Rotifresh - Traveling Is Easy

Wednesday, January 04, 2012

Rotifresh - Traveling is Easy mamen!! Pokoknya setelah khatam baca review ini, anda bakal keracunan pengen jalan-jalan, efek sampingnya bisa kegatelan sampe ngesot pengen jeng-jeng seketika. Seperti yang saya alami pada liburan akhir tahun, langsung copot celana (ganti celana maksudnya), nenteng backpack dan mancal gas motor pergi traveling.

(19:30 22/12/2011) di Warung Wedangan, "Traveling is easy" tema bulan desember ini berhasil menginspirasi saya supaya tidak takut untuk bepergian, traveling tidak melulu menghamburkan banyak biaya, gampang, seru dan mengasyikkan kalau kita tau tips dan triknya dari 2 narasumber yang kocak dan cantik berikut.

Kalau mendengar kata Traveling, otak kiri seperti mendapat wahyu dari atas "CLINGG", kemudian mulut latah memunculkan kata wisata, jalan-jalan, dan backpacker di hasil pencarian teratas. Arti Traveling sendiri adalah melakukan perjalanan, berpindah tempat, namun dalam bahasan ini adalah perjalanan dalam tujuan wisata.


Sharing diawali oleh @dhika_aji, gadis belia, imut, ceria dan narsisnya gak ketulungan ini sangat energic berbagi pengalaman travelingnya bersama komunitas ala @PaperBackerID yang baru dibentuk sekitar 2 bulan lamanya. Dibawakan dengan santai dan kadang bikin perut melilit nahan ketawa, hampir saja jahe hangat melompat indah keluar mulut saya.

Ditemani rekannya bernama Muna, duet maut ini mulai memperkenalkan apa sih itu @PaperBackerID, Mereka adalah orang-orang yang hobi traveling dan sangat bersemangat menjelajahi Indonesia. Ada pula sebutan "Buddy" untuk anggotanya yang berarti "teman" (kok jadi keinget sama film Air Bud ya?!) #abaikan. @PaperBackerID ini terbuka untuk siapa saja yang butuh teman traveling, berbagi informasi tempat menarik untuk dikunjungi, Pokoknya siapa saja yang mempunyai hobi traveling bisa menghubungi twitternya @PaperBackerID.

Sharing kedua dilanjut oleh mbak @elvibandanaku, wanita nan tangguh, penuh semangat rajin mengayuh sepeda ketempat kerja ini mulai berbagi pengalaman, tips dan trik Traveling seru ala Couchsurfing. ALAMAKKK!! saking banyak materi travelingnya, mungkin kalau ditulis bisa jadi makalah traveling, terus dikumpulin ke dosen, dapet nilai A nih (anak kuliahann banget).

Oke, saya ngaku kalo gak nyimak sepenuhnya (efek lapar) perhatian saya terbagi dengan paha ayam goreng kremes khas Warung wedangan, sibuk sendiri makan dengan lahapnya didepan, tapi saya ingat beberapa poin kok. Ngomonging macamnya Traveling, ada yang namanya Travel agent traveler, flashpacker, backpacker dan bikepacker. Nah yang terakhir itu GUE BANGET, traveling pake motor seperti yang dilakukan mas Farid Gaban dengan Ekspedisi Katulistiwa nya (elus-elus pantat kenalpot 3 hari 2 malam dari ngebul jogja).

Untuk Sharing selanjutnya tentang tetek bengek yang perlu dipersiapkan saat Traveling sebenarnya sudah pernah posting di blognya mba Elvi, tetapi ada hal yang menurut saya menarik untuk dikaji ulang yaitu Tujuan. Tujuan disini bukanlah tempat yang akan kita tuju, tetapi Goal yang ingin kita dapat dalam perjalanan, misalkan saya niat traveling ke dieng (primer), siapa tau dapat pacar baru atau gebetan baru (nah ini tujuan sekunder) kira-kira begitu, nanti akan saya bahas lagi dipostingan berikutnya edisi galau bwahaha.

Sambung lagi pada materi mba Elvi, Nah yang jadi kendala utama biasanya masalah budget. Kalau uangnya bisa ngeprint sendiri mah kemana saja Oke, kapan saja ayukk, berapa saja mulus cuy, tetapi bagi seorang Karyawan merangkap mahasiswa dengan budget terbatas ini haruslah cari akal supaya bisa keluar dana seminim mungkin, berikut tipsnya :
  1. Travelmate, Cari pertner perjalanan yang sehati, bisa berbagi, untung-untung ada yang bisa bayarin
  2. Rajin hunting maskapai murah, cari info harga transportasi entah itu pesawat, kereta api, kapal atau bus bus, yang penting murah, cepat dan aman.
  3. Bikepacker, sekali lagi GUE BANGET , simple, anti mabuk, tetapi harus waspada panas dan hujan!!
  4. Gunakan kendaraan ekonomi, say no untuk TAXI, kelas bisnis dan eksekutif. 
  5. Hitchhiking alias modal Jempol, yaitu nebeng kendaraan yang lewat, pokoknya buang urat malu anda, kalau bisa pasang wajah paling melas, Insyaalah bakal banyak yang rela ngasi tumpangan.
  6. Perbanyaklah kenalan ditiap kota, bahkan ditiap negara dalam hal ini adalah Couchsurfing situs untuk para traveler internasional, bisa jadi kita mendapat banyak kemudahan dan bantuan saat traveling, TRUS ME IT WORKS!!
Hampir semua tips dan trik dari Mba elvi ini pernah saya lakukan dan memang sangat membantu untuk meminimalkan pengeluaran, dan tips ini sukses saya praktekan (lagi) bersama travelmate waktu libur tahun kemarin #eaaa.

Setelah sesi tanya jawab seputar traveling, muncullah mbak @MagdaOvi dari tengah kerumunan sharing tentang power of WOM "Word Of Mouth", dimana dewasa ini social media sangat berpengaruh dalam menyatukan para traveler, hobi dan berbagai kepentingan, tak ketinggalan juga pengaruhnya dalam hal Marketing seperti yang diutarakan mbak ovi dari Telkomsel (sponsor nda).

Sesi pengumuman pemenang  #kuisRF merupakan moment paling ditunggu-tunggu (termasuk saya walaupun gak ikutan kuis apapun), entah ketinggalan membludaknya update timeline @rotifresh atau emang lagi apes sampe gak tau ada #kuisRF *banting hape, pungut lagi*. @airyz berhasil mendapatkan hadiah dari @TselJatengDIY, dan kali ini @_mizan yang memenangkan lomba tweet kreatif. Twitnya bisa dicek dengan hastag #RFSMG atau #easytravel.

Foto Keroyokan by @sofyanr
"Traveling is Easy" ditutup dengan Sesi Foto berjamaah, inilah ritual yang tidak terpisahkan ditiap penghujung acara. @rotifresh Akhir tahun 2011 kali ini memberikan banyak inspirasi, pandangan baru, tips yang berharga dan ide-ide liar untuk traveling mulai berkecamuk diubun-ubun.

Rotifresh sudah menjadi pioneer sharing komunitas dan event reguler disemarang yang ditunggu-tunggu banyak orang, kini semakin ramai dan banyak saja yang datang berpartisipasi. Namun tidak ada hal yang benar-benar sempurna, ada saja kekurangan yang harus diperbaiki. Misalnya saja saya suka konsep dan suasana Warung wedangan, tetapi bisakah warung wedangan dibedol pindah ke tempat yang lebih mudah dijangkau? karena beberapa teman saya mengaku kesasar dan sulit menemukan tempatnya, ada juga teman saya yang tidak punya kendaraan, batal datang karena tidak ada angkot yang sampai ke TKP. Oiya pemateri lokal semarang yang berkualitas masih banyak juga kok.

Semoga Rotifresh diusianya yang sudah menginjak 2 tahun jalan ini menjadi lebih baik dalam segi pelaksanaan, format acara dan pematerinya. Tahun 2012 adalah tantangan untuk memperbaiki kekurangan dan menjadi lebih kreatif dalam Return of Tuker Ilmu, Freedom Of Sharing seperti tagline rotifreh karena "Berbagi Tak Pernah Rugi".

You Might Also Like

8 komentar

  1. Berbagi memang tak pernah rugi masbro, sayang kemaren nggak bisa dateng... :D

    ReplyDelete
  2. @suke : Berbagi memang tak pernah rugi masbro, sayang kemaren nggak bisa dateng... :D

    padahal banyak yang baru dan bening2 lho mas

    ReplyDelete
  3. AHA!!! bikepacker!!! pengen bgt tuh tapiiiiiiii......bike'a ga ada hahhahhah :))

    betewe,,,blog yg inih terlihat "cool" :D :D

    ReplyDelete
  4. @caya : AHA!!! bikepacker!!! pengen bgt tuh tapiiiiiiii......bike'a ga ada hahhahhah :))
    betewe,,,blog yg inih terlihat "cool" :D :D


    hmmm saatnya cari supir

    ReplyDelete
  5. Wow mantap ... ingin segera merasakan jadi seorang backpacker nih :)

    ReplyDelete
  6. wihhh seru juga kayaknya ya broww... jadi pengen *kedipmatamalu

    ReplyDelete
  7. @coffeedarat
    Wow mantap ... ingin segera merasakan jadi seorang backpacker nih :)

    eh ada fahrur... cepatan backpackeran, keburu backpackeran dilaran lhoo

    ReplyDelete
  8. @Kang Vagabond
    wihhh seru juga kayaknya ya broww... jadi pengen *kedipmatamalu

    yg penting ada pengen #eh niatnya dulu mas bro

    ReplyDelete

Followers

Find us on Facebook

Loenpia.net

ID Corners

Statistik

Blog