Kota Lama Semarang - Little Netherland

Wednesday, October 05, 2011

Kota Lama atau Kota Tua Semarang yang dijuluki The Little Netherland ini menyimpan 1001 cerita dibalik bangunan tua yang unik bernilai sejarah tinggi. Kota peninggalan kolonial belanda ini menjadi pusat perdagangan sekitar tahun 1700-an, dan sekarang menjadi peninggalan sejarah yang eksotik.

Gereja Blenduk sebagai icon kota lama sekaligus menjadi pusat pemerintahan pada waktu itu, Arsitektur bangunannya sangat khas dan Eropa banget. Pernah ke Belanda? cuma nanya doang, saya juga belum pernah!!, nah bangunnya seperti yang ada dikompeni sana, mulai dari ukuran pintu yang besar dan panjang, jendela, tembok tebal, kaca-kaca mozaik, atap yang tak lazim, sistem ventilasi, tak jarang pula ada ruang bawah tanah seperti di Lawang Sewu.


Nah baru kali ini saya secara resmi mengunjungi Kota lama sebagai wisatawan lokal, pernah juga lewat kota lama pas kesasar nyari rumah temen, dan terakhir saya perpanjangan SIM di polres Semarang barat. Saya jalan-jalan tidak sendirian, rame-rame ditemani komunitas lain yang ingin mengetahui lebih banyak tentang kota lama dipandu Pak Sukawi, Dosen UNDIP sebagai narasumbernya.

Saya dan teman-teman lainnya mencoba menggali  dan mengeksplorasi keunikan dan keistimewaan kota lama, tentunya dengan minat masing-masing, ada yang khusyuk mendengar ceramah pak Sukawi yang mirip materi kuliah, sibuk putar putar fokus kamera, ada yang sibuk naikin celana yang melorot, dan ada juga yang matanya tidak bisa diam lirak-lirik peserta lain.

Saya juga mencoba mengabadikan kota lama dari bermacam sudut, tentunya dari mata lensa kamera abal-abal 2 mega pecel dari Sony Ericsson G502. Dipandang dari sudut manapun, tak akan ada bosannya membidik bangunan-bangunan kota lama sebagai objek foto, dan waktu 2.5 jam tidak akan cukup karena harus berburu dengan cahaya yang mulai redup.

berikut foto-foto dari kamera handphone yang berkerjaran bersama tenggelamnya matahari.
Gerja Blenduk

pasar ayam, tempat syuting Ayat ayat cinta


Jembatan Mberok


polder tawang, dengan background Stasiun Kerata Api Tawang
Sebenarnya masih banyak objek yang lebih bagus, dari sudut manapun kota lama memang unik dan istimewa, butuh waktu lebih lama untuk mengeksplorasinya, lain kali harus berkunjung lagi ke kota lama.

Foto lainnya bisa dilihat di album berikut :
Album Kota lama


Salam olahraga
@slamsr

You Might Also Like

11 komentar

  1. wuis..boleh.ki..besok..diajak ke kota lama..

    ReplyDelete
  2. lah itu gereja yak??
    klo gak liat ada salibnya gak kliatan kya gereja hehehhehhe

    ReplyDelete
  3. a'...pakai kamera hp juga hasilnya bagus tuh...
    kapan bisa kesana ya? aa jadi guidenya ya, hehe...

    ReplyDelete
  4. yg setting black white jadi nambah jadul :)
    APIK...

    ReplyDelete
  5. kota lama semarang yang deket stasiun tawang itu ya mas? wah, kayaknya blom pernah mampir alias cuma lewat doang. tapi denger2 daerah situ sering banjir ya?

    ReplyDelete
  6. nanbagus bangunan zman dulu,,selam ini belum pernah mampir ke semarang

    ReplyDelete
  7. nanya-nanya kebelanda, kirain mo ngajakin atau ongkosin, Fyuhh.. gak mbois, kapan kapan aku di jak mlaku mlaku nang semarang po'o mas, durung tau ngerti blas'e :D

    ReplyDelete
  8. Ah kalo saya ke Semarang harus ke sana! :D

    ReplyDelete
  9. @fajar & narti : siyap omm kalo mau ke sana lelepon saya aja, siap jadi guide
    @caya : kalo dilihat dari atapnya malah persis dengan salib, kao dari depan juga keliatan, kalo samping ya endak
    @sda : black and white malah keliatan serem ntar
    @bang pendi : kesana nyari alamat palsu ya bang ehehe
    @nyun nyun : siappp.... *siapin perut*
    @asop : harus mas

    ReplyDelete
  10. bener - bener kota lama...kayanya dr segi mistik nya juga bener-bener syereeeeemm....hihihihi

    ReplyDelete

Followers

Find us on Facebook

Loenpia.net

ID Corners

Statistik

Blog