Setahun Berlari, Semarang Runners PicnicRun di Gunung Ungaran

Friday, October 10, 2014


Selamat ulang tahun Semarang Runners.
Dalam rangka #setahunplayon dan mungkin ingin lari di tempat yang seger seger, Semarang Runners mengadakan Picnic Run di Gunung ungaran hari minggu kemarin. belasan pecinta lari ikut playon di ketinggian 2051mdpl.


Pos Mawar menjadi meeting point dan pemanasan. pukul 06.00 pagi udara masih segar melegakan pernafasan, sinar ultraviolet dari matahari yang begitu hangat bekerja mengubah kolesterol menjadi vitamin D untuk tubuh kita yang pagi itu peregangan. sedangkan sebagian banyak saudara kita yang kedinginan di bawah tenda mengubah mie instan dibantu panas api kompor untuk menjadi energi dan kenyang sementara.

PicnicRun dipecah menjadi 2 kasta, yang pertama adalah "trailrun" bagi yang berkaki gatal berlari lari dari pos mawar sampai ke puncak. Yang kedua adalah "hiking ceria" jalan santai cekakak cekikik mesra menuju puncak keceriaan. Nah kebetulan saya yang menjadi captain, jadi tukang babat alas mengawal 1 pasang bule, 3 wanita dan 2 pria lucuk.


Minggu pagi itu cuaca cerah, udara begitu segar bercampur harum khas pohon dan dedaunan gunung cukup membantu untuk aklimatisasi. Burung elang pun menyambut dengan kepakan sayap terbang berkeliling diatas kepala menambah semangat rombongan yang sebagian baru pertama kali menapakkan kaki di gunung ungaran.

Bulan agustus. Musim kemarau. rerumputan kering. setetes air dari langit pun belum membasahi bumi ungaran selama hampir 1 bulan ini. Bisa dibayangkan bagaimana kondisi tanah bukan? berdebu!. sedikit hentakan dan sapuan kaki sudah mampu membuat debu menyumbul membuat gatal hidung. rumput rumput juga banyak yang menguning dan kering. namun hal itu sepertinya tidak mengendurkan semangat kawanan #hikingceria, senyum penasaran masih terlihat walau nampak nafas tersengal dan ada yg kelelahan memegang lutut.



Minggu itu banyak juga pendaki yang mencari sunrise, jalan turun menjadi ramai padat tidak bisa lari bebas di sepanjang jalan. hanya jalan santai dan berulang kali mengantri. saat sampai di pertigaan peromasan, perkiraan saya group trailrun sudah sarapan pagi., ngemil nasi kuning bertabur abon dan suiran telur dadar di puncak 2051mdpl dan menunggu group hikingceria "kok tidak sampai sampai". akhirnya saya tantang rombongan untuk sampai ke puncak. belum afdol kan kalau tidak tuntas?. akhirnya semua rombongan sampai di puncak dengan ceria dan bekal nasi kuning #eh.


Ada pengalaman unik,
ini pengalaman saya mengawal orang hiking, yang unika adalah mengawal bule. sepasang bule dari perancis yang selama perjalanan selalu bilang "this forest is very nice" dan saya hanya membalas "yes, nice". lucunya adalah ketika si bule istirahat dengan duduk dan menekuk kakinya, posisi hampir jongkok, saya kesusahan untuk mengingatkan "hii jeff, your wife's leg. don't like that. straight her leg". maksud saya simple "sikile bojomu ojo ditekuk jeff". bhahaha saya jadi keseringan garuk garuk kepala hari itu.

dan saya pun jadi pembohong hari itu,
"how far to the top captain? I'm tired" anya, istri jeff bertanya dengan kelelahan
"hmmm...maybe 15 minutes, behind that rock" nunjuk batu pertama
"oh... okay"
padahal masih ada 3 batu besar yang harus dilalui bhahaha... "I'm sorry"

kembaran saya

Ada kejutan, saya bertemu 1 diatara 7 kembaran saya yang ada di bumi. entah sudah berapa orang yang bilang kami mirip. Hampir semua anggota semarang runners bilang kami mirip. mirip gak?

berikut ada oleh oleh berupa video untuk Ulang Tahun Semarang Runners, lumayan sudah ada ratusan yang nonton, backsound juga enak didenger :




You Might Also Like

7 komentar

  1. wah tempatnya bagus tu gan, kalo boleh tau daerah mana nih lokasi nya?? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini di gunung ungaran mas. kab. semarang

      Delete
  2. saya ngebayanginnya aja udah lelah nih lari menanjak

    tapi yakin banget kalo udah sampe puncaknya mah cape nya bakal kebayar sama pemandangan yang indah banget tuh

    jadi ngiriii

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan cuma dibayangin mas
      tapi ikut aja... dan dirasakan
      pasti lebih syahdu

      Delete
  3. lari sambil bawa tas? gimana ceritanya tuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. tas hydropack mas, isine air 1 liter, biskut, hape sama dompet tok

      Delete
  4. Keren banget mas jepretan photonya, jadi pengen nyoba main kesana hhe...

    ReplyDelete

Followers

Find us on Facebook

Loenpia.net

ID Corners

Statistik

Blog