PETHASAN - Pelahitan Blog dan Kehumasan Undip

Monday, May 14, 2012


Awal Mei ini Loenpia diundang untuk memberi Pelatihan blog dan Kehumasan di Gedung D.111 Fakultas Perikanan. Peserta yang hadir adalah Departemen Humas BEM, Gamais dan Publica Health FMK UNDIP 2012. Fakultas perikanan tempatnya lumayan pojok, gedungnya bersebelahan dengan fakultas psikologi, mantan pacar saya dulu kuliah disitu, tuh kan malah keinget mantan.

Nah tukang loenpia mendapat tugas untuk memberikan pelatihan membuat blog, beberapa implementasinya di dunia Hubungan masyarakat, dan tentunya materi yang disampaikan berhubungan erat dengan pemanfaatan blog dalam dunia kehumasan.

2012/05/06, Hehehehe jujur saja materi yang kita bawakan mendadak byianget, dikarenakan koordinasi panitia UNDIP yang mepet, ditambah pemateri utama berhalangan hadir karena sakit. @Mbandah sebagai korlap (koordinator lapangan) dengan sigap dan kayanya rada panik mengumpulkan para lelaki siaga ini (puk puk mbandah). Saya, @jeepban, @_mizan, @bangjjo89, @wedhouz, @sanji0ne, dan seorang wanita hyperaktif nan modis berjudul @nagacentil menjadi pemateri tentang kehumasan.

Tibalah ke sesi pelatihan blog dari loenpia, diawali dengan video profil loenpia yang absurd, ditambah backsound yang gak nyambung mirip dengungan tawon dari mas @jeepban, malah membuat 70an lebih peserta semakin penasaran.

Permulaan yang sederhana tentang pengetahuan umum nge-blog disampaikan mas @jeepban dengan gaya khasnya, peserta dibikin terpingkal-pingkal oleh guyonannya, dan sempat juga suasana hening jangkrik menggema krikk krikk.

Saya membawakan Materi kedua tentang teknis pembuatan blog, sedikit materi tentang syarat-syarat utama untuk memulai membuat blog, dan apa yang dilakukan setelah punya blog. Sempat juga ngeblank dan bibir jadi berlipat-lipat salah ngomong. Tetapi disayangkan pelatihan step by step pembuatan blog terpaksa dibatalkan karena kebetulan hari itu koneksi sedang tidak bagus.
Apa itu "HUMAS"? Humas adalah "HUBUNGAN MAS MAS"
Sebuah pertanyaan pembuka dari @nagacentil tentang Pemanfaatan blog dalam dunia kehumasan. Eno membawakan dengan sangat cair, ditambah slide presentasi yang menarik. Peserta yang mulanya ngantuk menjadi segar kembali melihat caranya membawakan materi. Mungkin juga pada melek karena sesi terakhir itu dibagikan minuman dan snack.


Blog ternyata sangat membatu dalam kehumasan dan saat ini menjadi pilihan yang cerdas. Bila dahulu humas secara konvensional dalam tugasnya memberikan pernyataan hanya satu arah, humas berbicara masyarakat mendengarkan saja. Nah dengan adanya blog, terjadi komunikasi dua arah, bolak balik, humas memberikan pernyataan dan penjelasan, halayak ramai pun bisa memberikan tanggapan, komentar, kritik dan saran.

Terlepas dari semua materi pelatihan blog, Tak disangka banyak juga peserta yang diam-diam sudah mempunyai blog, ada yang punya blog lebih dari satu dan bahkan domainnya pun berbayar. Diantara mereka ada blogger ber-genre narsis, puitis, alayis, bahkan ada yang demois, memperkenalan blognya dengan penuh semangat berapi-api seperti mau demo di blog ini rizqulloh


Keep On Blogging
Photo by @_mizan dan @hyudee

You Might Also Like

9 komentar

  1. oalahh.. ada livelink..
    calon nebeng traffic tuh mister rizqulloh.. hahah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hallo om tetangga, gapapa om, sapa tau trafficya jodoh

      Delete
  2. rasanya tuh kepengen bisa sering2 ngomong di depan umum gtu...klo aku palingan bru sekedar dimintain tolong bkinin blog hahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku malah sering ngomong didepan WC UMUM sambil gedor gedor pintu hehehe..

      Delete
  3. ckakakaka, hubungan mas mas.
    wawww, lamaaaa ngga berkunjung, bang Slam ini ya, uda jadi blogger keren, keep sharing bos!

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah iya, lama gak kedengeran kabarnya juga
      tau tau sekarang sudah punya suwamik

      Delete
  4. wow...salud!..
    Bagi2 slide nya mas. Biar saya ikut tahu tentang kehumasan dan blog hehehe

    ReplyDelete
  5. bukan kayaknya lagi slam, tapi emang panik beneran! huahaha..thank you ya slamm

    ReplyDelete
  6. wikk nyatai bener tutornya..... kayaknya full time IM

    ReplyDelete

Followers

Find us on Facebook

Loenpia.net

ID Corners

Statistik

Blog