Ayam & Bebek Goreng Paling Enak di Ungaran

Thursday, November 08, 2018


"Mas, warung makan yang enak di Ungaran di mana ya?" Tanya teman dari Salatiga. Duh, sudah malam gini, warung pecel dan soto pasti sudah pada kukutan. Jadi mikir keras buat kasih rekomendasi tempat makannya, kasihan ada tamu jauh. "Kalau jam segini paling bisa diandalkan ya cafe atau ayam goreng. Pating tlecek di ungaran" jelas saya.

Untung cuma tanya "yang enak", dan tidak ditambah buntut tempatnya asyik, instagramable, cozy, nyaman, free wifi, ada live band, lesehan, dan Murah. Saya bisa migren seketika. Tapi kalau udah perkara perut lapar stadium akhir, yang paling utama sepertinya perut dan indera perasa di lidah, soal tempat nomor sekian lah.

Nah, bagi yang lagi di Ungaran lalu menderita penyakit lapar kronis menular dan mencari Ayam atau penyetan untuk menjinakkan ular anaconda yang ada di perut, bisa mampir di warung ayam goreng dan bebek goreng rekomendasi dari saya ini. Sebenarnya ada bayak warung penyetan di Ungaran, puluhan malah. Tapi, saya kasih 5 yang enak menurut versi lidah saya, dan tentu saja harga masih aman di kantong. Monggo dicicipi:

1. Ayam Goreng Pak Ndut Ungaran


Saya sudah sering mampir ke Pak Ndut, ukuran ayamnya monthok, empuk dan cita rasanya pas di lidah saya. Untuk sambalnya saya lebih suka yang sambel ijo yang tidak begitu pedas, karena yang sambal bawangnya termasuk nampar-nampar di lidah saya. Yang istimewa di sini ada beberapa menu seperti Ayam remuk di atas, di mana ayamnya sudah tidak berbentuk utuh lagi, Seperti sudah disuwir-suwir dan digoreng. Jadi tinggal makan saja tanpa takut kesogok sama tulangnya. Walaupun begitu, saya tetap suka dada yang masih utuh, please jangan diremuk.

Suasanya nyaman dengan bentuk joglo, ada kursi, ada lesehan dan juga ada ruangan untuk meeting banyak orang, biasanya kalau pas buka puasa rame banget. Selain aneka ayam dan bebek, saya juga suka dengan Wedang beras kencurnya, anget nikmat. Untuk makan berdua total kerusakan gak sampai 60ribu untuk dua orang.

Lokasi : Jalan Diponegoro No.273, Gedanganak, Ungaran
Harga : 18-25ribu/porsi

2. Aneka Ayam Gepuk dan Penyet

Rupaya orang ungaran sangat gemar dengan yang digeprek-geprek dan penyet, ada banyak pilihan yang cukup memanjakan kantong. Salah satunya ada di Ayam Geprek Bang Jho, Jl. Moh Yamin. di Belakang pasar Bandarjo. Dengan uang 10ribu, kamu bisa milih ayam yang mau dimangsa, dapat teh panas segentong, lalapan dan sambal terserah berapapun lomboknya sesuai permintaan dan tingkat kepedasannya.

Yang di dekat Undaris ada warung namanya Ayam Goreng Tiga Sambal, ini juga salah satu favorit saya, selain ayamnya besar, banyak pilihan paket, dari sayap, paha, sampai dada, juga suka karena ada tempe dan tahu bakso, masih ditambah kremesan renyah. Lalapan, sambal dan nasinya ambil sendiri sepuasnya.

3. Nasi Uduk & Ayam Goreng Pasar Bandarjo


Bagi penggemar nasi uduk, bisa mencoba warung ayam kaki lima ini, karena saya belum tahu lagi ada penyetan yang menyediakan nasi uduk selain di sini. Untuk ukuran ayamnya pas lah, tidak kecil juga tidak besar banget.

Yang istimewa selain nasi uduk, juga ada kremesnya yang langsung digoreng bersama dengan ayamnya. Jadi bukan cuma taburan saja. Biasanya kremesnya habis duluan sebelum daging ayamnya digigit. Masih ada tempe, tahu, dan rempela ati juga suka. Untuk sambelnya pakai sambal tomat.

Makan di sini untuk dua orang paling mentok cuma habis 35ribu.
Lokasi : (pasar Bandarjo) Jl. Tunggorono.  sekitar 150 meter dari jalan raya, buka lapaknya di depan Jamu Jago
Jam buka : 5 sore sampe malam. biasanya jam 9an sudah habis.

4. Ayam Goreng Lamongan

Dinasti ayam goreng lamongan ini sudah menjamur di ungaran, tiap jarak 500 meter pasti ada warungnya dengan ciri khas gerobag, tenda terpal biru dan menu berupa lukisan ayam, bebek, burung dara dan lele. Pasti sudah pada hafal dengan aroma dan rasa sambelnya kan? Sepanjang jalan gapura selamat datang sampai dadah-dadah sampai jumpat ada banyak, pilih saja. Tapi yang sering jadi langganan pas kuliah, yaitu di sekitaran Alun-alun ungaran, ada buwanyak pilihannya.

5. Ayam & Bebek Goreng Martien



Ini dia salah satu warung ayam goreng yang melegenda di Ungaran. Yang awalnya berupa tenda di depan pasar Bandarjo hingga kini punya outlet sendiri di jalan Gatot Subroto, kanan jalan menuju terminal sisemut.

Yang paling saya suka adalah sambelnya, gurih, sedap, dan gak begitu pedas buat saya. Pernah ngintip proses bikin sambelnya. Sepertinya resep rahasianya ada di jumlah brambangnya. Untuk bebeknya sendiri ukurannya termasuk jumbo, harganya juga ikutan jumbo. Untuk rasanya gurih namun sedikit berbeda dari yang dahulu, terasa lebih garing. Sambelnya paling top, tidak ada duanya pokoknya.

Lokasi : Jl. Gatot Subroto No.77, Krajan, Bandarjo, Ungaran
Harga : 15-30ribu

Nah, semoga membantu buat yang lagi nyari referensi warung Ayam dan Bebek goreng yang enak di Ungaran. Silakan langsung cicipi sendiri sesuai selera masing-masing.


You Might Also Like

3 komentar

  1. bikin laper, n ngiler secara bersamaan,,, wkwkwkwkkwkwk sekali tempo kasih referensi cafe seputar ungaran yg asik buat kencan atau pun buat yg sendirian dong

    ReplyDelete
  2. duh ngelek idu ki mas. aku seneng banget sama bebek goreng soalnya dan jarang makan menu ini kalo ke ungaran

    ReplyDelete

Followers

MEMBER OF

Loenpia.net

Statistik

Blog