Lensa Xiomi Yi lecet, Pilih diperbaiki atau diganti lensa?

Friday, December 08, 2017


"Bletak" Kamera Xiaomi Yi lepas dari genggaman, jatuh, dan berguling-guling di jalan cor. Cilaka dua belas! Hati ini rasanya mak prinding. Perih tapi tak berdarah.

Seperti kabar duka yang kepagian. Niat hati ingin lari-lari tipis di pagi hari sambil membawa kamera anak TK. Namun, sialnya pagi itu tidak membawa waterproof untuk melindungi kamera. Alasannya terlalu ribet kalau pakai waterproof segala, berat, ngganjel, hasil suaranya kurang jelas dan lensa jadi sedikit buram ketika memotret. Maka pagi itu saya hanya memakai silicon case untuk melindungi body. Tetapi, ada yang saya lupakan, yaitu penutup lensa. Alamaaak. cilaka yang ke sebelas!


Entah ada setan dari mana yang menyenggol hingga jatuh dari genggaman. Cepat-cepat saya pungut dan memerika kondisi kamera.  Set dah! mata langsung panas ketika melihat lensa baret dan rada bopeng di sekitar lensa. Langsung dibersihkan, dilap pakai kaos, dan ditest untuk motret. Hasilnya  cacat! Seperti ada bayang bayang tak jelas, noda, dan tidak sejernih seperti biasanya. Rasanya perih, tapi tak berdarah, Jenderal! Jadi ada alasan buat beli kamera baru nih.



Perhatikan di lingkaran orange. Hasil fotonya bikin hati perih. Jadi gak bisa fokus dan tajam. Mungkin alibi lecet karena jatuh belum cukup untuk beli baru, maka kemarin lupa menaruh xiaomi yi di dashboard motor dengan posisi lensa di bawah. Tergoncang dan tergesek-gesek lebih dari 8 kilometer perjalanan. Alhasil lensa pun makin parah lecetnya. Yassalaaam! kudu beli baru nih!

Cara Memperbaiki Lensa Xiaomi Yi yang Lecet  atau Baret

Do It Yoursef. Karena beli versi terbaru lumayan mahal, 2 jutaan, maka saya jadi punya ide memperbaiki sendiri. Setelah Googling tutorial untuk memperbaiki lensa yang lecet, dan cari videonya di youtube. Semua menyarankan untuk mengelap memakai pasta gigi dan ada yang menyarankan mengamplas pakai amplas paling halus.

Saya praktekan tips dari youtube tersebut. Sudah dilap pakai lap kacamata dan dioleskan pasta gigi selama 1 jam lamanya. Saking lamanya nggosok, ini kuku tangan jadi ikutan putih. Hasilnya lumayan mengurangi lecet, tetapi lensa yang awalnya tidak lecet pun ikut ikutan lecet halus.

Bagaimana, hasilnya? 
Saya angkat tangan, nyerah deh. Iya, lecet lensanya berkurang, tetapi lecet tetap ada dan tidak jernih. Tips dari youtube saya nyatakan gagal. Mungkin karena lecetnya sudah keterlaluan, atau gosoknya kurang lama? mungkin 3 jam? saya gak kuat kalau selama itu. Saya nyerah aja deh.


Akhirnya beli Replacement Lens Xaiomi Yi di Bukalapak, saya cari lapak yang banyak feedback positif, review barangnya bagus, respon seller bagus dan tentunya harganya paling enteng di dompet. Akhirnya cocok dengan barang di lapak ini. Responnya cepat, secepat mencet tombol shoter kamera.

Paket pun datang. Karena repot kalau harus buka sekrup untuk pasang dock lensa, saya copot saja docknya dan hanya mengganti dengan lensanya saja. Setelah dicermati, lensa dari dalam berwarna kemerahan, sedangkan lensa original warnanya bening. Tapi tak apalah.


Setelah beberapa penyesuaian dan mengatur fokus, akhirnya hasil foto kameranya bening lagi. Oh iya, artikel ini bukan sponsor post dari bukalapak atau yang punya lapaknya. Ini murni curhat saja. Semoga bermanfaat, jika ada yang mengalami kemalangan yang sama. Buat kamu yang lensanya baret dan tidak bisa tertolong, mending beli lens replacement aja. Berkut hasil foto setelah diganti dengan lens replacement xiaomi yi, tanda edit dan filter, hanya crop saja.






You Might Also Like

2 komentar

Followers

Find us on Facebook

Loenpia.net

ID Corners

Statistik

Blog