Liburan Naik Kereta Jayabaya Ke Malang

Thursday, September 26, 2019


“Tahun baru nanti ada acara apa, kemana?” Kecepetan gak sih nanya seperti itu di bulan September? Kayaknya baru kemarin kita ngerayain tahun baru lho, eh kok sudah mau tahun baru lagi. Namun, tidak ada salahnya merencanakan liburan akhir tahun lebih awal daripada berakhir membatu di sofa memandangi drama korea di layar 31 inch, ngabisin tisu, ngabisin cemilan, terus nangis pas liat angka di timbangan.

“Yah, aku mau naik kereta Yah” Entah kenapa tadi pagi Fatih minta naik kereta, apa dari youtube? atau karena kebanyakan nonton Thomas & Friends. Anak ini lagi super duper keponya, dan banyak pengennya juga. Lihat bus di jalan pengen naik bus, lihat slender/jogjig ngaspal jalan pengen nyupirin, lihat kuda di TV ngajak ke alun-alun nunggang kuda, lihat helicopter di youtube mendadak minta naik pula. Yaelah ni bocah ada-ada saja pengenannya, paling parah pas lihat tower pemancar dan sutet, eh minta dibeliin “yah aku mau beli tower”. Nah rencananya akhir tahun ini kepengen ngajak Fatih jalan-jalan naik kereta api ke Malang. Diibaratkan “sekali dayung, 2 pulau terlampaui” Sudah bisa liburan, ngobatin rasa ingin tahunya yang besar, kemudian cita-citanya pengen naik kereta api dan bermacam kendaraan bakalan bisa tercapai. Di Malang juga banyak tempat wisata menarik buat anak-anak.

Setelah cari info sana-sini, cari yang cocok dan ekonomis ya naik Kereta Jayabaya. Kenapa Jayabaya? Ya supaya perjalanan cepat dan nyaman dengan Kereta Jayabaya. Saya menyebutnya nyaman karena selain tiketnya murah juga tempat duduknya 2-2, jarak antar kursi satu dengan lain juga lumayan lebar, jadi bisa lebih santai dan Fatih bisa tidur nyaman.



Ini baru rencana sih, karena perjalanan ke Malang menempuh waktu yang cukup lama, sebaiknya saya memilih kereta api yang jadwalnya malam hari. Sebisa mungkin saya memilih jadwal kereta di jam istirahatnya Fatih, jadi saya juga bisa beristirahat cukup sebelum sampai tujuan. Karena jadwal keberangkatan Kereta Jayabaya dari Stasiun Poncol Semarang pukul 19:42 wib dan tiba di Stasiun Malang Kotabaru pukul 02:42 wib. Cocoklah dengan rencana saya.

Setelah urusan perkeretaapian selesai, giliran cari hotel yang dekat lokasi. Males aja kalau dapat hotel yang jaraknya cukup jauh dengan lokasi yang akan dituju nanti. Belum lagi transportasi menuju lokasi. Ada banyak pilihan hotel nih di Batu, tinggal pilih yang sesuai dengan keluarga dan nyaman buat beristirahat.


Tujuan Wisata di Malang

Tujuan utamanya tentu lihat mobil-mobil antik di Museum Angkut Malang, biar Fatih bisa puas-puasin naik mobil apapun tanpa harus beli, mau naik helikopter juga bisa. Tempat lainnya yaitu ke Batu Secret Zoo lihat satwa & Museum Satwa nunjukin fosil Dinosaurus. Saya rasa liburan ke Malang bakal cocok bagi Fatih yang lagi hobi kepo, tanya macem-macem dan seneng menjelajah banyak tempat.


Hal lain yang perlu disiapkan adalah kami, orangtuanya. Perlu menyiapkan kesabaran ekstra untuk menanggapi bermacam pertanyaan dari si bocah, memberikan penjelasan atas pertanyaan “apa” dan “kenapa, kenapa, kenapa?” yang akan terus dicecar hingga dia puas.

Setelah perencanaan matang, persiapan berikutnya adalah menjaga badan supaya tetap sehat dengan berolahraga ringan dan menguatkan tubuh. Meskipun masih lumayan jauh, tapi menjaga badan tetap wajib harus dilakukan. Jangan sampai nanti sudah dekat tanggal keberangkatan malah batal gara gara sakit.

Jadi, liburan tahun baru ini mau diisi dengan apa, kemana, naik helikopter?

You Might Also Like

6 komentar

  1. Aku mau ke Malang lagii, sama kyk Fatih. Hihihi mau ngulang apa yg dulu Kian pernah lihat waktu masih piyik

    ReplyDelete
  2. ndak kecepetan, soalnya ini udah mau 3 Bulan, pas untuk pesan tiket kereta.

    ahaa itu bukan Malang itu kota Batu

    ReplyDelete
  3. Kemurahen kalau cuma helikopter aja mah... gak lepel wkwkwkwkkw... Mending duduk membatu aja disofa haaahaaaa

    ReplyDelete

Followers

MEMBER OF

Loenpia.net

Statistik

Blog