Tips Melacak Kehilangan Handphone

Tuesday, July 17, 2012

Melacak Handphone Hilang
Apa yang akan kamu lakukan? kalau terbagun tengah malam dan tersadar, pintu kamar terbuka lebar, handphone beserta carger hilang dari colokannya? tapi motor dan laptop masih ditempat?.

Hal yang pertama saya lakukan adalah ucek-ucek mata, grepe-grepe handphone, nutup pintu lalu tidur lagi, dengan harapan esok pagi hape bakal balik lagi.

Kalau ternyata takdir menyatakan Handphone hilang, akan timbul satu pertanyaan susulan "Siapa yang mengambil?". JENG JENGGG!! Misalkan kita tinggal di kost atau rumah susun, dimana orang gampang keluar masuk kamar, Naluri dari otak reptil kita akan menuntun untuk mencurigai orang sekitar, terutama orang yang sering keluar masuk. betul gak?

Oke, takdir menyatakan handphone hilang dan sudah ada beberapa orang yang dicurigai, tapi bagaimana cara kita untuk mengetahui, melacak dan memastikan siapa penguntilnya?

Numpang curhat ya!
Jadi seminggu yang lalu handphone raib digondol maling, itupun juga karena keteledoran saya yang tidak menutup pintu. Alhamdulilah hape SEG502 yang tertukar yang hilang sudah balik dalam keadaan parah (sebelum ilang sudah parah sih), tapi gak separah ini. Memory diformat, semua data hilang, untung akun yang belum dilog out gak disalah gunakan.

Berikut trik yang saya lakukan untuk melacak dan menangkap malingnya. Tetapi tips ini berlaku jika hilangnya dirumah atau di kost, tersangkanya orang dekat, dengan kondisi hape aktif.

Pertama
Telfon si pencuri, dengan maksud bakal terjadi negosiasi, dan sipencuri insyaf kemudian mengembalikan handphone

Kedua
bila cara pertama gagal, Isi pulsa nomor handphone yang hilang tadi, isi pulsa 10ribu atau 20ribu dengan harapan pencuri tetap mengaktifkan nomor dan memakainya untuk telfon dan sms, dari sana kita bisa melacak catatan panggilan dan sms.

Ketiga
Setelah jangka waktu 12 jam atau dirasa nomor anda sudah dipakai sms dan telfon, Aktifkan nomor anda lagi di gerai sesuai operator masing-masing. Jangan lupa tanyakan catatan panggilan selama hape hilang (mungkin diperlukan laporan kehilangan dari polisi). Kemarin setelah nomor aktif, ternyata benar! nomor dipakai telfon dan sms, dari sana saya runut dan interogasi siapa pelakunya. Rayuan maut dan Ilmu gombal saya dipertaruhkan disini.

Keempat
Dari catatan panggilan, sms dan bukti dari orang yang diinterogasi tadi, dan sudah yakin siapa pencurinya, segera grebeg saja, nanti keburu dijual tu hape, jangan lupa bawa saksi.

Saya menangkap basah malingnya!
Kemarin saya hanya mengajak tetangga sebelah yang kebetulan teman akrab si pencuri sebagai saksi. Berhubung pelakunya masih ABG, masih tetanggan satu kampung, dan menimbang kondisi keluarganya, akhirnya saya selesaikan dengan cara kekeluargaan dan damai. Semoga pelakunya kapok dan insyaf, walaupun saya tidak yakin tersangka bisa insyaf.

Oke rasanya cukup untuk Tips melacak Handphone Hilang dan sedikit curcol dari saya. Semoga bermanfaat. Ingat kata bang napi "Kejahatan terjadi bukan karena hanya ada niat, tapi juga ada kesempatan, WASPADA... WASPADA!"


Salam
Bang @Slamsr

You Might Also Like

38 komentar

  1. Sayangnya biasanya pencuri hape langsung membuang kartu SIM di dalamnya dan ganti hape baru.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, ganti sim baru maksudnya.
      biasanya sih gitu kalau malingnya sudah expert dan memang niat maling.

      tapi kalau misalnya nomor masih ada pulsanya, biasanya dipakai dulu

      Delete
  2. wah kenapa gak digebuk..?

    saya paling siap kalo ada undangan buat gebuk.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kasian, gak tega, padahal pengen ngantemi
      malah panjang masalahnya

      Delete
    2. gw sebenernya berminat juga ...tapi gw lebih suka sama undangan makan makan..dibanding undangan gebuk menggebuk..bikin cape tangan masbro...#langsung setrum aja lah...#hehehe

      Delete
  3. Wihhh, hebat bangetttt....keren. Jadi inget HP yag digondol maling, bertahun-tahun yang lalu..
    Yah sudahlah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga jadi berkah yang maling ya gek, wah baru nyadar gek udah balik ke dunia

      Delete
  4. Untung masih milik ya boow
    Tapi mungkin karena ABG makanya nomor hapenya maish dipake :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin juga karena ada pulsanya sekian triliun, kalo gak ada pulsanya pasti udah di buang tuh nomor

      Delete
  5. katanya klo pengin hape yang lebih bagus harus diikhlasin slam klo dicuri orang...
    #syaratdanketentuanberlaku
    (tapi ikhlas saat barang kesayangan dicuri itu hal yang sangat sulit, lebih sulit dari SNMPTN... )

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, kemarin aku sempet pengen ganti hape android, dan ndilalah hapenya dimaling

      terus dulu lagi aku mau ganti helm, eh ilang juga di warung ratna berkah pas dirumahe mas didut..

      dan satu lagi, saya gak rela hape ilang, banyak kenanganya mas, termasuk juga kehilangann pacar #sikap

      Delete
  6. biasanya mah maling langsung buang kartu SIMnya, dan sulit dilacak deh jadinya -,-
    btw, waktu liat screenshot gambar ilustrasinya, kirain bakal dikasih tips melacak hp ilang dengan teknologi android atau sejenisnya, rupanya tipsnya begini, wakakakakak

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo hapenya android bisa dicoba aplikasi ini Phone locater Android
      baru baca reviewnya sih tapi, semoga bisa

      Delete
  7. kirain dilacak pakai apa.
    dulu aku pernah merasa hp-ku diambil orang, karena tidak berhasil menemukannya setelah mengaduk aduk tas.

    dengan bantuan seorang teman di provider yang nomornya kugunakan, bisa dilacak posisi handphonenya, yang ternyata masih berada di sekitar tempat aku berada saat itu. tapi gimana cara tahu pastinya di mana?

    aku tumpahkan tasku: dan dia masih berada di dalam sana, berdering bergetar merana; handphoneku.

    malu bo''''

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah temen providenya mba latre keren kiyee...
      kemarin aku tanya yg di indo*sat aja cuma bisa tahu di point akhir aktif, di BTS mana

      Delete
  8. oh dan jangan lupa kunjungo photoblogku juga ya

    http://stupidshots.blogspot.com/

    :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. tadi udah mampir.... udah follow juga
      liat ada ijo ijonya

      Delete
  9. hpku brisi phonebook org2 terdekat ilang karna jatuh di jalanan yg berkilo2meter jauhnya..*mulai lebay*
    tp, krn hrgnya 'cuma' 120rb, ikhlasnya lebih gampang..:D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo hapeku ini aku bener2 gak ikhlas mba...
      cuma data dan contact udah di backup sih
      tapi tetep gak ikhlas

      Delete
  10. iya ya kalau kejadiannya seperti itu ...
    jangan sampe kehilangan ... :(

    ReplyDelete
  11. trims infonya ya, tapi sy berharap hp jangan hilang

    ReplyDelete
    Replies
    1. waspada om, jangan beri kesempatan maling beraksi

      Delete
  12. berhubung hp udah balik, dijaga baik2, jgn sampe diambil org lagi, kal ilang kan susah nyari gantinya #pesan

    ReplyDelete
  13. untuk yg pake android bisa install AndroidLost, ketika hape hilang, kita bisa melacak lewat androidlost.com untuk meremote hp, mengaktifkan GPS di hp, menemukan titik koordinat, mengirim sms, memotret dg kamera hp yang hilang secara diam2, dan fitur2 lainnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya androidlost, bayarnya $5 ya sid?
      kemarin sih baru baca review phone locater android

      Delete
  14. wah iya gan, gimana tipsnya klo simcardnya udah dibuang dulu ama malingnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo simcardnya hilang, nah itu...
      bisa dicoba tips dari koment diatas, dari mursid88

      Delete
  15. laaah kalau hape dijambret orang, pasti lain cerita melacaknya yaahhh.... kayak hapeku kapan hari dijambret orang, isinya penting bangt yaitu hutang-hutang pulsa. wkakakakakakak......

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah makelar pulsa nih... pesen pulsa sms 25 ribu yak

      Delete
  16. iphone aku juga ilang nechhh ada solusi ???

    ReplyDelete
  17. Di charge dulu sebelum ilang mba..

    ReplyDelete
  18. kemaren jumat hpku ilang tak chas abis jumatan tak tinggal tidur 1-1.30jam'an ehk ilang aku otak atik kampung ndak ketemu sampek aku bawak samurai aku suruh ngaku ndak ada akhirnya aku suruh mbahh ama keluargaku di ngawi suruh nerawang ato bisa nyantet sekarang tinggal nunggu waktunya dia buat kapok soalnya aku udah tau ciri2nya cewek,radak gemuk,rambutnya panjang tinggal di belakang..

    ReplyDelete

Followers

Find us on Facebook

Loenpia.net

ID Corners

Statistik

Blog