Ads Top

BERHENTI! DILARANG BERLARI LAGI


Kamu, Iya Kamu! Berhenti! jangan lari lari terus dipikiran aku #eaaaa

kamu pernah dengar ada larangan untuk berlari?
Ada lho. di Negara Burundi di Benua Afrika, Ada larangan berlari sejak maret lalu. Mereka melarang warganya untuk berolahraga jogging bersama-sama di ibukota Bujumbura karena dapat digunakan sebagai alasan untuk memberontak terhadap pemerintah. Tapi kalau lari sendirian masih diperbolehkan.

Nah, kapan kamu tidak boleh berlari? dan kapan sebaiknya berhenti berlari?
1. Saat Lari tanpa tujuan
Tujuanmu apa? ngejar aku? gak usah, berhenti saja, aku sudah ada yang punya.
Gak ada tujuan? Apalagi tanpa tujuan yang jelas? lebih baik berhenti, nanti capek sendiri! nanti malah dikira orang gila lari mondar mandir gak jelas.

2. Cara lari yang salah
lari ditempat, boleh saja sih, tapi apa kamu gak bosan? capek? lari ditempat itu itu saja? lari itu maju kedepan, bukan di tempat apalagi malah mundur kebelakang dengan sebelah kaki saja.emang main sudamanda?

3. Saat lari dengan rekan
larilah bersama rekan yang mampu mengimbangi larimu, bila kamu sudah mencoba melambatkan dan menyamakan langkah namun dia tetap tertiggal, berhentilah berlari. mau berlari sambil menggendong rekanmu tadi? bisa saja sih, tapi kamu bakal lelah sendiri, yang kamu gendong juga bakal sakit oleh hentakanmu.

4. memakai sepatu yang salah
Pakailah sepatu yang nyaman dan membuat jari jari kaki aman. Walaupun kamu sangat suka, warnanya bagus dan nampak matching dengan celana, tetapi malah membuat kakimu luka, maka lepaskanlah. copot. buang jauh jauh yang sudah melukai kakimu. ganti dengan sepatu yang lebih baik atau kamu bisa lari telanjang kaki dengan langkah yang lebih hati hati.

5. Lari di tempat yang salah
aku pernah lari di Jalan TOL, iya itu salah. karena pikirku jalannya aman juga lebar. namun aku disemprit oleh penjaga tol bersepatu boot dan kacamata hitam, dihadang dan dipaksa balik arah dengan bonus gertakan. TOL bukan untuk pelari, hanya untuk kendaraan bermotor dengan 4 roda berkecepatan tinggi yang mampu mencelakaimu. larilah pada jalurnya, jagan asal semaunya, tidak semua tempat bisa dipakai untuk berlari. sudah ada jatah dan aturannya masing masing. apalagi sampai menginjak injak ladang orang. menendang dagangan orang, apalagi berlari sampai menginjak kepala orang karena. ingat! itu bukan tempatnya.

larilah, berlarilah bila kamu rasa itu membuatmu lebih baik, merasa lebih sehat, aman untuk kamu dan orang disekitarmu. tentunya dengan cara dan aturan yang benar.

3 comments:

Powered by Blogger.