Tips Mode Timer Audio Kamera Xiaomi Mi4i

Wednesday, January 04, 2017


Bagi yang keranjingan selfie pasti tidak asing dengan yang namanya timer atau self timer. Yang cewek gak usah pura-pura gak baca deh! ngaku aja, pasti paham betul hitungannya! "satu.. dua... tiga... cekrek" Dengan teknologi mutakhir ini, (ealaaahh... mutakhir bro!) Kamu bisa berfoto ria dengan sekonyong-konyongnya tanpa harus secara langsung menekan shutter ketika foto. Nah, kali ini saya mau berbagi tentang Timer Audio di Kamera Hape Xiaomi Mi4i.

Menurut wikipedia, tentunya setelah saya terjemahkan sekenanya, timer atau self timer adalah menu pada kamera yang memberikan penundaan atau jeda antara menekan shutter dan pengambilan gambar. hal ini sering digunakan jika sedang foto keluarga atau berjamaah.


2 Fungsi Timer:

1. Fungsi utamanya sudah jelas, tentu untuk memberikan jeda antara menekan shutter dan mengambil gambar. Entah itu ketika foto keluarga, rame-rame, berjamaah, ganda campuran, single, selfie atau sendirian. Untuk saya sendiri biasanya memakai timer ketika foto lari. Seperti foto berikut, kamera setel menentukan komposisi, posisi, lalu hitungan mundur pun dimulai "lima... empat... tiga... dua... satu.. cekrek!"


2. Timer berfungsi untuk mengurangi guncangan kamera saat mengambil foto, terutama jika tangannya tremor yang kadang bisa bikin kamera goyang dombret. Timer sangat membantu ketika pengambilan foto di malam hari yang kurang cahaya atau ingin membuat time-lapse. Tentunya kita butuh alat tambahan, yaitu tripod.

Lalu tips mode timer Audionya mana?

Untuk kamera Mi4i versi MIUI7, usap layar ke kanan untuk membuka mode kamera, lalu pilih timer. Maka akan muncul pilihan Audio, 3s, 5s dan 10s. Terserah pilih yang mana, tergantung kondisi dan kebutuhan saja. Yang perlu dicatat adalah kamera mi4i ini tidak ada mode continues shoot, jadi untuk mengambil foto lagi, kita harus menekan shutter lagi. Nah inilah kelebihan dari timer Audio yang mau saya bagi.


Kelebihan timer Audio kamera Mi4i ini, kita tetap bisa memberikan perintah ambil foto tanpa mendekat ke layar hape lalu menekan tombol. Kita cuma perlu memberikan suara seperti "woooy...shooot...auooooo...ahayyyy... atau jebreeet..." atau bisa dengan tepukan tangan. Untuk suara silakan ganti sekreatif mungkin, asalkan suaranya dikenali telinganya hape.


True story! Pernah dulu pas pakai timer audio di pinggir kali (sungai), karena kejauhan dan seperti tidak ada reaksi, maka saya ambil botol mineral lalu ditimpuk ke dekat hape sehingga timbul suara "pletok". Untung tidak kena hape, kalau ketimpuk lalu nyemplung sungai, kan bisa rugi bakule ndog.

Catatan tambahan, yang lebih tepatnya saya sebut kekurangan yang perlu diperbaiki, Timer di Kamera Mi4i MIUI7 ini tidak bisa digunakan bersamaan dengan mode HDR, Manual atau mode yang lain. Sayang sekali yak? kan kadang pengen pakai mode manual pakai timer, atau HDR dengan timer. *banting tripod*

Nah itu saja sharingnya. Walaupun sekarang aksesoris kamera sudah banyak dijual murah seperti kacang godong, namun ada kalanya tidak dibawa atau rusak. Maka, timer bisa jadi penolongnya, terutama timer audio. Salam Cekrek!

You Might Also Like

17 komentar

  1. Replies
    1. wah, itu pembohongan publik, don
      aku gak setuwa itu umurnya, kalau mukanya aku pasrah

      Delete
  2. Hapenya jangan ditimpuk, mas. Kasih aja kemari :)

    ReplyDelete
  3. Hihi satu dua tiga cekrek! Yaah, aku mangap.. Ulang.. Ulang...

    ReplyDelete
  4. Setiap brand smartphone memang memiliki keunggulan masing2. Jadi sebenarnya tergantung selera dan kebutuhan masing2 org dlm memilih smartphone, termasuk aplikasi pengambilan gambar. Aku jg pake Xiaomi Mi4i. Salam !

    ReplyDelete
  5. Kacang godong opo kacang godog kwkwkwkw... Aku bahkan gak due tripod mas, uncali po'o siji cek seneng cekrak cekrek juga kayak sampean :)).

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah typo detect. iya, kacang godog..
      tripod, aku pernah pakai debog (batang pohon pisang) sebagai tripod

      Delete
  6. sekarang smartphone berlomba-lomba mencanggihkan fitur-fitur photography-nya..

    ReplyDelete
  7. Keren ya nek iso timer audio ngono. Duh iPhone kapan ya bisa secanggih siaomi? hiks..

    ReplyDelete
    Replies
    1. tumbas oppo wae,ndop. sudah bisa semuanya... timer audio disambi hdran atau manualan bisa lancar djiwa

      Delete
  8. Selfie/wefie udah jadi kebutuhan banyak orang.
    Kalo gak selfie gak eksisi, :)

    ReplyDelete
  9. Kadang Pendeteksi Wajah itu menyebalkan ha ha ha

    ReplyDelete
  10. Artikel yang sangat menginspirasi sekali. kunjungi juga website kami untuk mendapatkan penawaran terbaru
    dengan kualitas premium untuk semua jenis pemanas yang anda butuhkan.
    Kami adalah perusahaan pemanas / heater terkemuka di indonesia.
    silahkan kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut.
    Design & Manufacturer of Heating Equipment

    ReplyDelete
  11. kamu pindah jadi duta Xiao Mi sekarang? #eh

    ReplyDelete

Followers

Statistik

Blog