Harga GPS Mobil dan 3 fitur yang perlu diperhatikan

Wednesday, March 08, 2017

GPS MOBIL.jpg

Tersesat di manapun itu memang enggak enak banget, di jalan raya, jalan kampung, gang tikus, apalagi tersesat di Gunung yang kadang hanya ada jalan setapak yang tertutup rumput. Nah, supaya tidak tersesat, ada baiknya pakai GPS (Global Positioning System).

Nah, GPS sendiri ada 2 jenis, yaitu GPS navigasi dan GPS Tracker. Saya sering pakai GPS navigation ketika mencari jalur baru di gunung dan lari-lari blusukan hutan, tapi kali ini saya ingin membahas mengenai GPS Navigasi yang digunakan untuk membantu pengemudi menemukan lokasi suatu tempat. Kebetulan liburan Lebaran besok, bakal ada agenda piknik bareng keluarga.

Harga GPS mobil memang bervariasi sesuai dengan fitur yang ditawarkan. Ada GPS yang fiturnya Cuma menampilkan peta menujuk jalan tanpa suara, ada yang dengan suara, bahkan ada GPS yang dilengkapi hiburan, seperti game, MP4, kamera, juga TV analog. Harga GPS mobil berkisar antara Rp. 850.000,00 – Rp. 24.000.000,00. Saat ini harga GPS ini sangat bersaing. Dengan harga Rp. 999.000,00 saja kamu bisa beli GPS yang sudah dilengkapi fitur hiburannya, meskipun fitur lainnya tidak selengkap yang harganya lebih mahal.

Nah, Ada 3 tips yang ingin saya beberkan sebagai pertimbagnan ketika ingin membeli GPS:

1. Sistem Navigasi
GPS seharusnya mampu mengukur jarak tempuh dan mengunci lokasi yang akan kamu tuju. Navigasi suara akan sangat membantu sekali ketika pandangan kalian harus selalu ke depan. Suara navigator (biasanya suara mbak-mbak) itu akan membantu kita harus ke arah mana trus belok kemana, jadi kita kayak dituntun jalan sama si mbak itu.

Sistem navigasi ini sangat membantu jika data yang digunakan akurat. Untuk itu sistem navigasinya harus selalu update. Pilih GPS yang gampang untuk mengapdate datanya, karena akan jadi percuma kalau peta GPS tidak pernah terupdate. Update data ini membutuhkan memori besar, pilih GPS yang bisa ditambahkan memori eksternal. Pastikan juga peta di GPS, bisa menunjukkan situasi jalan, misalnya jalanan macet, padat, atau lancar.

2. Bentuk GPS
Males banget ya kalau mau lihat peta tapi ukuran layarnya kecil, tapi gak gede-gede juga sih, nanti malah menutupi pandangan pas mengemudi. Pilih bentuk dan layar yang sekiranya nyaman untuk dilihat dan tempatkan di dashboard mobil. Kebanyakan GPS menggunakan layar sentuh. Pilih juga layar yang sensitif untuk disentuh, bisa cilaka kalau layarnya seret ketika disentuh. Apalagi sampai gak mau disentuh karena bukan mukhrim, ealah...

3. Kekuatan Baterai
Nah ini juga penting. Biasanya GPS akan bertahan sekitar 2-4 jam saja, tapi ada juga yang Cuma seperempat jam. Untuk baterai ini ada juga GPS yang bisa dihubungkan dengan ciggarette lighter, jadi selagi dipakai bisa sambil isi baterai. Baterai yang tahan lama bisa jadi diperlukan seandainya sewaktu-waktu kita membutuhkan GPS ini untuk berjalan dan jauh dari colokan.

Nah itu tadi 3 fitur yang penting menurut saya, ketika menjadi pertimbangan untuk membeli GPS. Sesuaikan saja dengan kebutuhan. Walaupun smartphone rata-rata kini sudah dilengkapi GPS, aplikasi navigasi, alangkah baiknya memang terpisah dari hiburan karena bikin boros baterai dan mengganggu fungsi utamanya sebagai penunjuk jalan. Kalau kamu cari GPS, harga GPS mobil bisa cek di mataharimall. Ada berbagai macam GPS berdasar kebutuhan dan dengan harga yang bervariasi. Kalau pakai GPS kan jadi enggak nyasar lagi, ya kan...

You Might Also Like

6 komentar

  1. waah...sekarang GPS sudah jadi kebutuhan dalam perjalanan yaa mas.
    dari dulu aku juga udah pake GPS mas... Gunakan Penduduk Sekitar :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebelum punya GPS iya, pake Gunakan penduduk sekitar.
      sekarang kalau pakai aplikasi GPS dan peta, lebih banyak cari cari dulu, karena keseringan beratanya, nanti malu maluin

      Delete
  2. Sudah enak ya jaman sekarang, gk perlu bawa kertas guede (PETA) buat nyari jalan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau masa pendidikan dasar dan gemblengan di SMA atau pecinta alam, masih pakai peta dan koodrinat pake peta, mas. nek petanya sampe basah dan rusak dapat hukuman

      Delete
  3. GPS ke hatinya sudah ada belum ya, Slams? :))

    ReplyDelete

Followers

Statistik

Blog