Ads Top

Wisata Gunung Telomoyo


Saya mau kasi info tentang wisata pegunungan nih,tapi bukan gunung kembar!, TELOMOYO... yaa.. sekali lagi TELOMOYO biar jalas!!.
Info dari wikipedia :
Gunung Telomoyo adalah sebuah gunung yang terletak di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Gunung ini memiliki ketinggian 1.894 m dpl. Di puncaknya dibangun menara-menara jaringan telekomunikasi. Gunung ini terlihat dari Salatiga, Ambarawa, dan Secang, Magelang. Orang-orang dapat naik hingga ke puncaknya dengan menggunakan kendaraan maupun jalan kaki.
Ada banyak rute untuk menempuh Telomoyo, tapi saya sarankan untuk melalui rute dari salatiga agar lebih aman, maksudnya supaya tidak kesasar. Medan yang ditempuh cukup menantang, Jalannya sudah diaspal, tapi harus tetap waspada karena beberapa point yang berkerikil dan rusak, jadi diingatkan sekali lagi untuk sobat semua supaya hati-hati, masih ada 99 cobaan dan 3 rintangan yang harus dilewati.

Saran buat kamu kalau ingin menikmati pemandangan yang eksotis dan indah, sebaiknya mendaki saat musim panas dan sebelum jam11an, karena selebihnya akan muncul kabut yang menutupi puncak.
Begini ceritanya:
Pada minggu pagi yang cerah ada 3 motor, 3 cewe dan 3 cowo berkelana ke kopeng berniat menjarah kebun stroberi. Pukul 06.00 waktu gunungpati setempat saya paksa motor 100cc tancap gas pol rem blong ngepot-ngepot dari Gunungpati – Ungaran – Karangjati – Bawen – Salatiga hanya dalam waktu kurang 60 menit *weidyan!!! Ngebut*, sampainya diruman menul (lusy) hidung meler.

Kami 6 gerombolan, Menul dengan suaminya mas Adi *prikitiuwwww mereka ini penganten baru, masih anget-angetnya!!*, satu lagi pasangan yang sangat serasi mbak boz (rizka) dan mas Gendon (Indro). *terus saya sama siapa?* Ohhh tenang coy, saya berboncengan dengan seorang gadis manis berjilbab dari Bandung bernama noli, tapi lebih akrab dipanggil Oi, "oi oi copet oi".

Mba Menul dan mba Boz adalah teman satu kantor, tapi sekarang sudah hengkang karena berkeluarga (ceritanya reuni). Mba Menul dari Lampung yang merantau ke Salatiga, menikah dengan Adi. Dia cantik, pekerja keras dan pandai ngibul, hobinya suka nonton film Korea Romantis, kalo nonton menghayati banget sampai nangis nangis gitu *lebay*, kalo lagi marah weeww AWAS!! ADA LUSI GALAK!!! GUK GUK!!
OKELAH KALO BEGITU, Kita mulai saja perjalannya dengan rute dari semarang, semarang - ungaran - bawen - salatiga - pasar sapi - kopeng - telomoyo perjalanan sekitar 2 jam.

Telomoyo terletak pada garis gunung berapi yaitu Merapi-Merbabu-Telomoyo-Ungaran. Belum pernah ada cerita Telomoyo meletus, so jangan khawatir akan meledak. Dari puncak gunung Telomoyo sangat indah subhanalloh Kita bisa memandang kota salatiga, rawa pening, Ambarawa, dan kota Magelang. Gunung  Merbabu, Merapi, Gunung Sumbing dan Gunung sumbing terlihat jelas sekali  disebelah barat puncak Telomoyo.

Di lereng gunung telomoyo juga terdapat sumber air panas yang terletak di Candi Umbul yang berada di ketinggian 600 mdpl di sisi sebelah barat gunung Telomoyo, Sumber air panas lainnya berada di sisi selatan Rawa Pening, 15 Km dari Candi Umbul ke arah utara dengan kehangatan airnya mencapai suhu 35oC.(pokoknya panas!!! kalo berendam seharian "telornya" bisa mateng).

Diperjalanan kita disuguhkan dengan hamparan perkebunan Strawbery yang rimbun, berpetak-petak sawah yang menghijau dan udara yang segar menambah selera makan *opo hubungane karo makan jal?!*.

Di pintu masuk kita akan dihadang, dimintai uang 2000 perak sebagai tiket masuk. Perjalanan kepuncak Telomoyo melingkar seperti ular yang melilit hingga ujung. Track cukup aman karena sudah diaspal, tapi disarankan pakai saja Gigi rendah, paling-paling cuma gigi satu dua satu dua karena tracknya menanjak.

Ditengah perjalanan slam berhenti dan melakukan ritual yang tidak boleh terlewatkan. Barang siapa punya penyakit naris bakalan semakin parah, Hal ini dikarenakan pemandangan hijau hutan cemara dan rumput-rumput yang bergoyang striptis ditiup angin, jalur kanan ada lokasi yang cocok untuk bernarsis ria, gundukan bebatuan besar yang dialiri air seperti air terjun dalam bentuk mini.

Dibawah air terjun mini

pada serasi ya?

Sesampainya dipuncak, kita akan menyaksikan keindahan yang tiada tara *lebay*. Puncak Merbabu tampak agung di sebelah kiri, sedangkan di bawah tampak Rawa Pening yang berkilauan seperti kaca raksasa, angin yang segar meniup rumput dan rambut.

Ada beberapa spot untuk melihat pemandangan. Di sisi Utara tower komunikasi terlihat eloknya Rawa Pening. Disisi timur terdapat tempat take off paralayang. Dari sini kita akan dapat menyaksikan sisi lain Telomoyo dengan sebuah jalur gunung yang menghubungkan 2 puncak berbeda ketinggian. Melalui jalur ini kita dapat menyaksikan para pendaki, pencari rumput yang tampak kecil di bawah, dan kadang ada pasangan sedang merumput dibalik semak-semak ada suara "kresek-keresek ah...uh..ahh..uhh" opo kuwi?

Untuk yang punya nyali ekstra, bisa langsung Terjun bebas kebawah, LHOH BUKAN-BUKAN!!, maksudnya bisa terjun dengan paralayang, menurut kabar blekok, paralayang di telomoyo adalah yang tertinggi di indonesia, mencapai ketinggian 1800 meter, baca di kompas. Tetapi sangat disayangkan landasan kurang memadai dan jalan yang lumayan rusak.

dipuncak pemancar radio, serasa diatas Terbang diatas awan

pemandangan mengagumkan dari puncak landasan paralayang, terlihat jelas rawa pening seperti kaca raksasa

ini gunung apa ya?

Jadi buat para sobat yang suka berpetulang seperti si Bolang (Bocah Ilang), jangan melewatkan untuk menaklukkan Gunung Telomoyo.

Catatan : ternyata motor supra fit 100cc lebih Perkasa dibanding Vixion milik kang Indro. so periksa kendaraan sebelum berangkat.

47 comments:

  1. dingin ya di puncak? sejuk sekali lihat gambarnya...masih banyak pohon...ada gemercik air...

    ReplyDelete
  2. wah, slam sama siapa tuh? cieee..ciee.....mesranya. hehehe

    ReplyDelete
  3. tak kiran poto pre-wedding...xixixixiixix :P

    ReplyDelete
  4. @narti : sebenarnya pemandanganhya lebih indah dibanding fotonya mba, itu fotonya abal abal
    suaranya, angin, hijau, pohonnya.... subhanallah
    @sang cerpenis : temen mba, temen dari bandung hehehehe

    ReplyDelete
  5. jauh Slam, kalo mau ke sana...huhuhuhu
    dari jkt ke semarang aja brp jem XD

    ReplyDelete
  6. mangtaph kere horeeeeee.....tunggu bulan november besok si genigunungpati akan beraksi kembali menjelajah hahahahaha

    ReplyDelete
  7. @clara : wah berjam jam dong
    @geni : woohh ceritanya pulang kampung ni kang? tak tunggu jajahanmu
    @buwel : ayo ikkut
    @a-chen : ehem ehem juga
    @anyin : slam mau kok jadi guedenya anyin

    ReplyDelete
  8. seru banget kliatannya... kapan2 kesana ahh!!! :D

    ReplyDelete
  9. Pemandangannya keyennnnnnn....
    Jadi pinin kecana dech... :D

    ReplyDelete
  10. Potonya buat aku cemburu
    aku gak terima
    aku gak terima
    kau menduakan cintaku slamsss
    hi..hi..hi

    ReplyDelete
  11. mantap bener...ke gunung telomoyo bersama pasangan....romantis abis coy...

    ReplyDelete
  12. selama ini cuma tau telomoyo ya di lagu keroncong telomoyo, ternyata sekarang gunungnya sudah ada tho? ( dari dulu emang udah ada ! hehehe )

    ReplyDelete
  13. @dhe : bole bole, berangkatnya pagi ya
    @secangkir teh : wahhh ada orang jogja juga ternyata
    @ieyas : sayangnya dulu gak pake kamera bagus, itu hasil jepretan menul dan gembul, aku mah masih pake hape si emen
    @itik : dah jangan nangis, km tetep dihatiku kok hehehe
    @Alrezamittariq : mereka yang sama pasangan,aku mah sama temen aja
    @abi sabila : yeeee dari dulu udah ada telomoyo bi

    ReplyDelete
  14. huah...suka juga jalan-jalan ke gunung. sejuk...dan menantang. duh, jadi mupeng :)

    ReplyDelete
  15. wah indah yah.....mau dung naik gunung..... ajak yah kapan-kapan

    ReplyDelete
  16. bisa dicoba , tapi bagus gak mas utk wisata keluarga?

    ReplyDelete
  17. Wah mantap mas...!! kalau dari Bandungan masih berapa jauh lagi mas...?

    ReplyDelete
  18. nice inpoooo!!

    ak suka backpacking soalnya,,
    btw deket situ ada penginapan ngga?

    ReplyDelete
  19. aku ini ya wong semarang mas.. tp baru tau ada gunung telomoyo, jiian ndeso tenan aku ya... hahahahha

    ReplyDelete
  20. Wah..jauh banget tempatnya dari Jayapura, hehehe...
    Tapi keren juga yah, jadi pengen kesana...

    ReplyDelete
  21. @sang cerpenis ; udah dbiling cuma temen kok
    @lina : hahaha mupeng dia
    @one 4 all : siap asal ada yang bayarin
    @mas doyok : untuk keluarga bagus juga, tapi tidak disarankan untuk balita.
    @noor : wahhh masi jauh mas, sekitar 30KM lebih
    @ocheholic : ahhh jangan salah, penginapan pasti ada, hotelpun berjajar dipinggir jalan
    @brencia : owhhh semarang juga ya? semaranganya mana nih?
    @zippy : waduh, jayapura pengen juga berkunjung kesana

    ReplyDelete
  22. berarti harus kesana langsung menikmati keindahan alamnya daripada cuma menikmati lewat photonya ya...
    kapan bisa kesana?

    ReplyDelete
  23. wao......cantiknya yang disampingmu! aku gak tertarik semuanya....hanya satu yang ada disampingmu.....spirit........kabuuuuuuuuuuuur!

    ReplyDelete
  24. met siang ajah Mas, Sukses selalu Ya...

    ReplyDelete
  25. wah backgroundnya bagus kang slam... kayanya dingin -dingin enak di situ ya?

    ReplyDelete
  26. weew.. tempatnya cakep banget yah.. ^^ jadi pengen maen ke sana.. :(

    ReplyDelete
  27. btw,ak bukan orang semarang.
    but i do love backpacking dan ngere2 di jalan,hahaha.
    pengen jalan2 kemanapun, selagi bisa.
    keren bgt infonya, smg bisa kesana,oneday ;)

    ReplyDelete
  28. wuiihh.. kereenn yaahh,, pengen banget bisa ke sana... btw,, si oi itu ehem..ehem.. yahhh slam?? wkwkwkwkwk... :p

    ReplyDelete
  29. aciknyeee.. bgs tuh poto yg rame.. ceweknya yg jomblo tolong promoin ke fb aku ya slam.. plizzz *benar2 memohon sangad*

    ReplyDelete
  30. pemandangan cimaik euy...
    bisa jadi refernsi nih klo mau naik gunung.

    ReplyDelete
  31. heemmm .... touring yg manstab kuwieee.... bisa di coba deh .., mampir ning blog'qu kang yen pas dolan ...hahahha

    ReplyDelete
  32. wah baru sempet bales nih
    @narti ; besok kalo kesemarang aku jadi guide deh
    @nuansa pena ; egak boleh!! *hadang pake bata*
    @buwel : sukses juga buat kita
    @asep : pas kan? dingin dingin gitu

    ReplyDelete
  33. @cerita inspirasi : iyaa.. dan sejuk pula (kalo pagi)
    @ocheholic : siap, backpacking itu paling suka
    @yoliz : iya, ehem ehem heheh *RHS*
    @ayas : wooooo NO NO NO ACHA ACHA
    @anggi : ini naik pake motor bisa
    @yessi : sudah mbak, heheheh update telat
    @elsa : wahaha ternayta itu bukan air terjun, tapi air mancurrr hehhe
    @kahutindo ; iya om, ini mampir
    @annaz ; sama sama mass

    ReplyDelete
  34. Kui karo sopo meneh slams? *ngakak*
    *nunjukpotodipalingatas*

    ReplyDelete
  35. @okky : sama Ihik ihik, gebetan jaman masih jadi artis. hehehehe

    ReplyDelete
  36. Wah kayaknya menarik nihh
    Makasih infonya gan
    Cemungudth ea

    ReplyDelete
  37. tanya mas bro .....dari kopeng beloknya di sebelah mana ya ?????

    ReplyDelete

Powered by Blogger.