Pengalaman memakai Xiaomi Remote Control Wireless Shutter

Wednesday, December 27, 2017

xiaomi-yi-remote-control

Sudah fasih memakai Action Cam Xiaomi Yi?
Pasti sudah khatam juga dong bagaimana cara selfie memakai timer? Oke. Kalau sudah khatam kita lanjutin bacanya. Lalu, punya pengalaman nyebelin gak, ketika motret tapi hasilnya gak sesuai dengan apa yang diinginkan? misalkan posisi tidak sesuai di komposisi, obyek blur, pose dan ekspresinya tidak pas, jelek. Nah kalau sudah begitu biasanya foto ulang bukan?

Kalau tidak bagusnya cuma sekali mah enteng, berarti fotonya cuma dua kali. Beda cerita kalau lagi ketiban apes. Misalkan lima kali motret, dan kelima-limanya tidak ada yang pas. Rasanya pengen banting kamera.


Untuk dapat moment di foto lari, ada baiknya pakai timelapse mode atau burst mode. Tetapi pinter-pinternya kita untuk sinkronisasi dan menyesuaikan irama dengan shutter kamera. Namun ada harga yang harus dibayar ketika memakai mode burst dan timelapse, kualitas dan ketajaman foto harus dikorbankan. Kadang ada bagian foto yang blur dan kurang tajam. Jadi, foto dengan timer sekali jepret akan tetap jadi andalan untuk dapat foto yang lebih tajam ketimbang kedua mode tadi.


Seperti foto lari pagi atas. Coba bayangkan, dengan jarak seperti itu, kalau foto bolak-balik 5 kali, kira-kira sudah dapat 200 meter. Energi buat lari bocor dengan percuma gara-gara gagal foto doang. Untungnya ada handphone yang berfungsi sebagai remote. Jadi di foto tersebut cukup 2 kali take.

Xiaomi Remote Control Wireless Shutter

Oke sudah cukup intronya. Jadi kali ini saya mau  bebagi pengalaman memakai Xiaomi Remote Control Wireless Shutter, yaitu remote tombol shutter untuk yicam. Yang kemudian saya sebut saja "XiaoYi_RC" biar ringkes. Saya beli pas ada diskonan seharga 93ribu. Spek dan foto sudah banyak di google.

Memang sih, sudah ada aplikasi di smartphone untuk  pengaturan kamera yang juga befungsi sebagai remote control, sangat membantu sekali. Tapi, baru-baru ini saya pakai XiaoYi_RC sebagai penggantinya. Sebagai alternatif pengganti aplikasi di android. Bentuknya mungil dan nyaman dalam genggaman.



Dengan XiaoYi_RC ini, saya gak perlu ngeluarin hape untuk connect ke yicam dan tidak perlu ribet bolak balik pencet tombol shutter yicam untuk shoot photo dan video. Selain untuk yicam, remote mungil ini juga bisa digunakan untuk remote kamera smartphone lho. Namun, tidak bisa memindah fungsi dari foto ke video dan sebaliknya, fungsinya hanya menekan tombol shutter saja jika dipakai di smartphone.

Pengaturan XiaoYi_RC ke Action Cam.

Nah, yang sudah punya remotenya. Gampang kok pengaturan untuk seeting koneksi ke yicam dan smartphone. Berikut tipsnya;
1. Nyalakan power Xiaomi Yi
2. Tunggu sampai lampu tombol wifi menyala.
3. Double klik tombol wifi Yi Cam (akan terdengan suara bip sekali), sambil  memencet tombol remote yang ada lampu LED nya.
4. Tunggu sampai lampu LED pada tombol remote berubah  dari merah menjadi biru. Kalau sudah biru, itu berarti sudah terhubung dengan perangkat Xiaomi Yi.
5. Test remote. Gunakan untuk tombol shutter, dan coba untuk ubah mode foto atau video.

Pengaturan XiaoYi_RC ke Smartphone

Remote XiaoYi_RC ini juga bisa untuk shutter smartphone dengan koneksi bluetooth. Berikut Pengaturan Remote Wireless untuk Smartphone:
1. Aktifkan bluetooth smartphone
2. Cari perangkat remote. Nama defaultnya (XoaYi_RC)
3. Pairing, Sambungkan perangkat, untuk verivikasi cuma butuh memencet tombol shutter saja.
4. Remote akan berkedip warna biru 3 kali jika sudah terkoneksi.

Berapa maksimal jarak jangkauan remote ke Smartphone?

Tergantung kondisi lokasi dan kekuatan jangkauan bluetooth dari smartphone. Ketika saya pairing ke Xiomi Mi5, dengan kondisi tanpa penghalang, jarak 30 meter masih bisa berfungsi baik. Lalu ketika saya test dengan penghalang berupa almari kayu, maksimal cuma 24 meter saja.

Berapa maksimal jarak Jangkauan remote jika koneksi ke Xiaomi Yi?

Jujur saya baru 2 kali mencoba untuk jarak dekat. Sialnya, nasib buruk menimpa Yi Cam saya, tiba tiba modiyar... alhmarhum! mati tidak bisa dihidupkan. Eitsss, tunggu. Dugaan sementara penyebab kematian YiCam saya adalah karena rembesan air dari waterproof yang gagal fungsi. Air merembes dari seal berupa busa yang menempel di kaca depan waterproof. Soal embun bisa lah diatasi, kalau rembesan belum nemu gimana cara ngakalinnya.


Conclusion

Remote Control Wereless Xiaomi Yi ini mungil, simple dan nyaman dalam genggaman. Pengaturan pairingnya pun mudah, bisa untuk Action Cam dan Smartphone. Saya lebih banyak memakainya untuk smartphone ketimbang Yi Cam. Jujur nih, pengaturan koneksi memakai smartphone lebih nyaman karena ada live previewnya. Tapi dengan memakai XiaoYi_RC ini tombol shutter ada di genggaman kita, bebas semaunya kapan mau dipencet, dan mengurangi goncangan ketika menekan tombol secara langsung.

Kekurangannya cuma satu sih, tidak ada tombol power untuk mematikan remote, jadi kondisinya selalu ON. Untuk menghemat baterai ya cuma ada 1 cara. Copot baterai.


@Slamsr
2017DES27

You Might Also Like

4 komentar

  1. Lha kameranya udah bisa belum Mas?
    Belum punya camera xiaomi, namun untuk DSLR sangat bermanfaat kalau pakai remot, terutama saat ngabil gambar dengan speed rendah biar gak goyang goyang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yicam kayanya pensiun. Lagi wacana beli gantinya
      mengurangi goyang dan selfie pun makin expert

      Delete
    2. Ganti, mirrorless Mas apa masih tetep actioncam ?

      Delete
    3. pengene sih SLR sekalian... sekalian belajar

      Delete

Followers

MEMBER OF

Loenpia.net

Statistik

Blog