Ngamen Di Kampus UNNES

Sunday, November 29, 2009



Kulirik gitar usangku terbengkalai berselimut penuh debu dipojok kamar (yaelah bahasamu slam..ck..ck!!). Mengenaskan sekali nasib gitar Yamaha-ku, sungguh malang sekali nasibmu cung(cungkring namanya). Tubuhmu Kusam berselimut debu, keenam dawaimu masih utuh berkarat diujung-ujungnya, lehermu keriput, cat menglupas dan bodymu sudah tidak se-sexy dahulu lagi. Bobrok sumpah parah banget, yang lebih parah lagi bauya pesing, tikus sialan gak tau sopa santun berkencing ria, Sungguh terlalu!!!.

KAMPRETTTT tuh Anaknya tetanga!! (wajah memera, kepala keluar asap) Sudah dipinjemi malah dirusakin, bukanya dirawat gitu kek... eehhhh malah dikembalikan dengan kondisi amburadul. Kalo dah dibeliin senar baru, eehhhh dipinjem lagi... trus dirusakin lagi, beuhhhh wes pinter ya ngakali wong tuwo ki!!!.

Sekarang terkaparlah si cungkring tak berdaya di pojok kamar, lem dan pakunya pada copot, papannya menganga terbuka lebar, tidurlah engkau dipojok kamar dengan tenang ya cung!!!. “hiks hiks..” (mewek).

Jadi keinget jaman dulu masih muda (yaelah... emang sekarang dah jadi kakek to slam?), dulu waktu masih kelas 2 SMA pernah Ngamen keliling Banyumanik dari pagi sampai matahari terbenam Cuma demi bola basket, den pernah juga bela-belain bolos sekolah Cuma untuk konser perdana acara Parade Band di UNNES (sumpah seumur-umur Cuma 1 kali itu doang gue bolos!!!). Nama bandnya”PIGFAT”, kok kayak nama hewan ternak ya? Be A Be I yang artinya “Babi Gendut”, si Deni tuh ngasi nama seenak udel bodongnya, untung belum terkenal, kalo dah terkenal kan malu-maluin si babi, namanya kita pake hehehehe. Kita empat sekawan Linggar megang Gitar melodi (gitaris handal nih), Awang mbetot-mbetot Senar Bas, dan Deny sebagai Drumer merangkap Backing vokal.

“lha kamu megang apa slam? Megangin setrum ya?!!! hahahaha”

ngenyek ki!! (meledek) Orang keren kaya gini dibilang megang setrum!!!, Vokalis merangkap Rythem tho ya!!!!” gak sombong nih hehehe walaupun suara pas-pasan, pas nada tinggi gak kuat pita suaranya kecepit, pitch kontrolnya amburadul, lha mau gimana lagi, dulu dapet jatah vokalis karena sudah mentok dan terpaksa gak ada tumbal yang lain lagi. Kalo mau jujur ya!!, Sebenarnya posisi asli slam adalah Striker (lhoh emange main bola bro?!!!)


Meskipun satu kampung, Background kita berbeda-beda, waktu itu masih SMA aku di SMA 12 Semarang, Awang di STM 7 Pembangunan, Linggar di SMA 6 Semarang, dan Deny sudah kuliah di UNNES jurusan Manajemen Akuntansi. Semuanya merelakan bolos sekolah Cuma gara-gara pengen numpang tenar ikutan parade band anak Kuliahan. Sambil berharap ada gadis kuliahan yang kecantol celananya, menyaksikan penampilan memalukan kita.

Yup akhirnya kita pun tampil, disiang bolong jam satuan yang lumayan menyengat, banyak juga penontonya, anak kuliahan dipinggiran panggung menunggu penampilan kita. Diruang tunggu jantungku berdegup keras sekali dag dig dug guk guk guk, demam panggung ni, grogi abis karena pengalaman pertama kalinya manggung didepan banyak orang. Waktu itu pede banget apa norak ya?, tampil di panggung kok Cuma pakai celana SMA Abu-abu, kaos Dagadu warna biru dan sendal jepit size 10 1/2 “weleh weleh, mau nyanyi apa mau buang hajat slam kok pake sendal jepit!!!!”, maklum seadanya karena bolos gak persiapan sebelumnya.

Megang microphone tanganku gemeter, sumpah grogi banget!! “ haaa haa lhoo... halo... haaa lhooo...”

Dari belakang si Linggar bisik-bisik “slam, langsung nyanyi aja”

“Yep...”

Tanpa basa-basi dan perkenalan sebelumnya kita langsung mebawakan lagu I Will Survive versi CAKE, waktu itu belum ada AFI, Indonesian Idol, The Master atau Kulinernya pak bondan, jadi gak tau gimana cara membawakan lagu dengan baik dan benar.
At first I was afraid I was petrified
I kept thinking I could never live without you By my side
But then I spent oh so many nights
Just thinking how you've done me wrong.... I will Survive..... I will Surviveee....yeah yeahhh


Setelah lagu pertama selesai Suasana hening, hanya MC-nya yang tepuk tangan, penonton pada mlongo dipinggir panggung “nyanyi apa Nyuci piring bro!!!” bukan pada kagum melihat penampilan kita, tapi pada bengong gak mudeng apa yang dinyanyikan, maklumlah dulu bahasa Linggis belum lancar (sekarang masih). Lagian lu si slam, sok-sokan nyanyi paka bahasa Inggris?!!!

Lagu yang kedua menyusul One Last Breath by Creed, dioper ke Ziper song dan disepak Californication dari RHCP GOOOOLLLL!! (gaya presenter bola).

Itulah pengalaman pertama kali manggung bareng temen-temen di UNNES, sampe merelakan bolos sekolah, akhir ceritapun kita dengan sukses membawakan lagu dan juga berhasil membuat para penonton melongo keheranan, “band opo to iki? Group kasidahan mungkin ya?!”. Yah begitulah penampilan kita, untuk penampilan perdana sudah terhitung bagus, sudah untung tidak dilempar botol atau popok basah!!

Pesan :

Say no To Bolos Sekolah ya!!! kalo gak jago ngibul, esok paginya slam dihukum karena ketahuan bolos, kalo gak ketahuan gak papa, hukumnya Sunnah.

Untuk para vokalis yang mempunyai suara pas-pasan, dan tampang yang ngepas!!! Disarankan supaya ikut les vokal atau les entertainer biar gak kejadian ditimpuk sendal atau telur busuk.

Konser Pake Sendal jepit itu tidak sopan, walaupun sandal jepit lagi ngetrend.

You Might Also Like

37 komentar

  1. ehehe..
    gapapa bolos, itung2 pengalaman manggung. ehehe

    ReplyDelete
  2. Wah..coba waktu itu saya nonton pasti saya paling semangat deh..semangat lemparin telur busuknya he..he, tapi salut...lut atas keberaniannya !

    ReplyDelete
  3. Yang jadi pertanyaan besar..
    itu lagunya yang dinyanyiin jadi berupa lagu opo puisi..
    gitarnya bunyinya jadi bunyi gitar apa bunyi senar genjrengan...

    ReplyDelete
  4. Dibayar pake Daun apa pake makanan slams? he..he piss!!

    ReplyDelete
  5. Ilustrasinya bagus, kaya Irwansyah main gitar..
    Itu Slams apa Irwansyah..he.he

    ReplyDelete
  6. masih SMA udah nyanyi di depan anak kul?
    wih, nyali banget euy.
    kalo ogut sih demam panggung, jadi mending jadi yang nyiptain lagu aja kali ya
    *not balok aja nyasar-nyasar nadanya*

    ReplyDelete
  7. @yasuyassyash : hehehe penglaman kalo diinget bikin ketawa sendiri
    @Noor's : wah ketegaan nih malah ikutan nimpuk
    @Itik Bali : langsung dengerin aja lagunya tik, annti aku kasih file mp3-nya
    @Learning On Perspective : hehehe waktu itu kita yang bayar pendaftaran ma dikasi 1 kardus snack plus sorakan pendukung kita "huuuuuuuu"
    @Pencil Colour : itu kan modelnya slam sendiri, waktu masi muda taun 2006an
    @Clara : hahaha kesasar, itu juga modal nekat hehehe

    ReplyDelete
  8. pengalaman yg seru. btw, tuh gambarnya kecakepan tuh. hehehe

    ReplyDelete
  9. haha..ngakak aku bacanya. itu beneran manggung pake sendal jepit? pede abis. mantap. hihihi...

    ReplyDelete
  10. @sang cerpenis : walah kecakepan ik, yg asli ada disini mba fotonya. aku edit dikit, dikit doang lho http://aaslamdunk.blogspot.com/2009/03/avenged-sevenfold.html
    @violet : iya hehe, lha buru2 je. sebenarnya sih pengen bikin trend sandal jepit hehehe

    ReplyDelete
  11. aku juga pernah ngamen.... di bis 45... ciputat - kota.... hehehehehe.... seruuuuuuu....... enak ya kalo bisa gambar.... kira-kira aku bisa di gambar kurusan dikit nggak ya pipinya.... hihihihihi

    ReplyDelete
  12. hmmm...gaya nyayi baru yaks? abiz nyanyi 1 bait cerita lagi trus nyanyi lagi...wah wah wah bisa masuk muri nih hehehehe...

    ReplyDelete
  13. @ninneta : bisa, bisa mau dibikin kaya julia peres juga bisa hehehe
    @suzhu : yaelah, kalo yang aslinya mah lengkap, berhubung nulisng inggris susah jadi aku ringkas aja ma judulnya hehehehe... mau denger slam nyanyi kah?

    ReplyDelete
  14. weee.... seorang musisi tho mas......asyik dunk..bisa tukeran lagu.....btw salam kenal ya.....

    ReplyDelete
  15. wee...bakatnya banyak ternyata...ayo diasah terus....biar jago semuanya ya....

    ReplyDelete
  16. gambar ma orangnya cakep mana ya???

    ReplyDelete
  17. sketsanya keren slam... siapa tuh yang bikin? kamu ya... hahahahhahaha .. kasihan banget tuh si cung... diperkosa kebebasannya :p

    ReplyDelete
  18. PIGFAT,.. nama bandnya lucu banget,... si Babi gemuk...

    Sketsa wajahnya keren, tapi saya yakin orangnya pasti lebih keren.

    ReplyDelete
  19. i wil survive keren bener lagunya heee, jadi inget saat diputusin heee

    ReplyDelete
  20. @fajar :salam kenal juga, heheh itu dulu sekarang dah tua jadi penikmat musik aja dah
    @sda : kalo diasah terus nanti abis dong mba hehehe
    @narti : waah gantengan yg aslinya dong gambar aslinya cek di http://aaslamdunk.blogspot.com/2009/03/avenged-sevenfold.html
    @anindyarahadi ; iya, iseng iseng bikin sketsa, mana penghapusnya pake hilang lagi
    @setiawan : wah tau aja abang satu ini hehehe, emang yang keren tuh yg bikin sketsanya!!!(pake helm)
    @ngobroll : lagu kebangsaanya kalo diputusin ya ini ni ai wil surpep

    ReplyDelete
  21. ya ampuunnn... Kak Slam gaya bgt seh manggung pake sendal jepit? ckckck...

    btw, pertama kali tmpil d sbuah prtunjukan n di liat ma org lain th emang bikin grogi,,,
    tpi kalo skrg mnggung gx grogi lg kn?

    ReplyDelete
  22. hahaha... kalo masalah ngamen mengamen saya sudah kenyang Mas, dari pagi sampai malem, saya dulu tukang ngamen di terminal Bungurasih Sby.

    Btw, salam kenal dari saya sang mantan copet.

    ReplyDelete
  23. @Rhien-chan : sekarang maseehhhh... hehehe gak groginya kalo mau kenalan ma cewe kampusnya hehehe
    @kang sugeng : waduh kalo terminal ke terminal saya belum mas, tapi kalo dari kampung ke kampung sudah pernah. hehehe mau nanya, premannya terminal bangurasih sby sapa ya?

    ReplyDelete
  24. sketsa fotonya keren loh ^_^

    ReplyDelete
  25. Slammmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmm....
    kenapa postingan ini tidak ada di dasbor blogku??
    Aku udah follow belum?
    (cek, scroll atas)

    ReplyDelete
  26. Huhuhuhu, udah ternyata!!!
    Aneh nih,, huks huks.
    Btw, mo nanya, posisimu itu apa sebenarnye?
    Basket ball player?
    Football player?
    Apa singer yang pake jepit??
    hehehe...

    Yuks, ngejreng gitar bareng!
    :)

    ReplyDelete
  27. ngamen yaahh?? aku mo jadi backing vocalnya aja deehh,, hahahaha... :D

    ReplyDelete
  28. bolos itu budaya lho sob
    hehehehe
    aku aja suka bolos and ngamen dah
    banyak duit pula
    asikkkkkkk
    hohohohoho
    nb: jangan ditiru yah

    ReplyDelete
  29. kang...yang petik gitanya.. aku yang jadi vokalinya dech... hehehhe
    salam persahabatan ya...

    ReplyDelete
  30. Tuh ngamen dari pagi hingga matahari terbenam kayak lagu burung hantu. kuk, kuk, kuk kuk..hehe.
    Jadi inget waktu sering ngeband juga.

    ReplyDelete
  31. berkunjuuuung.. he..he.. aku suka dengan ilustrasinya.. mantaap!!!

    ReplyDelete
  32. @irmasenja : makasi hehehe
    @mocca_chi : sama nekat jangan lupa
    @-Gek- : wah aku posisinya banyak, basket iya, renang iya, ngamen iya, gambar iya, utak utik komputer iya... wakeh ketoke, jadi MC juga boleh
    @Yoliz : wah kalo yol jadi backing vokal, aku malah kesaing sm km toya
    @yanuar catur rastafara : belum ditiru, tapi dah jadi trend setter hehehe
    @Rumah Ide dan Cerita : waahhh anak band juga ternyta
    @Ritma : siappppp gan, mau lagu apa nih?
    @Joddie : hehehe kang jodi dah kasih banyak Manthap nih hehehe thanx

    ReplyDelete
  33. iiih pinter gambar yah kamu. Mau dong aye digambarin hehehe.

    ReplyDelete
  34. baru sempet bales nih, kelupaann
    @freya : kirim aja fotonya nanti aku bikinin, sesempetnya ya
    @mocca chi : kemarin udah, sama temen2 di bus
    @cerpenis : martabak maniss kaya strobery
    @ayas : terrrrlllaaaluuu... yhuukk

    ReplyDelete

Followers