Muscle Up Pertama Saya, Cukup Latihan di Rumah

Tuesday, July 02, 2019


Gimana progres kalisteniknya? bahu, dada sudah mulai muncul garis belum? tambah kuat? perut sudah sixpack, kotak, jajaran ginjang, bentuk batako atau masih bunder ser? hehehe tetap semangat.

Postingan kali ini niatnya bukan mau ria, apalagi pamer. Tapi, sekadar sharing saja tentang Muscle-up. Semoga berfaedah.

Apa itu Muscle Up?
Muscle-up, dalam bahasa Jawa artinya gandulan ngangkat awak (asal). Muscle up adalah kombinasi antara pull up dilanjut dips. Jika mahir gerakan ini, selain kuat, otot terbentuk, bakal berguna banget ketika betulin genteng, naik plafon, atau betulin tandon air.

Dalam kalistenik, muscle-up merupakan gerakan yang menarik untuk dilihat dan dipelajari namun cukup susah, karena meskipun fasih angkat barbel 100kg, push-up ratusan kali, pull-up dan dips, kamu belum tentu berhasil melakukan gerakan ini dalam sekali coba, lho (curhat sedikit).


LATIHAN MUSCLE UP


Yes, akhirnya naik level, saya sekarang sudah bisa Muscle up, pulang dari kolam renang langsung pengen ntraktir nasi padang. Bisa intip video di atas.

"On progress..." Kata-kata yang terucap adalah janji, termasuk juga komentar yang ada di sosial media. Harus ditunaikan. Mulai hari itu saya tentukan goal, yaitu muscle up.

Cukup lama saya berlatih, hampir 2 bulan lamanya. Karena latihan di luar cukup menyita waktu, maka saya bikin sendiri  pull up bar di kusen pintu (semoga pintunya kuat digandulin daging dan tulang 68kg ini). Saya mulai latihan pull up, explosive pull up, dips, dilanjut latihan momentum sebelum ke menu utama.

Selain belajar langsung dari mentor berperut batako asal Salatiga, saya juga mencari referensi tutorial dari youtube. Yang mau belajar, bisa ikut cara paling mudah dan efektif dari THENX berikut ini https://www.youtube.com/watch?v=IGk_bRJB5Mg


Latihannya harus fokus dan serius?
Egak, seandainya latihannya lebih serius dan fokus, bisa jadi 1 bulan saja sudah bisa muscle up. Namun dengan beberapa catatan khsusus (sudah bisa pull up minim 10x)


MUSCE UP PERTAMA

Begini ceritanya:
Tidak ada yang aneh pagi itu di kolam renang Singampon Ungaran, kolam renang langgganan saya. Masih seperti hari biasanya, tukang parkirnya belum ganti masih item dan belum nambah tingginya, langit hanya sedikit abu-abu dan berawan, angin tetap berhembus semilir, gunung ungaran juga masih kokoh di belakang sana. Yang sedikit aneh hanya orang-orang di kolamnya, 70% nongkrong di pinggir kolam, berjemur, kakinya menghalangi yang sedang berenang. Sepertinya harus ditambahkan beberapa peraturan baru di kolam renang.

Oiya, di rumah tidak bisa praktek muscle up karena jika nekat dipaksakan, kepala bisa gegar otak menghantam kusen pintu dan tembok. Maka dari itu saya ke kolam renang Singampon, kebetulan ada ada Pull-up Barnya.

Lanjut... Entah ada tenaga dari mana, tiba tiba pengen praktek Full Muscle up. Sebagai awalan saya stretching seperti biasanya, kemudian pull up di tiang yang pendek sedada, "sat set set"  eh badan bisa naik ke bar dengan mulus sebanyak 5 repetisi. Merasa kuat, kemudian saya coba lagi di tiang paling tinggi , eh kok bisa langsung Muscle up 5 repetisi juga.




"YES YES!" dua tangan saya mengepal disusul senyum mengembang, senangnya minta ampun. Lalu buru-buru saya ambil kamera dan merekam muscle up untuk set ketiga seperti video di atas, namun cuma dapat 4, lemes ternyata!

Akhirnya janji dan goal berhasil dilunasi, level up. 

Lalu, apa lagi nama nama gerakan di calisthenics yang keren? front lever, human flag, hand stand? mari dicoba satu-satu.


You Might Also Like

2 komentar

  1. Kadang suka gak habis pikir, kenapa ya kebanyakan pria apalagi setelah menikah nggak mau memperindah tubuh mereka (perempuan juga gitu sih). Padahal bikin sixpack kan keren ya.

    Muscle up kelihatannya mudah namun bikin ngos2an juga, pernah nyoba soalnya. hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak mau menjudge, mungkin beda prioritas saja.
      Muscle up, belum bisa tembus 10 repetisi

      Delete

Followers

MEMBER OF

Loenpia.net

Statistik

Blog