Tips Lancar Liburan Natal dan Tahun Baru 2018

Sunday, December 31, 2017


Kolaborasi antara liburan panjang, libur natal, libur sekolah dan libur tahun baru, pasti bikin jalur menuju tempat wisata ramai dan macet! tidak hanya di tempat wisata, di pusat kota pun pasti ramai, macet. Di rumah saja wis!

"Pasti macet! Mending di rumah" kata istri saya. Alhamdulilah, tanggal tua gini juga. Tapi liburan gini, mosok di rumah doang? okelah, besok kita liburan. Sekarang kita pikirkan gimana liburan lancar dan asyik ketika liburan panjang seperti ini.

Silaturahmi Menteri Perhubungan RI, di Lawang Sewu.

Sabtu malam kemarin (30/12), Saya datang ke Lawang Sewu mengikuti Dialog Merangkai Silaturahmi Bersama Menteri Perhubungan RI. Dalam acara tersebut, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memberikan apresiasi dan penghargaan kepada 55 pejuang transportasi yang telah berjasa memberikan layanan terbaik dalam angkutan Natal 2017 dan Tahun Baru 2018.

(dari kiri) Wakapolda Jateng Brigjen Indrajit, Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi, Direktur Jendral Perhubungan Darat Budi Setiyadi
Selain Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi, hadir juga Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Wakapolda Jateng Brigjen Indrajit dan Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi. Pak Ganjar turut senang atas pemberian penghargaan tersebut. Para pejuang transportasi mendapatkan hadiah istimewa di akhir tahun 2017 ini. Sayangnya beliau tidak bisa mengikuti acara sampai usai.

Menhub mengatakan peran transportasi sangat penting, khususnya dalam masa-masa liburan seperti Natal dan Tahun Baru. Pada saat itu transportasi harus berfungsi dan berjalan secara maksimal. Maka peran dari para pejuang transportasi seperti Polisi Lalu Lintas, petugas Dinas Perhubungan, petugas pelabuhan, penjaga pintu perlintasan kereta api, serta petugas kesehatan, tidak dapat dianggap enteng dan diremehkan. Karena salah satunya dari tangan merekalah kelancaran transportasi dapat terlaksana.

Benar juga ya. Merekalah yang tetap bekerja, tidak liburan di saat kita asyik liburan. Mereka tetap bertugas untuk memastikan keselamatan dan kelancaran arus lalu lintas.

Pak Budi menyampaikan 3 Program selama Natal dan Tahun Baru supaya lancar dalam perjalanan.  Semoga bisa memberikan kelancaran perjalanan selama mengisi waktu liburan bersama keluarga:
  1. Jalur alternatif darurat akan dibuka. Jalur alternatif ini dari kota Pekalongan, Batang, dan Semarang. Diharapkan dengan adanya jalur alternatif bisa membuat kelancaran jalan.
  2. Truk 3 sumbu dilarang masuk tol. Biasanya truk yang panjang akan membuat jalan macet, yang harusnya jalan tol itu untuk jalan cepat malah akan menjadi jalan lambat pada saat arus Nataru (natal dan tahun baru).
  3. Tepat pilih waktu pulang. Moment yang pas adalah waktu yang biasa masuk dalam zona merah pada tanggal 29,30,31, dan 1. Padahal pada tanggal itu lonjakan orang yang mudik ataupun berlibur sangat tinggi.
Catatan; Untuk poin ke 3 sepertinya susah. Karena waktu liburannya juga bersamaan, kecuali bagi mereka yang mampu menyesuaikan waktu liburannya.

Untuk kelancaran dan kenyamanan sedang dilakukan uji coba kereta menuju bandara di Jakarta sejak 26 Desember 2017 dan akan beroperasi normal 2 Januari 2018 mendatang, akan diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo. Kabarnya di Semarang juga akan dibangun kereta menuju bandara Ahmad Yani, sekarang masih dalam proses tinjauan guna pembebasan lahan. Semoga segera terlaksana, supaya bisa mengurangi kemacetan, terwujud pula sarana transportasi yang layak.


Pejuang Transportasi, mereka inilah yang rela tidak liburan, bekerja demi kelancaran dan keselamatan lalu-lintas selama kita asyik liburan.

Pejuang Transportasi adalah orang-orang yang rela tidak liburan untuk tetap melakukan tugasnya agar kita nyaman dalam perjalanan. Walaupun pejuang transportasi sering kali di pandang sebelah mata oleh banyak orang. Termasuk pak ogah di persimpangan jalan.

Untuk itulah sebanyak 55 orang yang berdedikasi dalam Pejuang Transportasi diberikan masing-masing Rp 25.000.000 dalam bentuk asuransi jiwa dan juga bingkisan. Antara lain dari PJP (Juru Penilik Jalan), PJL (penjaga lintasan), OTC (on train cleaning), petugas terminal, petugas DISHUB, Tenaga Kesehatan, Petugas BPBD, Petugas UPPKB/Jembatan Timbang dan dari Kepolisian.

“Pasti apresiasi itu tidak setimpal dengan keringat jerih payah mereka. Tetapi paling tidak apa yang kita tampilkan di sini dapat menujukkan bahwa kita memberikan perhatian kepada mereka. Bahkan ke depan kita harus memberikan suatu yang berarti ke saudara-saudara kita itu,” Tegas pak Menhub.


TIPS MUDIK NATAL DAN TAHUN BARU 2018

1. Periksa kendaraan yang kita pakai, pastikan layak jalan.
Pastikan kendaraan dalam kondisi prima. Jika naik kendaraan umum, sewa, pikir-pikir lagi jika kondisi jelek. Jangan pakai! Tapi kadang kita tidak bisa memeriksanya sendiri. Maka dari itu Pihak perhubungan akan melakukan razia kelayakan, khususnya terhadap bus-bus di jalan.

2. Naik Transportasi Sesuai Peruntukannya/Penyalahgunaan Alat Transportasi
Pernah lihat konvoi atau arak-arakan memakai mobil pickup (bak terbuka) atau truck untuk mengangkut orang?  bak belakang mobil itu untuk mengangkut barang bukan untuk mengangkut orang. Jadi selain menyalahi aturan juga mengancam keselamatan.

3. Aware Pada Keselamatan
Patuhi segala peraturan lalu lintas. Sayangi diri anda dan keluarga dengan berkendara secara hati-hati. Jauhi diri dari tindakan ceroboh, hindari juga pengendara lain yang bertidak ceroboh. Salah satunya dengan menggunakan helm dan perlengkapan keselamatan yang standar.

Oke, kiranya sekian dari acara Silaturahmi Menteri Perhubungan RI di Semarang, Dialog dan Pemberian Apresiasi kepada Pejuang Transportasi. Kemudian untuk 3 Tips mudik natal dan tahun baru di atas, mungkin akan tetap relevan di tahun 2019 dan seterusnya. Selamat tahun baru 2018 dan Selamat menikmati liburan.

You Might Also Like

1 komentar

Followers

Find us on Facebook

Loenpia.net

ID Corners

Statistik

Blog