba, sekalian uji ketangkasan.
      adrenalin keluar, bisa seneng walaupun gak menang

      Delete
  7. kalo ikutan permainan saya tidak pernah menang kalah mulu #sebal :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahaha... saya juga belum pernah menang...
      kudu banyak latihan di rumah kalau mau menang

      Delete
  8. Di daerah saya bertugas di daerah sumatera utara sering diadakan pasar malam, permainan pencing botol yang sangat seru,gregetan dan ketagihan, tapi disini ke tujuh permainan tersebut masih ada dan lengkap :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah... masih lengkap ya?
      ada permainan lain gak selain yang 7 permainan yang di atas?

      Delete
  9. wah... ombak banyu juga udh punah gan.gk tau namanya klo distu apa tp di daerah gw namanya ombak banyu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau ombak banyu, di sini saya masukan dalam kategori wahana bermain. bukan permainan.
      kalau di semarang-boyolali, ombak banyu tidak pernah absen, selalu ada

      Delete
  10. Mas saya mau beli gelang pancingan botol,mas tau kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh... kalau yang material gituan saya tidak tahu.. mungkin di toko aksesoris

      Delete

Followers

Statistik

Blog