5 Pantai Tersembunyi di Yogyakarta

Tuesday, August 16, 2016


Yogyakarta - dikenal umum sebagai kota sejarah, kota budaya, kota pelajar dan kota wisata edukasi paling populer di Jawa Tengah. Namun berbeda bagi saya, arti Yogyakarta bagi saya adalah tempat bertelanjang kaki, bermain air dan tempat paling syahdu untuk menikmati semilir angin pantai berbalut pasir putih. (raup pasir)

Parangtritis mungkin menjadi pantai paling populer, bahkan menjadi icon pantai di Yogyakarta. Padahal, masih ada banyak pantai tersembunyi di Yogyakarta yang tak kalah indahnya. Mari lebih ke timur, kita menepi sejenak ke daerah Gunung Kidul, Yogyakarta.

Didukung infrastruktur pariwisata yang memadai, Yogyakarta semakin ramai dikunjungi wisatawan, tidak kalah dengan pantai pantai di Bali (menurut saya). Selain terdapat banyak hotel dan guest house murah, beberapa maskapai penerbangan pun selalu memberikan promo tiket pesawat murah ke Yogyakarta.

Berikut 5 pantai yang saya maksud:

1 . Pantai Jogan

Meskipun seklias seperti air terjun di pesisir pantai Bali, jangan salah sangka. Ini adalah pantai Jogan. Istimewanya karena memiliki air terjun indah yang langsung tumpah ke pantai Jogan. Ada persewaan tali, Kamu bisa turun ke bawah air terjun, bergelantungan menggunakan tali dan merasakan langsung kucuran airnya. Aman kok.

Lokasinya berada di Tepus, Gunung Kidul, Yogyakarta. Karena lokasinya yang cukup jauh, Kamu akan melewati medan yang cukup menantang hingga sampai di Pantai Jogan ini. Dengan kondisi yang masih alami, pantai Jogan ini belum terlalu banyak pedagang.

Pantai Jogan, Gunung Kidul
2 . Pantai Indrayanti

Sedikit berbeda dengan Pantai Jogan yang berbatu. Pantai Indrayanti memiliki pasir putih yang bersih. Lokasinya berada di tempat yang sama, Kecamatan Tepus, Gunungkidul Yogyakarta. Infrastruktur jalan dan akses lebih mudah untuk menuju Pantai Indrayanti. Terlebih sudah terdapat fasilitas wisata dan warung-warung di sekitar Pantai Indrayanti.

Salah satu keunikan di Pantai Indrayanti terdapat penyewaan payung di pesisir pantai. Sehingga suasananya seperti berada di pantai Bali. Yang patut digaris bawahi, pengelola pantai Indrayanti sangat peduli dengan kebersihan pantai. Jadi jangan buang sampah sembarangan bila tidak mau kena denda.
Pantai Indrayanti, Gunung Kudul, Photo by @agusz_bramasta
3 . Pantai Pok Tunggal

Karakter lanskap Pantai Pok Tunggal hampir mirip dengan Pantai Indrayanti, Tepus, Gunungkidul, Yogyakarta. Benar saja, karena lokasinya bersebelahan dengan pantai Indrayanti. Pantai Pok Tunggal memiliki pasir putih yang lembut dengan lingkungan yang masih alami, dihiasi karang-karang yang berada di sepanjang bibir pantai.

Salah satu keunikan sekaligus icon asal usul nama Pantai Pok Tunggal adalah adanya sebuah pohon besar yang unik melengkung di pingir pantai. Bagi yang suka camping, Pantai Pok Tunggal merupakan tempat yang paling tempat untuk mendirikan tenda bersama teman-teman bahkan keluarga. Salah satu sajian alam yang tidak bisa dilewatkan adalah pemandangan sunset-nya yang menawan.

Sekarang makin banyak saja payungnya.

Jaman masih berkelana, Pantai Pok Tunggal 2012 :D

Pantai Pok Tunggal, foto by @anasusiantii
4 . Pantai Drini

Keindahan Pantai Drini memiliki karakter di pantai-pantai seperti di Sulawesi. Airnya bening dengan pulau karang di bibir pantai. Mirip juga dengan beberapa pantai di Sumbawa Barat.

Saat air pasang, pulau karang tersebut bak sebuah pulau yang terpisah. Namun saat air laut surut, pantai menjadi terlihat dan bisa diseberangi dengan cara berjalan kaki. Masih di tempat yang sama, pesisir Pantai Gunungkidul, inilah keunikan Pantai Drini yang memiliki pulau karang di seberangnya.

Pantai Drini, Gunung Kidul, Foto by @ega_ayuu
5 . Pantai Ngrenehan

Keunikan pantai ini berupa teluk yang diapit dua bukit kapur. Meskipun memiliki pasir yang putih dan lembut, Kamu tetap harus waspada dengan deburan ombaknya. Cukup banyak spot menarik untuk menikmati pantai ini, seperti dari ketinggian puncak bukit kapur atau membaur bersama nelayan di tepi pantai.

Kamu tak akan kelaparan bila berada di Pantai Ngrenehan, karena banyak warung yang menjual berbagai jenis ikan segar, seperti cakalang, udang, kepiting, cumi dan masih banyak lagi. Jika kamu termasuk spesies penyuka kuliner pedas, saya jamin, bumbu dan level kepedasan sambalnya bikin nagih.

Jika memiliki banyak waktu, Kamu bisa sekaligus menjelajahi Pantai Ngobaran dan Pantai Nguyahan yang lokasinya cukup dekat dari Pantai Ngrenehan. Sunset di sini juga tak kalah syahdunya.

Pantai Ngrenehan, Gunung Kidul, Photo by @intan_sera
5 pantai tersembunyi di Yogyakarta tersebut, jaraknya sekitar 60 kilometer dari pusat kota. Jika lancar, Kamu membutuhkan waktu sekitar 1,5 hingga 2 jam perjalanan. Kemudian, hampir semuanya sulit untuk diakses menggunakan transportasi umum. Biasanya para wistawan lebih banyak mengandalkan ojek atau kendaraan pribadi untuk bisa mencapai pantai-pantai di pesisir Gunungkidul.

~Merdeka adalah ketika kakimu bebas untuk melangkah.
Selamat liburan.

You Might Also Like

13 komentar

  1. Replies
    1. Wanita pantai nyin, hehehe
      Jaman dulu, kameraku masi 2mp,belum jelas. Jadi ini minjem di instagram

      Delete
  2. pernah camping di pantai Pok Tunggal,
    Pasirnya halus dan anginnya ga kenceng, seru mas slam :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kapan tuh mas ke pok tunggal?
      dulu sempat ke sana dengan jalan yang masih kerikil, baru 1 bulan dibuka..sepi

      Delete
  3. nemu aja pantai-pantai cantik di jogja :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bakat jadi penemu dan anak pantai. kalau sekarang anak gunung saja.

      Delete
  4. Subhanallah pantainya cakep-cakep, paling suka sama pantai yang asri dan banyak anginnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. semuanya di pantai inginnya banyak,kecuali ngrenehan, karena dibatasi tebing batu

      Delete
  5. sumpahon itu pantai yg nomer 1 wapik men ya

    ReplyDelete
  6. Sudah pernah semuanya kecuali nomor 1 dan yang terakhir nih kak :)

    Salam :)
    dsukmana.wordpress.com

    ReplyDelete
  7. Sudah pernah ke Indrayanti dan menurut saya biasa saja - tapi saya tidak sabar ke Jogja lagi untuk melihat Pantai Jogan :)

    ReplyDelete
  8. Liat foto Pantai pantai Jogan, makin ngidam aja pengen main ke pantai,,

    ReplyDelete

Followers

Find us on Facebook

Loenpia.net

ID Corners

Statistik

Blog