Showing posts with label karikatur. Show all posts
Showing posts with label karikatur. Show all posts

Karikatur Betmen-an Loenpia

15 comments:

ini hasil corat-coret yang sudah lama, tapi baru sempet diposting temen loenpia "komunitas blogger semarang". apakah ada yang mirip?

media : kertas A4, pensin mechanic 2B

Trauma Healing Merapi di Boyolali

17 comments:
JOGJA, Letusan Gunung Merapi telah mengakibatkan banyak korban jiwa, kerusakan tempat tinggal, lahan pertanian, hilangnya harta benda dan mata pencaharian para penduduk disekitar merapi. Bukan itu saja, tetapi Letusan Merapi juga meninggalkan trauma yang luar biasa, terutama trauma pada anak-anak.

Anak-anak ini trauma akan letusan Merapi, Trauma di pengungsian, ada yang terpisah dari keluarga, bahkan ada yang menjadi yatim piatu. Sungguh malang adik-adik ini.

hasil gambar dipajang di tandon air
memasangkan masker
kebanyakan anak menggambar gunung dan letusannya
ajak mereka bercengkrama, dengarkan cerita mereka tanpa menyela


Ternyata anak-anak merapi ini memang suka menggambar, beberapa gambarnya ada yang bagus (menurut saya), ada yang lucu, dan ekspresif sekali. contoh seperti yang saya gambar ulang mengunakan paint dibawah ini karena tidak ada foto aslinya :

anak ini menggambar waktu mengungsi, tapi tidak tau mengapa dia menggambarkan sesosok naga terbang mengelilingi merapi yang sedang erupsi

diantara anak lain yang menggambar gunung dan merapi yang meletus, dia malah menggambar kuas cat? haha lucu


foto saya ambil dari pepeng , mba evie dan fotografer dwi sasono

Hadiah Ultah

20 comments:

Syemmmm... pagi ini waktu bangun tidur, aku dikejutkan dengan sms tanpa spasi dan tanda baca yang jelas, sms itu datang dari seorang gadis di kampusku, berikut isinya :
"Assalamualaikum mas bagaimana karikaturnya itu bisa gak? anakanya hari selasa mau aku kasihkan masa yang karikatur kita berdua dibuat dengan dia imamnya mas aku makmumnya" aku kira mau diajak nge-date!! syemmmmmmm

Busseddd dah.. ternyata aku baru  ingat kalau aku diminta temen kampus bikin karikatur buat ultah cowonya hari selasa, ini adalah barter waktu kemarin aku minjem Kamera Lumix 2 mega pecel untuk hiking ke curug lawe minggu lalu, dan aku diminta bikin karikatur. Okelah kalo begitu!!(medok).. akan aku usahakan sebisanya ya!!, Tapi aku gak jamin hasilnya akan sebagus punya pak Tino Sidin. Kemungkinan terburuk mungkin hidungnya jadi pesek, mblesek, penyok, bengkok atau organ yang tidak lengkap harap dimaklumi.

orek orek, corat-coret sana sini, bejek-bejek, guling-guling, pancal gas, eehhh mrucut... lanjut!!... hapus lagi, coret lagi, ganti oli, stell velg, ganti rantai, bersihkan karburator.. (berasa dibengkel) alhasil jadilah seperti ini :
WALLAA.. THIS IS IT KARIKATUR PENCIL ALA AASLAM QUEEN.. *dilemparkompornyafarahqueen*

perhatian : gambar ini hanya coretan pensil 2B hasil comot punya bu suster, bila ada kemiripan wajah atau kesamaan nama itu hanya kebetulan semata, kalo ada yang merasa mirip ya alhamdulilah berarti tidak sia-sia saya membuatnya selama 1 jam.

Bolang Jaman SMP "curug lawe"

27 comments:

Mendengar teman-teman mau kopdar ke Curug Lawe minggu ini, aku jadi teringat jaman masih SMP dahulu, sekitar tahun 2000-2001 berkelana kere-kere bersama satu genk. haha perjuangan yang melelahkan penuh tantangan tapi sangat menyenangkan, dan kadang seyum-senyum menggelikan kalo mengingat-ingat jaman itu.

Ceritanya selesai ujian kelulusan kelas 3 SMP pasti ada class meeting to?, dan class meeting dari jaman kompeni sampe sekarang cuma gitu gitu saja, BOSEN!!. Kemudian Muncul ide pengembaraan ke Curug lawe karena ada teman asal kalisidi mengajak kerumahnya (niat awal)  "yok kerumahku, nyari kelapa muda sama durian!!". Gak jadi nyari durian malah bablas mblusuk curug.

Perjalanan cukup menantang, tanpa persiapan dan dengan bekal ala kadarnya(red=modal nekat), hanya berbekal sepatu yang menggantung di leher dan seragam Biru putih yang melekat dibadan. 5 ekor bocah ilang nekat Tanpa tedeng aling-aling langsung berpetualang.

Mendaki gunung lewati lembah
sungai mengalir indah kesamudra
bersama teman bertualang........nananana
(ingat lagu ini? yak ini lagunya ninja hatori. jaman itu masih sering diputar di tipi dan kita jadikan OST petualangan ini)

Perjalanan diawali dengan membabat kebun kopi didekat rumah warga, dan terus berjalan kaki menyusuri jalan berbatu (belum aspal). Medannya lumayan menanjak, disekeliling jalan hanya ada kebun cengkeh dan rumput-rumput yang bergoyang. dan disinilah perjalan dirasakan cukup melelahkan, tapi setelah masuk jalan pintas menuju saluran irigasi semua lelah itu hilang berganti dengan sejuknya hutan.

Petualangan dilanjutkan menyusuri aliran irigasi dan jembatan terbuat dari kayu yang sering disebut "Jembatan Cinta". Akhirnya bermuara di Sebuah DAM, di bendungan ini kita melepas lelah sejenak. Mulai dari sini perjalanan akan semakin menantang melewati aliran sungai, melompati batu dan memanjat dahan pohon yang rubuh, saya pernah tercebur karena terpeleset di sungai celana basah semua sampai dipangkal paha.

Nah diperjalanan perut melapar, usus serasa dililit anaconda, ternyata sudah siang dan belum makan apapun. Masing-masing sibuk mencari apa saja yang bisa dimakan karena tidak ada yang membawa bekal. Mengais-ngais disepanjang sungai dan sekeliling hutan, ternyata ada Pohon Kimpul atau biasa disebut Ketela pohon  dan pisang sepet bantet belum mateng, lumayan lah buat ganjel perut. Kita membuat Api untuk membrongot (membakar) kimpul dan pisang bantet itu.

Belum lama dibakar dalam api dan itu pun belum matang tapi sudah pada tidak sabar mencomot. KAMPRETT DURUNG MATENG NDAA!!. akhirnya saling rebut, aku tidak mau kehabisan dong!! langsung pasang jurus tangan seribu, BAT BET BAT BET!! dapat kimpul gatel, biarin deh belum mateng asal tidak melapar dan efeknya buruknya mulut pada gatel-gatel digaruk terus. Perjalanan dilanjut masuk hutan menyusuri jalan setapak dan iseng bikin jalan sendiri walau hampir kesasar.

Tiba dilokasi air terjun, air mengucur deras dari tebing dengan ketinggian sekitar 4 kali pohon kelapa. Disekitarnya dikelilingi pohon beringin yang menjulang, hijau daun dan kicauan burung menyegarkan raga juga jiwa. Udara menjadi dingin akibat tetesan air dari deburan air bercampur angin. Tidak usah tunggu lama-lama langsung copot baju dan menceburkan diri dalam segarnya air terjun. ahhhhh segarrrr.....



Sekian sepenggal cerita dari si bolang jaman SMP berpetualang ke curug lawe, Pokoknya harus ekstra hati-hati membawa dan menjaga diri masing-masing disana. Jangan mandi dibawah air terjun karena sangat berbahaya, kita tidak tahu apa yang akan jatuh ke kepala kita entah ada kerikil, batu atau batang pohon yang hanyut dalam derasnya air terjun, cukup di pingir saja ya.

Tabrak Lari (emosi)

31 comments:
AJIRUT! HAJRINGAN!! BABI BUNTING! BADAK OMPONG!! KUCING BINTITAN! BAJING LONCAT!!! SETAN DATANG BULAN!!! DIPERKOSA SETAN!! SUSTER KRAMAS!!! ARGGGHHHHHH!!
(lhoh itu judul film setan apa sumpah serapah slam?)



(hanya ilustrasi, sialnya biarpun dikejar tetep tidak ketangkep)

Baru kali ini slam jadi korban tabrak lari, biasanya malah yang jadi penabrak (dulu pernah nabrak polisi) kalau lagi sial ya  nabrak pohon *nungsep sendiri*.
Kronologi kecelakaan :
TKP             : Jalan Turunan Samping SMP 24 Semarang - Perempatan Gunungpati
Waktu          : Minggu 31 Januari 2010, 14.30 WGS (Waktu Gunungpati Setempat)
Terdakwa     : Mejaprot H2904LA dan 2 ekor manusia tak bertanggung jawab (halambuh rak kenal)
Barang bukti : Almari baru (baru 10 menit) 3 pintu (kondisi mengenaskan, REMUK)
Korban         : Supla pit dan korban perasaan
Saksi             : Motor Shogun (gak kenal) dan Rumput-rumput yang bergoyang

Begini ceritanya :
Alkisah kemarin sore slam membeli lemari plastik buat my brader (baca=kakak) diungaran, beli yang sudah dipasang (maksdnya biar gak repot dan gak kejepit jempolnya seperti kmaren). Diangkut pake motor supla
pit-ku taruh diblakang, motor melaju dengan santai dan hati hati.

Sampe di turunan SMP 24, didepan terlihat ada mobil yg ngerem mendadak. Serentak aku jg ikut ngerem, terjadi kemacetan! Eahlah HAJIRUT!! entah dapet wangsit dari mana aku sial banget. Motor mejaprot H2904LA nylonong dari belakang nabrak lemariku *KROAK*. Pintunya retak hampir coplok (lepas). WALENGSEK!! KAMPRET!! Slam jadi korban tabrak lari. Yang nabrak cowo boncengan ma pacarnya (YNCBMP) ngacir ngebut tunggang langgang!!

Aku kejar dengan kecepatan penuh, WUSH WUSH..WUSHH.. ketangkep didekat Pemancingan Pagersalam karena banyak antrian mobil dan jalan yang berlubang!. Aku STOP sambil melambaikan tangan!! "MANDEK SU!!" aku berhentikan gaya seperti Polisi mau nilang minta pertanggung jawaban
slam : "MANDEK RAK!!!" membentak akting galak
YNCBMP : mengurangi kecepatan, dan minggir ke tepi
slam : menyetandarkan motor, hendak turun
YNCBMP : langsung Tancap gas, BRRRRR WUSHHHH
slam : "WASYEM KAMPRET!!! malah kabor!!!" ikutan tancap gas

Nasib pake motor bebek 100 cc kalah jauh sama motornya lelaki!! Aku kejar gas pol rem blong kecepatan max 90 km/jam hingga depan SMA 12 masi kelihatan, yang bonceng (cewe) clingak clinguk ngelihat slam. WAFUUU!!! Sesampainya diperempatan gunungpati, Si YNCBMP lenyap.

Yah nasib, RUGI NDA!! Almari baru beli belum 10 menit sudah remuk. sesampainya didepan pasar "WAH KENAPA TADI GAK TELPON BOLO-BOLO PREMAN PASAR YAA!!!" asshhhh nasib nasib, nasi sudah menjadi bubur basi *buka helm ngangkang di depan rumah*

Pokoknya aku sumpahin, " Rumahnya jadi sarang Wheroxx ma Kecoa, terus gatel-gatel minta dikukur terus!!" Ya Tuhan semoga doanya dikabulkan AMIENNN.

Pesan :
- kalo ketabrak langsung turun gampar pake helm aja!!!
- kesialan bukan dikarenakan BABI BUNTING atau judul film RAM PUNJABI CS (setan)
- supla pit 100 cc kagak bakal bisa menyaingi Mejaprot, walau dipaksa sampai mencret pun gak bakal bisa
- kata sumpah serapah diatas tidak boleh ditiru ya!!!  DONT TRY THIS AT HOME khusus dewasa 20+ "ayo itik gak boleh baca ya!!"
- kata-kata sumpah serapah kalau lagi emosi menurut MUI (Majelis Urung Insaf)  itu DIHALALKAN!!, sekali lagi DIHALALKAN!!!. jadi harap maklum kalo postingan kali ini kata-katanya agak kasar dan ada yang tidak berkenan
- sekali lagi!! HAJIRUT tuh YNCBMP

Cicak Versus Balsam

44 comments:
CICAK VERSUS BALSAM, heehehehe ikut-ikutan trend di KPK, jadi keinget waktu jaman masih muda dahulu.

Kemarin malem minggu habis sowan dirumahnya mpok indri diajak ngtrack lagu barunya buat audisi Dahsyat RCTI, ow ow ow rupaya gitu ya caranya? Baru tau ogut nih Keren keren keren. Kok pada pinter-pinter jadi musisi ya? hahahaha slam jadi malu gak bisa ngapa-ngapain? Jadi apa ya? hmmmmm jadi penikmat musik aja ah.

Setiba dirumahnya indri, dibawah pohon blimbing yang sedang berbuah ada sebuah ember hijau dan di dalamnya terisi 2 ekor kura-kura, pada tau yang namanya kura kura kan? Itu tuh “Uya emang kura!!” Hahaha. Satu ekor kura-kura sebesar piring makan dan yang satunya sebesar cawik (alas buat gelas). Lehernya bisa memanjang dan memendek (kaya si otongku hehehe, HUS POLNO!!!! ). Sepertinya akur banget gitu ditempatkan dalam satu ember berdua, tidak saling mengejek dan cakar-cakaran kaya aku dan kakakku.

Jadi teringat dahulu waktu kecil, waktu masih SD sering melakukan eksperimen biologi gitu dengan hewan- hewan imut dan lucu. Dan malangnya hewan percobaan selalu bernasib naas.

Dahulu waktu SD, pernah diajak ke museum Ronggo Warsito Semarang dan disana melihat ada fosil tulang belulang dari hewan purba, kayaknya keren tuh kalo dirumah punya gituan. Dan waktu pelajaran sejarah pernah diterangkan bahwa dahulu di mesir ada cerita bila raja di mesir meninggal dijadikan mummi, yaitu pengawetan mayat dengan cara dibalsam, karena saking lugu dan polosnya slam kecil berpikir bahwa balsam itu sama dengan balsem bal**rik/cap***g untuk kerokan ibu. Dan ide brilian untuk mengawetkan hewan peliharaan supaya tetap awetpun terbersit dibenak polos slam setelah melihat cicak yang tinggal tulang-belulang (fosil) terjepit diengsel pintu masjid Al-ijabah Gunungpati.

“AHAAAAAAA TINGGG “ *ada bohlamp menyala diatas kepala* slam muda pun mendapat ide untuk melakukan percobaan perdana pembalsaman dengan cicak sebagai tumbalnya (dengan senjata pamungkas balsem punya ibu tentunya) *maap slam ya bu kalo balsem kerokannya gw embat ehehehe*.

Seekor Cicak yang tak berdosa pun berhasil disandra setelah berburu di rumah tetangga habis magrib. Upacara Pembalsaman pun langsung dimulai (kayanya lebih cocoknya upacara penyiksaan deh) siap :

Seekor cicak tak berdosa (disingkat SCTB) harus dialmarhumkan dulu, slam ambil sepatu punya bapak, setidaknya kalo gak mati kena getok pasti mati keracunan karena baunya yang naudzubilahimindzalik (Gajahpun bisa pingsan kayaknya)

Gw : ambil sepatu bapak, dan memukulkanya ke kepala SCTB dengan tulus dan ikhlas “NYOOHH GLEPOOK”
SCTB : “CIITTTT” tergelatak tak berdaya tapi ekornya masih goyang-goyang
Gw : wah ngeledek nih pake goyang-goyang ekor!!! hebat juga nih kayanya Cicak evolusi baru, gw ambil sepatu dan memukulkan ke kepala SCTB sekali lagi “GLEPOKKK”
SCTB : “CITTTTT” suaranya lebih lemah daripada yang pertama tadi (mungkin kalo diartikan bahasa cicak gini ya “AFUUUUUU NDASKU DIGEPOKK, AFUUUUUU NGALAMAT MODAR KI AAAAAAA... “ )hehehe
Gw : berpikir “wah kayanya SCTB dah almarhum dengan sukses ni”
SCTB : pasrah, lemas ngathang-ngathang tak berdaya dilantai


Dan proses pembalsamanpun dimulai, seluruh tubuhnya diolesi dengan balsem bal**rik HOT super panas puwoooll, dengan harapan setidaknya dia gak bakal kena masuk angin lah. Supaya proses sempurna dan si cicak aman tidak dimangsa kucing atau si Aji (anak tetangga gw), gw tali aja lehernya dan digantung dibawah genteng yang jauh dari jangkauan kucing dan anak-anak.

3 hari berselang slam kecil memeriksa kondisi sang cicak malang, tapi secara ajaib tubuh sang cicak baik-baik saja, tidak ada pembusukan sedikitpun “wahh kayaknya pembalsaman sukses nih “. Karena dikira sudah sukses maka slam kecilpun menurunkan sang cicak malang dan mencopot ikatan dilehernya.

Setelah diletakkan dilantai dan ikatannya dicopot terjadi suatu hal yang eneh bin ajaib serta tak disangka-sangka. Sang cicak masih hidup coy!!! Aku kaget “AAAAAAAAA MAYATNYA CICAK HIDUP LAGI”matanya melotot sambil melet-melet seakan ingin balas dendam ke gw. Untuk memastikan masih hidup atau suda mati, slam tunyuk tunyuk saja tubuh cicak dengan sapu lidi.

Tunyuk satu kali masih belum gerak, tunyuk dua kali masi belum gerak juga “wah kayanya halusinasiku aja nih”, pada saat tunyukan ke3 si cicak melotot menyeramkan banget, membuka mulutnya dan melompat ketangan kanan slam kecil. Secara spontan slam kecil melompat kebelakang dan mengibaskan tanganya untuk melepaskan cengkraman dan gigitan sang cicak.

Setelah puas menggigit tangan slam kecil, cicak pun lari tunggang langgang terbirit birit secepat kilat dengan meninggalkan bekas gigitan ditangan kanan slam kecil. Untungnya cicak tidak punya penyakit rabies ya?

Ternyata sang cicak masih hidup, mungkin Cuma pingsan aja kena gepokan sepatu dan racun dari baunya. Pernah terpikir seperti di komik spiderman, setelah Peter parker mendapat gigitan dari laba-laba dia mempunyai kekuatan seperti laba laba, bisa nempel ditembok, punya indra keenam dan bisa mengeluarkan jaring dari tangannya. Tapi apa yang didapat slam kecil setelah mendapat gigitan dari sang cicak? Hahahahaa tanganya gatal-gatal 1 minggu baru bisa sembuh, mungkin kena kutukan sang cicak!!!!

Ide JAHANNAM kembali muncul setelah melihat balsam percobaan mummi cicak pertama masih bersisa, dan tak disangka ada seekor kucing ABG lagi tiduran dikursi depan rumah, kayaknya seru juga kalo dikerjain!!!

Kekejian pun dimulai, slam ambil balsem sak ndulit (satu jari tangan) dan mengoleskannya dengan diam-diam kepantat si kucing, “NYOOSSSSS” si kucing matanya melotot dan menjerit kepanasan “KAING-KAING” salah salah lhohhh kok kaya suara anjing? Yaudahlah pokoknya si kucing menjerit pantatnya kepanasan dan berlari ke tanah sambil mengusap-usapkkan pantatnya di tanah.

Slam ketawa berguling-guling “WA HA HA HA HA” (ketawa mbah surip), sedangkan si kucing masi mengusap-usapkan pantatnya ditanah, matanya melotot kearahku dan MENGEONG-NGEONG. Sepertinya si kucing menanatang adu mata melotot nih, aku nyerah aja lah soalnya pernah tanding lama-lamaan melotot sama si kucing tadi dan akhirnya kalah telak.

Setelah beberapa minggu si kucing tidak pernah terlihat lagi tidur di kursi depan rumah, hahahaha mungkin kapok dia pantatnya memuai kena balsam xixixixixi. Dan karena tidak ada kucing maka tikuspun meraja lela. Ahhhhhh maafin slam kecil ya cing!!! Maafin slam juga ya cak!!! Sudah mendzoliimi kalian dengan tidak berperi kekucingan dan peri kecicakan.

PESAN :
1. Balsem gosok dengan pembalsaman mummi sangatlah berbeda
2. Menggosokan balsem panas ke pantat kucing sangatlah tidak berperi kekucingan, TERLALU....
3. Balsem dan pantat kucing is Bad Idea, untung kucingnya lagi gak sensi, kalo lagi naas wah bisa dicakar mukaku.
4. Don’t Try This At Home

Maafin Slam Ya

5 comments:

hehehee sebelumnya slam mau ngucapin
MINAL AIDZIN WAL FAIDZIN, MOHON MAAF LAHIR BATIN YA
MAAFIN KHILAF SLAM BAIK YANG DISENGAJA MAUPUN EMANG BENER-BENER DISENGAJA HEHEHE

KOSONG KOSONG YA? MULAI DARI NOL LAGI.

dirumah PakTrisno (mantan ketua RT)

mau ceritain aja suasana lebaran dikampung slam, Gunungpati tercinta Pasarsari.

Hehehehe inilah kebiasaan slam dan teman-teman sekampung kalo pas lebaran di hari yang pertama. Tugas utama adalah sungkem kepada yang lebih tua, muter-muter keliling kampung, bahkan sampe ke kampung tetangga.

Tugas kedua adalah mencicipi semua makanan lebaran, dan menghabiskan jajanannya terutama persediaan kacang mede (jajanan favorit) disetiap rumah yang didatangi, hehehehe. Kita semua mengemban tugas mulia sebagai penglaris kacang mede, tugas utamanya untuk menghabiskan semua persediaan kacang mede disetiap rumah yang kita datangi. Dengan semboyan “EMBAAATTTTT, BABAT ABISSSS”... tuuu mulia kan? Wa ha ha ha..

Pernah kejadian waktu mau ngantongi kacang mede dirumah pak RT, pak RTnya lagi kebelakang ambil minuman, terus dengan sigap kita memenuhi kantong baju dengan kacang mede, “WUT WUT WUT WUT WUT”. Ujug-ujug mak bedunduk dari balik horden, Pak RT melototin dan memergoki kita yang lagi sibuk menguntil mede. Hehehehehe....(pada nyengir kemaluan), CEEPPPPP.... suasana Hening sejenak, sunyi kaya lagi hening cipta upacara. Untuk menutupi kemaluan kita, langsung deh pada ambil pose sendiri-sendiri akting makan kacang mede ditempat sambil cengar-cengir bego.

Wahhh mungkin Pak RT sudah hapal Adat kita-kita, tiap kali kita dateng kok medenya ludes. Untung dulu belum ada CCTV ya? Hehehe peristiwa itu kapan ya? Kira-kira masi sekolah dulu , waktu masi SMP. Sooo jadi yang merasa kacang medenya ludes, dan laris.... hehehe kita yang menghabiskan hehehehe. Gak papa donk, mumpung lagi lebaran banyak jajanan.

Kalau sekarang mah udah gak kaya gitu lagi, udah pada gede sudah Ndolor, sudah pada tobat dan tau sopan santun. Kalo sekarang cara ambil kacang medenya gak pake sembunyi-sembunyi, tapi dengan Modus Opranding terang-terangan To The Point merampok didepan mata Pak RT sampai gak bersisa. Hehehehe patut dicontoh nih. Dan gak tau nih, pas lebaran kemarin kita cari kacang medenya dirumah pak mantan RT (sekarang dah gak jadi RT lagi) kok gak disuguhkan ya???... wah mungkin dah kapok ya?? Hehehe

Tradisi ini memang harus ada, dan harus kita lestarikan, ditularkan dan sudah diwariskan ke generasi kita berikutnya, supaya ditiap tahunnya lebaran dikampung Gunungpati tetap ramai dan penuh dengan keceriaan.

Acara selamatan, syukuran bareng bapak-bapak di mushola

Oya slam mau mengucapkan Selamat Lebaran nih,
buat sobat-sobat blogger Itik, ayas, yolis, mba narti, cebong, fanny, Yasuyasah, mas Sholikan dkk.

Temen Fesbuk yang udah jadi temen atau yang belum, hendrsyah, fatma, oneng, dll yg jumlahnya ada 400an.

Sobat slam yang gokil abis di Nasikucing.com indri, dani, widhi cenil, mas irul, ijoet, topan, kang slam1, kang eko Tuyul.

Temen Mig33 di Room Laskar Pelangi, Basket Lover dan Room Ungaran, yoga, fery, phewe ndut, gueget, fatma

Temen SMA12 hemawan, indri, panji, Laely, Yunar dkk.

Dosen dan Mahasiswa STEKOM Pak Topo, Abah Iman, Pak Tono, Bu Tantik, untuk almarhum pak Hendrix (dosen Favorit), mas budi, Iswatin, Sweete, Ayumi vegals.

Temen Kerja di PTSG Tiwul, Bu risty, ranny, rohmi, endah, angga, handa, endang dkk.

Para Remaja Gunungpati Pasarsari ARPAS, Thika, awang, hasna, lulu, deny, kita lanjutkan tradisi Ala Pasar Gunungpati ya,

mantan-mantan slam, hasyahhh

maaf nih gak disebutin semua... hehehe bakalan bejubel kalo disebutin semua.

sekali lagi slam ngucapin,
Ngaturaken Sugeng Riyadi, Sedoyo Lepat Nyuwun Ngapunten
Minal Aidzin Wal Faidzin, Mohon Maaf Lahir Batin
Kalo selama ini slam banyak perilaku dan tutur kata yang tidak berkenan, baik yang disengaja atau tidak, mohon diberikan pintu maaf sebesar-besarnya. Hiks hiks hiks.... *akting nangis, sungkem sambil berjabat tangan* muah... muah... muah... cipika cipiki... hehehe kesempatan nih.


MET LEBARAN DAN MET LIBURAN JUGA YA.

Karnaval di Ungaran

34 comments:

Nonton Karnaval yuk? Nonton karnaval??

Kemarin sore hari selasa tanggal 18 Agustus 2009, di Jalan Alternatif Tepatnya di alun-alun Ungaran diadakan Karvalal (kalo bahasa linggisnya Parade). Sebenernya sih gak ngebet banget nonton karnaval, berhubung Ada temen di STEKOM (Sweete) yang mau salam terakhir alias perpisahan, doi pindah kerja, mau mengadu nasib di Tanggerang, dan gw disuru dateng ke kampus awal jam 16.30, dengan iming-iming bakal dikasi cipika-cipiki hehehe.

Dengan senang hati dan penuh ikhlas slam langsung pulang tanpa ijin dari BOS, dateng gak dijemput, pulang gak dianter..hehehe KABUUUURRRRRR!!!!!

Sesampainya di Masjid Istiqomah, sebelah kanan SMA 1 Ungaran, kira-kira 150 km sebelum alun-alun ungaran, jalan sudah macet total, BUS, Truk, Tronton jalan merambat sudah kaya serombongan buaya bunting kena rabies lagi jalan. Jalan utama macet bukan karena ada SIKOMO lewat, tapi memang sengaja jalan ditutup untuk rute Pawai.

Karena macet, muncullah instinc alami jadi pembalap, berbekal tungangan sepeda motor Supra Fit warna hitm yang sudah lunas kreditnya, dengan lincah belok kanan belok kiri, selap selip diantara bus dan truk. 15 menit nyampe di depan alun-alun dan memarkin si EYE di depan kampus STEKOM. Alhamdulilah sampai juga dengan Selamattt...(met.. met.. nang endi kowe met, wis tekan po? *mencari slamet*)

Berhubung mbak Sweete belum datang, dan daripada bengong nunggu orangnya gak jelas kapan datengnya, mendingan nonton karnaval saja, siapa tau ada pemandangan yang eksotis, untung-untung juga bisa dapet jodoh hehehehee, (kata pepatah=sambil menyelam makan kerupuk!!! hehehe mlempem dong)

Untung ada temen slam yang sok imut dan cantik, namanya Iswatin dan 3 orang temen kampus ikut nonton juga, jadi gak lontang-lantung kaya orang hilang. WUIHHHHHH rame amat cuy, jalanan macet sekali, motor diparkir tidak karuan dipinggir jalan, Penjual jajanan dengan gerobag berderet dipinggir trotoar menghalagi para pejalan. Ribuan species mamalia berkerumun berkumpul disepanjang jalan guna menyaksikan pawai. Riuh ramai suasana pawai terasa sangat menyesakkan.

Berbagai aroma tubuh tercium, wangi, apek, asem, tapi kebanyakan apeknya deh!!!.
Sore itu Ada seorang Penjual Minuman Es Teh, badannya yang bau asem lewat didepan muka gw, kedua tangannya menjulang keatas memanggul Dagangannya dan memperlihatkan akar serabut warna hitam yang basah 2 centimeter persis didepan hidung gw, "WUUUSHHH" bau menyengat aku hirup tanpa ampun. "KAMPREETT, ASEM TENAN IK" (gw memuji bau tubuhnya dengan tulus dan ikhlas), untuk gw gak sampe pingsan tuh...

Wah bosan juga ngeliat parade yang pertama, disuguhkan dengan pemandangan anak sekolahan dan orang birokrat yang ikut berparade, gak ada penampakan yang bisa membuat mata melotot, dan menyegarkan. Sempat beberapa kali menguap karena bosan.
(apa gak ada penampilan Pawai seperti di Film Laskar Pelangi ya? saat Ikal dan teman2nya garuk-garuk badan kegatalan terkena getah buah aren dari ulah Mahar?)

Pukul 17.00 lebih sedikit (sedikitnya gak tau berapa), Gw berada ditepi jalan, persis didepan Tempat kehormatan bertemu dengan Wakil Gubernur bersama ketiga sobat gw.

Parade Mobil hias pun dimulai..."HEHEHE KESEMPATAN NIH, MENUNJUKKAN BAKAT TERPEDAM GW". Lalu lewatlah mobil hias beratribut berbagai macam sayuran, dari dinas pertanian, Kol, Wortel, kacang panjang, lobak, cabe super gede, bayem, Nangka muda (gori), Waloh, yah sudah pokoknya kaya warung sayuran berjalan gitu!!

(gw teriak) PASUKANNN SAATNYA BERAKSIIII AMBIL SAYURANNNYAA!!!!!! WUT...WUT...WUT...WUTT.. gw sambar apa saja yang ada didepan hidung gw, CIAT...CIAT... (jurus monyet kesetanan beraksi) semua orang pun akhirnya juga ikut mengambil apa saja yang berada didalam mobil berhiaskan sayuran itu.
Heehehehee alhasil dengan penuh perjuangan berebut dengan sesama penonton, tarik-tarikan, jambak-jambakan (eh jambak-jambakannya gak ada dink).

Alhasil Gw dapet 1 gulung buah kol, 1 ekor waloh super besar dan 1 unit nangka muda. Wa ha ha ha ha.. dengan penuh kemenangan hasil jarahan gw berikan ke Iswatin dkk.
Tapi naas, gw kena azabnya, baju dan celana pada lengket kena getah (pulut) dari nangka muda.

Tapi perjuangan belum berakhir sobat!!! hehehe, "masih banyak janda-janda tua, anak-anak terlantar" (lhoh kok kaya pak Zainudin).
Bakalan ada lagi mobil hias yang menyuguhkan berbagai macam sembako, HASYAH.
beberapa lama ditunggu muncullah yang ditunggu
@ mobil berhias bunga, tanaman hias, ada yang majang tanaman antorium lho lebih terkenalnya bunga gelombang cinta. "ah gak ah, terlalu gede, susah bawanya, LEWATTT"
@ Ada lagi mobil hias yang menghiasi mobilnya dengan berkantong kantong krupuk dan Balungkuwuk (keripik singkong), "ah gak mau, gak bawa bungkusnya!!"LEWATTT..!!!
@ ada juga mobil yang dihias jagung super besar, tapi pas waktu mau diambil, lengket banget, "ternyata eh ternyata jagungnya dipaku, SIALAN NIH, LEWATTTT"

Mobil hias berpatung sapi, mempromosikan susu


Mobil Hias dari Enceng Gondok


Barongsai

Yang paling spektakuler adalah penampilan dari serombongan barongsai, monyet, naga dan pawangnya berhasil memukau para penonton. gw turun ketengah jalan dan mengabadikannya, ini dia hasil video gw :


video
Video Barongsai

Pawai pun berakhir, hehehe gw berhasil mendapatkan Sayuran dengan bakat terpendam gw hehehehe, Total jarahan adalah 1 gulung buah kol, 1 ekor waloh super besar dan 1 unit nangka muda. Hasil jarahan gw kasihkan ke ADM STEKOM (Tari) karena Iswatin DKK tidak mau membawanya pulang, dan 1 buah kol diminta sama dosen gw tercinta buat masak dirumah. hehehe Asiikk besok bisa makan Kolak waloh nih dikampus.



Mbak Sweete-Tari-Iswatin

Begitulah cerita Karnaval di daerah slam, heheeh lumayan semrawut penuh dengan penjarahan. hehehe tapi tetep Asik dan Rame. Lhoh kok jadi kelupaan sama mba sweete ya? hehehe I'm Coming mba sweteee!!

Bagaimana dengan Perayaan Peringatan Hari Kemerdekaan didaerah sobat blogger masing-masing? apa juga ada Pawai Karnaval?

Susahnya Meminta Maaf

26 comments:



Terinspirasi dihari minggu kemarin tentang sulitnya mengakui kesalahan dan meminta maaf.
Yayangku yang punya sifat grusah-grusuh dan gak sabaran, doi mempersiapakan materi OPSEK di sebuah akademi keperawatan. Pagi pagi aku dimintai tolong untuk mencarikan artikel Tentang Hemiplegia (penyakit kelumpuhan).
(kesalahan pertama)

"cin, lagi OSPEK ni, bantu dong, cariin artikel heni plegia ma bikinin CV"

OK cin, aku cari di warnet kampung tetangga, mencari di mbah Google dengan kata kunci "heni plegia" dan hasilnya NIHIL..... usut punya usut ternyata malah banyak artikel dengan kata "Hemiplegia" sebuah penyakit kelumpuhan akibat dari stroke, aku print 9 lembar artikel hemiplegia dengan bahasa indonesia.

aku sms balik kasih kabar " cin, ga ada heni plegia adanya hemiplegia, km salah nulis ya? wah km ki gak merhatikan tugas"
balesan " gak tau, apa aja deh "(buru-buru kebingungan)
"OK aku tipin dirumahnya Desy ya!!!, nanti jam 1 aku anter"
"CV nya ada yg belum diisi km isi dulu pake bahasa indonesia, malemnya aku translate ke inggris"
"iya, makasih ya"

Hari minggu itu banyak acara, mulai dari rapat Reuni SMA (slam jadi ketuanya), Bantu Jaga Stand di PRPP , jadi suporter Bandnya Indri-lee The Sixth Generation, dan antar sahabat slam yang mau cari komputer di Matahari simpang lima. Acara ini memang sudah slam rencanakan 5 hari sebelumnya. Sedangkan doi baru minta bantuan tugasnya pagi itu juga. (pilih yang mana coba?)
Akhirnya slam lebih memilih melaksanakan janji dengan sobat yg sudah terencana sebelumnya, karena tidak mau dicap sebagai "pembohong dan tidak menepati janji".

Malam harinya sekitar pukul 7 malam, Lokasi masih di UNDIP PELEBURAN :
doi mengambil tugasnya

(kesalahan kedua)
"kok pake bahasa indonesia? inggirsnya mana!!!?, CVnya juga belum diisi"
"lha km jg gak bilang pake inggirs kok"
"km tuh gak bantuin aku malah dolan ma temen2!!! sebel"
"yaudah, 1 jam lg aku pulang, nanti aku buatin. km bikin indonesianya dulu"
"ah km ki, yg diperhatikan temen-temen aja, yaudah makasih!!"

Hari minggu yang melelahkan, 45 menit slam ngebut dari semarang sampai ke ungaran, mampir 30 menit di warnet dan mencari artikel hemiplegia dengan bahasa inggris.
Pukul 9.20 slam kerumah doi, dan memberikan tugas artikel.
sambutan kurang menyenangkan doi cemberut menekuk wajahnya

"assalamualaikum 2 X"
langsung ditarik kekursi dan menagih artikel serta CV
memeriksa dan melihat artikel
"kok cuma bahasa inggirisnya tok? indonesianya mana?"(kesalahan ketiga),
"Astagfirullah hal adzim" sabar slam sabar!!
"tadi kan mintanya bahasa inggiris?, gimana to kok gak pakem gitu!!"
"aku kan gak mudeng!!!, buatin ya"
akhinya slam translate ke bahasa indonsia, bukannya bikin tugas doi malah mainan hape, sms-an dengan temanya!!!! "(kesalahan keempat)
sudah cape, mata sepet, ngantuk eh malah yg dibantuin ngelunjak gini!!!

Tugas selesai slam buat dengan amburadul, tulisan ceker ayam karena dah ngantuk.

"Dah ya, aku pulang dah malem dah lebih dari jam 10 nih, jalanan angker"
"Yaudah, makasih ya, ketemu 1 bulan lagi"
"ohhh gitu ya? ya disana ati-ati ya, jangan grusah grusuh, memperhatikan semua tugas, jangan main-main terus, jangan lupa jaga kesehatan jangan tidur malem-melem(sudah kaya bapak2 ni suka nasehatin)"
"he he iya, pulangnya ati-ati ya!"
"muach muach"

POINT
Sepulangnya sudah cape, tidak ada satu pun "KATA MAAF" yang terlontar dibibirnya.
sudah salah tidak mau mengakui kesalahan, malah kekeh mempertahankan egonya, malu dan pantang untuke meminta maaf.

Meminta maaf memang tak semudah membalikan telapak tangan atau mengedipkan mata.
beberapa orang memilih untuk mempertahankan egonya daripada mengakui kesalahannya.

Meminta maaf dengan tulus itu tak mudah. Sebab, mula-mula kita perlu berdamai dengan diri sendiri, mengakui kesalahan pribadi. Mengakui kesalahan, berarti mengakui ketololan. Mengakui ketololan, bisa berarti menurunkan wibawa atau harga diri. Padahal sering kali, dalam berbagai perselisihan dan pertikaian, yang paling utama harus dibela menurut kita? ya pastilah soal harga diri dan wibawa kita.

Kita semua memang harus giat belajar meminta maaf. Meminta maaf itu meruntuhkan kesombongan diri. Hancurnya kesombongan memudahkan upaya mengenali diri sendiri. Mengenal diri sendiri berarti mengenali apa yang sejatinya kita ingini. Mengenali keinginan sejati, tentu menentramkan hati. Mudah meminta maaf semoga bisa menjadi terapi untuk senantiasa membahagiakan diri.

Pelajaran di Stasiun Tawang

6 comments:


Sabtu kemarin tanggal 1 Agustus ba'da Ashar diadakan launching Danasyariah yang pertama kali di Panti Asuhan sekaligus pesantren Ikhlasul Amal Genuk Semarang, hmmmm rasanya bahagia sekali berkumpul dan berbagi bersama anak-anak panti yang lucu.

Panti Ikhlasul Amal 15:45

Awal berkunjung Team Danasyariah disambut dengan Alunan Musik Rebana dari anak-anak panti (dung plak dung plek, trang tang tang tang) wah seperti orang penting aja nih. Ada sekitar 20 anak panti yang lucu-lucu, yang paling kecil adalah kelas 3 SD dan yang paling besar sudah duduk dibangku SMP. Anak panti memainkan rebananya dengan semangat ada yang senyum senyum karena lupa syair lagunya.


Anak Panti Ikhalasul Amal

Ada adek kecil yang masih kelas 3 SMP memakai baju koko yang kedodoran menyanyikan lagu memakai bahasa Arab yang bener gw gak mudeng, tapi suaranya benar benar dahsyat. Acara Lauching pun dimulai dengan pembukaan bacaan Hamdalah oleh pembawa acara, berlanjut dengan bacaan salah satu ayat dalam kitab suci Al Quran. Seorang anak dipanggil Untuk membacakannya, wajahnya bersih tapi kulitnya gosong mungkin karna sering bermain diterik matahari, Adek yang mungkin duduk di kelas 6 SD itu Memulai dengan bacaan bismillah, kemudian dengan tenang dan penuh percaya diri adek membaca Al Quran. Audzubillahiminassyaiton nirrojimm.......

Aku tersentuh, badan ini gematar.... tak mampu berucap, anak sekecil itu sudah bisa membaca Al Quran dengan Fasih dan Merdu. Aku malu, ya betul, Malu kepada yg diatas, karena sering melupakan kitabnya. Malah lebih sering membaca Berita Kriminal dan melihat sinetron yang tidak mendidik.

Kebanyakan anak dipanti berasal dari Demak dan purwodadi yang sudah Yatim, Yatim Piatu dan ada yang memang dititipkan karena tidak mampu mengurusnya, sungguh malang nasib mereka.
Tapi dari tatapan matanya tersirat kegembiraan, kebersamaan dan keikhlasan menjalani hidup ini walaupun dengan keadaan yang kekurangan di panti.

Acara demi acara dilalui, mulai dari sambutan Pendiri Dana Syariah Brian Yunendar, Ketua dan Pengurus panti Asuhan Ikhlasul Amal, serta dua Bapak ustadz yang datang dari jauh, yaitu dari Bandung dan Tasik malaya menyempatkan diri hanya untuk ikut bergabung dengan ikhlas membatu dipanti ini. (terimakasih untuk kedua bapak ustadz).

Kini saatnya istirahat, semua anak dibagikan bungkusan berisi makanan sederhana. Cuma berisi nasi, Ayam bakar, sambal dan lalapan. Seluruh anak dengan semangat menyantap makanannya. Aku ikut bergabung ditengah-tengah anak panti, penuh tawa dan ada pula yang terburu-buru memakan nasinya,
aku : "santai aja dek, nih punya kakak masih banyak kok" aku menyapa adek yang berada disebelah kiriku
adek : Dan dia cuma menjawab "hehe, hampir habis kak"
aku : "ni buat kamu" aku sodorkan bungkuksanku
adek : dengan senyum dengan mata menutup "sampun kak, makasih udah kenyang hehe"

Adek itu langsung mengambil Minuman digelas plastik, dan aku teruskan makan karena aku memang juga lapar, dari pagi belum makan.

1 jam kemudian acara berakhir dan mengucapkan salam serta saling berjabat tangan, kita naik mobil dan melambaikan tangan, anak-anak panti melambaikan tangannya menghantar kepulangan kami dengan penuh senyum dan kegembiraan. Hmmmm semoga mereka bisa menjadi anak yang berguna kelak Amieennn.

============
Stasiun Tawang 18.15

Sepulangnya kita bertiga, Aku, Brian dan kekasihnya Tria menghantarkan tamu dari bandung dan tasik untuk membeli tiket kereta di Stasiun Tawang Semarang dekat dengan kota lama. Malam minggu itu Listrik sedang padam dari PLN, sehingga harus menunggu hingga Listrik hidup kembali dan system komputer di Stasiun kembali Lancar.

Terdengar dari Microfon diatas pintu tiket :
"Mohon maaf atas ketidak nyamanannya, karena ada pamadaman listrik maka dari pihak stasiun tawang belum bisa Melayani pembelian Tiket, dan akan dilanjutkan setelah sistem kembali normal"


PenJual tiket dengan sabar melayani

Itu berarti kita harus menunggu hingga pelayanan Tiket dibuka lagi, sekitar 1 setengah jam kita menunggu di lobi, tempat pembelian tiket. Duduk dan lesehan di lantai stasiun karena tidak ada tempat duduk. Banyak sekali Calon pembeli tiket yang berdesakan mengantri di locket.


Kakek Penjual Koran

Aku melihat seorang kakek yang sudah renta, punggungnya bungkuk, wajahnya keriput, memakai peci warna hitam dan membawa setumpuk Koran diampit sebelah tangan kirinya. Kakek itu memakai seragam Merah Biru bertuliskan dipunggunya "KOMPAS, ASONGAN SURAT KABAR 042 TAWANG".

Kakek itu mondar-mandir menawarkan korannya hampir kesemua orang yang lewat disampingnya, tidak luput juga aku ditawarinya, "Bola-bola mas, baru", "Bola mas, baru" berulang kali kakek itu manawarkan kepengunjung yang lalu lalang dengan suara yang halus tapi masih terdengar jelas. Tidak ada raut kesal kepada pengunjung karena tidak membeli korannya, dia tetap tersenyum dan beberapa kali tertawa, mondar-mandir dari pertama aku masuk Locket hingga saatnya pulang.

Yang aku heran, Aku tidak pernah melihat kakek itu duduk atau bersandar, dia tetap menawarkan kesemua orang yang hingga larut malam pukul 8 malam. sedangkan aku dari tadi sudah mondar mandir mencari tempat duduk, dan beberapa kali jongkok bersama Brian dan Tria.

Bersemangat sekali kakek itu, dengan senyum terus menawarkan korannya. Aku jadi terbayang dengan wajah tua Bapakku, ada pertanyaan dihatiku :
"apakah kakek itu masi mempunyai keluarga?"
"Kalau masih ada, kemana?"
Setua itu masih bekerja hingga larut malam?

Aku terus memperhatikannya menawarkan koran, mondar-mandir, tertawa dan tersenyum kepada pengunjung"

Akhirnya Listik hidup, Saudara kami dari Bandung dan Tasik pun mendapatkan tiket dan langsung menunggu kedatangan Kereta api.

===============

Hari itu aku mendapatkan banyak sekali pelajaran dari Anak-anak panti dan Seorang kakek yang selalu bersemangat.
Aku diajarkan untuk selalu mensyukuri dengan apa yang telah Tuhan Berikan kepadaku, Kebersamaan, keluarga, teman dan saudara, dan aku baru menyadari betapa indahnya kebersamaan. Aku harus bersyukur masih mempunyai Saudara dan sahabat disekelilingku.

Aku hanya ingin berharap bila suatu saat nanti aku meninggal, banyak sahabat, kerabat, dan saudara yang mengenang serta menangisi katas epergianku. dan semoga tidak ada yang tertawa atas kepergianku.

Untuk teman, sahabat, dan saudaraku, bila Slam Ada salah-salah baik yang disengaja maupun tidak, Slam Mohon maaf dengan penuh keikhlasan. Amieennn



Link Inspirasi yang lain: