Terapi Cidera Lutut di Kolam Renang

Wednesday, January 09, 2013



"Alon alon mas, ojo kesusu" sudah tiga minggu saya libur olahraga berat seperti basket, lari, marathon, lari di gunung dan semua yang membebani lutut, termasuk lari dari kenyataan dan kejaran calon mertua.

Kaki ini sudah gatal ingin olahraga, mengingat dengkul masi bobrok, saya pilih olahraga yang tidak terlalu membebani kaki dan persendian lutut sekaligus bisa terapi yaitu "renang" bahasa jawanya "jeguran". Renang bukan sekedar menyehatkan badan, bisa juga untuk terapi terutama persendian, untuk hiburan supaya tidak stress dan tentunya memanen "vitamin A" sebanyak-banyaknya #ifyouknowwhatImean.

Kenapa saya pilih renang?
Hukum Archimedes
Salah satu hukum hidrostatika yang mengatakan bahwa: “Setiap benda yang berada dalam satu fluida maka benda itu akan mengalami gaya ke atas, yang disebut gaya apung, sebesar berat air yang dipindahkannya”. Bahasa sederhanya "kaki dan persendian lutut saya tidak terlalu terbebani oleh berat badan, karena berat badan berkurang 90% didalam air" 

Teman saya bertanya "lari sama renang itu sehat mana slam? renang kan gak mengeluarkan keringat?"
Okay jadi gini *elus dengkul*, pembakaran kalori tubuh tidak selalu ditandai oleh keluarnya keringat. Saat berenang, tubuh akan terasa lebih berat bergerak di dalam air. Otomatis energi yang dibutuhkan pun menjadi lebih tinggi, sehingga dapat secara efektif membakar kalori dalam tubuh.

Renang itu bikin langsing gak slam?
kayanya gak terlalu signifikan deh, karena tiap saya habis renang, nafsu makan saya bertambah banyak, kenyang enggak, kalau kembung iya, beberapa kali nenggak air kolam.

Terus gerakan renang yang efektif dan aman kaya gimana slam?
Renang itu santai saja jangan ngoyo, pastikan pemanasan dan peregangan yang cukup sebelum masuk air. Awali dengan berenang santai selama 5-10 menit. Baru, setelah tubuh bisa beradaptasi, tingkatkan intensitas dan frekuensinya sesuai dengan kemampuan. Berenang minim risiko cedera fisik kok, paling cuma cidera psikis karena keseringan nenggak "vitamin A"

keluar dari kolam, keluar juga air dari semua lubang di kepala
suaraya "BLUPPP CEPLOKKK" dada merah, sesak langsung mengapung dipinggir kolam
oya, di terapi kolam renang gak usah terlalu overacting dan lebay seperti foto di atas, Anda tidak mau ditertawakan puluhan mata dari ujung ke ujung kolam dan terjadi kemaluan tho?.


Salam Olahraga
@slamsr

You Might Also Like

17 komentar

  1. inyong pernah belajar renang cuma waktu sekolah dulu

    ReplyDelete
  2. Yang lucu dari posting ini ya Vitamin "A" itu. hahaa. renang jg bagus untuk melatih pernafasan.

    ReplyDelete
  3. Sebetulnya olahraga yang sehat itu tidak selalu harus mengeluarkan keringat. Yang penting terjadi pembakaran di dalam tubuh, dan keringat itu hanya salah satu contoh pembakaran. Memng berenang itu memaksa tubuh menggerakkan semua sendi, sehingga itu yang menyebabkan pembakaran di dalam tubuh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sendiko sabda bu dokter hehe
      makasiih penjelasannya, yg tidak sehat cuma kulitnya misalkan kolam kebayakan kaporit

      Delete
  4. slam, gimana caranya ngapung di air dengan teknik yg benar.. gw rada susah ngapung soalnya :p jawab di blog gw ya.. mksih

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak ada teknik yg paling benar, aku aja asal asalan yg penting kepala diatas dan bisa ngapung.
      aku pernah niru gaya anjing renang, ternyata juga bisa ngapung, tapi jangan coba ngapung pake gaya batu ya!! IMPOSIBRUUUU

      Delete
  5. terakhir renang itu pas masih sekolah SMP, parah banget kaan.
    Kalau sekarang paling kalau dijeburin gitu cuma bisa ngambang tok. wkwkwkwk, lah wong badan ini isinya lemak tok.hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. woh bisa ngambang?
      keren dong, tinggal mainin kaki dan tangan aja

      Delete
  6. Masih cedera lutut kok masih nekat renang si mas.hehehe...he lucu juga ni Slam

    ReplyDelete
  7. Aku wis suwi byanget ora renang trus yo lumayan kekurangan vitamin A...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah kurangan vitamin A? ndang diperiksakke mas...
      bahaya kuwi *ngikik*

      Delete
  8. Slulup iyo, enggak renang :)), semoga lekas sembuh ya lututnya.. maaf baru mampir :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. matursuwun dungane mbokde, *ciprati banyu lahar dingin*

      Delete
  9. waah semoga kalo renang gak cidera lagi yaah :D

    ReplyDelete
  10. Semangat kak, biar di incar sama tim basket sumbar, beritanya disini: http://adaterus.com/single/read/1992/tim-basket-sumbar-incar-juara

    ReplyDelete

Followers

Find us on Facebook

Loenpia.net

ID Corners

Statistik

Blog