Mendadak jadi DIJE Radio

Thursday, August 18, 2011


Teman teman pada kaget ketika saya menulis status di facebook dan twitter seperti ini "DJ Slams Is In Da haussss till drop", mungkin pada berpikir slams sudah mulai gila karena skripsinya gak kelar-kelar ya!!. Wahahaha ya saya emang menjadi  gila, slams yang dulu terkesan kalem dan pendiam kini tiba-tiba jadi banyak omong, cerewet cuap-cuap ngomong sendiri di Radio dan membangunkan orang sahur.


Sabtu kemarin (23/8) ROLIN (Radio Komunitas Blogger Semarang) secara resmi mengudara di http://radio.loenpia.net/. Radio Online yang dibuat dengan menggunakan Icecast2 Server, Shoutcast DSP, Flash Player ini dirancang oleh @masyogie salah satu dari founder loenpia.net. Untuk membuat radio online pun mudah, semuanya sudah ada tutorialnya di blog  http://ple-q.com/.

ROLIN, radio komunitas yang memberikan informasi tentang semarangan ini dikelola oleh 5 DJ (salah satunya saya), dengan DJ @jeepban "Dije Buronan Mertua" sebagai punggawanya yang selalu siap sedia meramaikan suasana. berikut wajah-wajah laknat para Penyiarnya.
Yuk dengerin saya siaran disini http://radio.loenpia.net/
yang mau request dan kirim-kirim salam bisa follow dan mention Twitter
 @Ro_Lin dan @slamsr
Juga bisa dinikmati melalui WinAmp, VLC, iTunes, Blackberry, Android; di http://rolin.loenpia.net:8000/stream

Saya tidak pernah bermimpi jadi seorang penyiar radio, bakat cuap-cuap pun pas pasan karena agak pendiam, tapi pengen exist hehehe. Jadi penyiar radio itu gampang-gampang susah, semuanya mudah, susahnya cuma kalo gak ada stock lagu, koneksi internet gak stabil dan bikin skripsi doang (banting diktat).

Nah ini ada 8 TIPS jadi penyiar radio online yang keren menurut versi Slam :
  1. Suara, suara tidak perlu bagus, yang penting khas, kemedol atau istilah kerennya dolable , seperti suara saya yang pating pecototot mirip orang mabuk ini, bikin yang denger dan yang siaran ikutan mabuk. tapi diusahakan supaya terdengar jelas saat didengarkan. 
  2. Wawasan, gak perlu pinter-pinter amat yang penting selalu update berita yang lagi happening dijagat raya, caranya buka aja situs situs berita seperti detik, kompas dan searching di google biar gak kehabisan bahan cuap cuap. 
  3. Simple, kalo ngomong diradio tidak usah kebanyakan basa basi, yang penting das des tu de point aja, seperti muter satu lagu sekali ngomong "yak sebuah tembang galau dari Sheila on 7 berjudul Sephia buat yang masih berstatus jomblo, Supaya Baygonnya enak bisa pilih yang rasa jeruk ya!!".
  4. Senyum, saat siaran diusahakan selalu tersenyum biar suara dan intonasi yang dihasilkan lebih enak didengar, ceria dan antusias bikin pendengar hatinya tentram. Bisa diakali dengan senyum didepan cermin seperti yang dilakukan DJ Jeepban, dia senyum senyum sendiri menertawakan bentuk mukanya. (dibalang mic).
  5. Percaya diri, "its your show" siaran sepenuhnya milik "sang penyiar" walaupun sering dipisuhi, diributi sama pendengar yang request ini itu, diancem gak dikasi jatah malem minggu atau THR, pokoknya pede aja, tetap ingat point ke 4 "senyum", pendengar puas dije lemas, paling parah juga ketiduran ditengah siaran.
  6. MP3, siapkan senjata pamungkas kita, banyakin koleksi lagunya mulai dari yang jadul jaman penjajahan sampai lagu baru yang lagi nge-hits. biar gak kelabakan ketika ada yang request lagu yang aneh-aneh dan ternyata kita tidak punya koleksinya (bajakan tentunya).
  7. Twitkan, kita share dan kabarkan lewat twitter, facebook, semua jejaring sosial, atau bisa kirim sms kepada pendengar bahwa kita sedang siaran, biar yang dengerin tambah banyak, walaupun kadang yang dengerin hanya satu atau dua orang, tetap semangat siaran muter lagu dan cuap cuap, INGAT  "Siaran itu sebagian dari ibadah" by Dj Jeepban.
  8. Abaikan, Point yang ke delapan ini #abaikan saja, saya tulis supaya genap aja kok hehehe (dibalang ta'jil buat buka puasa).
ARE YOU READEEHHHH? Langsung saja tancapkan headset, colokin modem dan siap mengudara.


Salam Dije Galau,
siaran jam 21:00-24:00 dan setelah sahur.
@slamsr

You Might Also Like

15 komentar

  1. pak tepatul, neh ada bandar MP3 neh pakkk...qkkkqk

    kapan kapan take over radio n3 tuh slams, fasilitas muantep, RJ nya sudah kalah ama BOT radio... (Botnya terima request, find lagu, download lagu.. /hiks).

    ReplyDelete
  2. weweh, slams udah berubah nih ya. tapi bagus2 aja selagi itu kegiatan yang positif ^^

    ReplyDelete
  3. @didut : wah ane gagal pertamax gan
    @dawa : hehehe ampunn dijeee, wahaha botnya emang keren tuh n3, gak pernah offline juga... nanti minta ilmu penyiarannya ya om
    @rakun : mencoba hal baru itu hukumnya wajib
    @jeepban ; ayoo jib, kamu posting... tp jangan copas lagi hehe

    ReplyDelete
  4. salm, saya udah coba dengerin radionya, tapi kurang jelas.. :(
    anyway, tips nya mantep nih. saya jadi pengen coba juga ah :D

    ReplyDelete
  5. @rakun : kurang jelas atau kerang keras? itu awalnya emang disetting volume cuma 15% , bisa digedein suaranya. kalo soal kualitas suara hmm iya semakin gede bitratenya makin bagus suaranya, tapi juga makan bandwith lebih gede juga

    ReplyDelete
  6. Huaaaa.. mantap, mantap!!

    Ikutan siaran hahahaha *saya pemalu :D plaks

    Boleh sekalian promosi buku donk? hehehe
    Kita bikin acara yuk untuk buku Merapi? saya bulan 11 Insya Allah pulang. gabung aja sekalian, Jogja, Solo, Semarang. Piye?

    Tolong diskus dengan teman2 blogger di sana yah.
    Insya Allah Malaysia juga akan ada acara.

    ReplyDelete
  7. waduh syg sx,,kompi dsini ndak ado suaranyo hohohohohoho.....

    poto'a itu lhoooo.....galau abis hahaha

    ReplyDelete
  8. @anazkia : wah siap mba, ubek ubek kalender dulu ya. nanti konsepnya bisa dishare dulu
    @ca ya : wahaa fotonya keyen keyen ya *dilempar mic*
    @daeng gasing : wahaha daeng ipul ini salah satu fans saya ternyata hehee
    @yup betul, sesuatu yg unik

    ReplyDelete
  9. tak lempar mic bneran neh wahahahhah =))

    ReplyDelete
  10. Paling sip no 6, (bajakan tentunya)...
    Jangan Galau plz... :D

    ReplyDelete

Followers

Statistik

Blog