5 Tips Mengatasi Embun/Fog Waterproof Xiaomi Yi

Monday, May 02, 2016


"Baru dicelup sebentar... eh... sudah diangkat lagi" Nyelup apa coba? 

Jadi begini, akhirnya saya punya mainan baru. "Action Camera Xiaomi Yi" jeng...jeng... saya langsung kalap, borong aksesoris aneka macam seperti Waterproof case, tisu kering, baterai cadangan, portable charger, tripod, mount adapter, pisang rebus dan jagung godog. Semua tetek bengek tadi saya beli supaya kamera tidak tenggelam dan sehat wal afiat ketika diajak nyemplung di air.

Satu masalah teratasi, namun muncul masalah lainnya yaitu  fog/embun di Waterproofnya (selanjutnya saya sebut WP). FYI saya pakai WP KingMa harga 84ribu di Jak*not. Baru dicelup 5 menit, eh... sudah ngembun aja, lensa buram, gambar tidak jelas, dan mulai gelisah seandainya WP bocor, kemudian tetangga telat datang bulan. #apasih?

Menurut ilmu fisika yang dulu saya gemari namun benci sama gurunya. Embun muncul karena perbedaan suhu di luar WP yang lebih dingin dengan kondisi dalam WP yang memanas efek pemanasan global kamera. Ternyata embun makin membabi buta, tidak hanya di dalam air, namun terjadi juga ketika saya bawa lari-lari. WP tetap saja berembun. apakah ini kutukan? sepertinya tidak.

Lalu gimana cara mengatasi embun di Waterproof? berikut tips dari saya:

1. Silica gel/tisue kering
Apakah efektif? iya, harganya juga murah tidak sampe 7 ribu sudah dapat 16 lembar. Namun kadang susah untuk mencari celah yang cukup untuk disumpel tisue. Biasanya saya menyelipkan 3-4 lembar dibelakang baterai, 1 lembar sebelah tombol shutter dan 1 lembar di bawah. Hati-hati jangan kebanyakan, WP bisa jadi rusak.

2. Hit Mat (obat nyamuk kering)
Efektif? lumayan sih, tapi kasihan nyamuknya. Nanti dia makan apa? Ukurannya yang tebal juga tidak muat di WP, bisa bisa malah pecah.


3. Shampo bayi
Ini dia cara terampuh, kebetulann saya juga memakai shampo bayi untuk kaca mata renang supaya tidak berembun dan tidak pedih di mata. Eiiittss... jangan asal oles! ada ritualnya! oleskan shampo sedikit saja di bagian dalam dan luar WP di bagian lensa (Ingat! bukan lensa kameranya). oleskan merata jangan sampe luber. lalu tunggu sampai kering (15 menit). Alhamdulilah saya ajak nyemplung 30 menit aman tanpa fog, Shampo bayi selain efektif di air ternyata well done juga di luar.

4. Matikan Lampu LED
Tips ini lumayan membantu supaya kamera tidak makin panas. Matikan saja LED power dan WiFinya. Toh signal wifi susah untuk nembus air. Efeknya kita jadi susah membedakan,  kamera sudah hidup atau mati? Sudah motret apa belum?  Tipsnya adalah gunakan pendengaran anda dengan suara beep.

Ada yang aneh dengan pengunci Waterproof saya, ya?
5.  Rendam WP di Air
Sesuaikan suhu atau saya menyebutnya Aklimatisasi #hayah.  Jangan asal main celap celup ke dalam dan ke luar air,  perbedaan suhu di dalam dan di luar air akan mempercepat munculnya embun.  Sesuaikan juga suhu WP sebelum dipakai. Rendam WP selama 10-15 menit di dalam air supaya suhunya menyesuaikan, kemudian dipakai.

Sebagai bonus, Berikut video hasil jeguran bersama Xiaomi Yi di kolam renang Siwarak


Sekian Tips dari saya,  semoga bisa membantu mengatasi masalah embun di Waterproof Xiaomi Yi Kamu.  Kalau masih ngembun, buka lalu banting saja WPnya! biar gaduh, lalu lari ke hutan.

You Might Also Like

6 komentar

  1. hebat hebat...hasilnya lumayan fotonya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. lah... itu yang aku post kan baru videonya, bukan fotonya..
      (tepok dahi)

      Delete
  2. bener ada yang aneh.
    diganti apa iku?

    #tiwastakguwak. #patah

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, pritil. keseron leh narik kunciane.
      terus dibor,dikasi kawatnya binder clip buat kuncian

      Delete
  3. Kalau kameranya dicelup ke air tanpa WP sepertinya tidak ada embun di kamera ya Mas? *kabuur

    ReplyDelete

Followers

Statistik

Blog