Review Avast Anti-Theft, Aplikasi Keamanan Handphone

Monday, August 22, 2016


Ngomong-ngomong soal kehilangan handphone, saya jadi teringat jaman dulu, ketika masih pakai handphone jadul, jaringan masih 3G, kamera 2MP, dan tidak ada GPS. Kejadiannya di rumah empat tahun silam, tengah malam, pintu terbuka lebar. Anehnya, hal pertama yang saya lakukan ketika sadar bahwa ada yang hilang adalah ucek-ucek mata, grepe-grepe handphone (handphone tidak ketemu), nutup pintu, lalu tidur lagi. Rasanya biasa saja. Namun, keesokan harinya baru geger nyari hapenya. Tapi alhamdulilah bisa ketemu dengan cara ajaib.

Ceritanya baca di sini : Tips Melacak Kehilangan Handphone

Ceritanya bakal berbeda jika handphone android yang sekarang saya pakai ini hilang, saya bisa pingsan. Sebab selain mustahil untuk ditemukan kembali secara utuh, di dalamnya terdapat foto, video, kenangan manis dan data pribadi yang sangat berharga jika sampai hilang atau disalahgunakan. Saya tidak akan rela 7 hari 7 malam jika harus mengikhlaskannya untuk dirawat maling yang durjana.


AVAST Anti-Theft

Maka dari itu, untuk mengantisipasi kehilangan atau kecurian handphone, ada baiknya pakai Avast Anti-Theft. Dimana memungkinkan pengguna untuk menemukan lokasi, mengunci, menghapus, dan bahkan membunyikan alarm pada ponsel yang hilang atau dicuri dari perangkat mobile lain atau desktop manapun.

Apabila ponsel dicuri atau hilang, pengguna cukup mengirim perintah short message service (SMS) ke ponselnya yang hilang tersebut atau mengunduh Avast Anti-Theft secara gratis pada perangkat Android lainnya untuk mengirim perintah jarak jauh. Dengan perintah tersebut, yang bisa juga dikirim melalui internet melalui akun Avast, pengguna akan mendapatkan akses penuh kesemua fitur yang disediakan oleh Avast Anti-Theft.

Semua fitur tersebut pada awalnya hanya tersedia bagi para pengguna premium, namun kini telah tersedia secara gratis, diantaranya Fitur Theftie - memiliki kemampuan untuk memotret wajah maling yang mencuri ponselnya, Sound Recording - untuk merekam suara sekitar pencuri sehingga dapat menentukan keberadaan ponselnya. Kedua fitur tersebut dapat memberikan petunjuk penting dalam menemukan perangkat yang hilang atau dicuri dan mengembalikannya ke pemilik yang sah.

Selayaknya aplikasi keamanan android, terdapat Avast Anti-Theft versi web sebagai kontrol jarak jauh, tentunya dengan akun avast yang bisa dibuka di alamat https://my.avast.com/. Selain menemukan lokasi perangkat yang hilang, pengguna dapat menghapus semua data (Wipe) untuk berjaga-jaga seandainya perangkat tidak bisa ditemukan. Ada begitu banyak informasi berharga dalam ponsel, dari foto sampai video, atau bahkan informasi akun bank, sehingga pengguna seyogyanya dapat menghapus konten di ponsel mereka yang hilang atau datanya bisa saja jatuh ke tangan yang salah.

Pengaturan awal Avast Anti-Theft

Review Avast Anti Theft

Pada awal instalasi, kamu akan melewati 3 langkah :
  1. SMS Control, memasukan nomor handphone yang digunakan untuk membuka aplikasi dan meremote via SMS.
  2. Web Control, menyambungkan aplikasi di handphone via web di alamat my.avast.com
  3. Allow Persimissions, dimana kita menyetujui untuk memberikan ijin kontrol penuh terhadap handphone
Sesimple itu instalasinya. Namun, untuk lebih aman kita harus mengatur Set up advanced features. Di sini adalah kontrol utama untuk mengatur dan mengaktifkan fungsi keamanan, mengatur SMS report dan petunjuknya, Kemanan SIM jika diganti, Mengaktifkan fungsi Penguncian dan sirine. Aktifkan saja semuanya. Yang perlu dipelajari lebih lanjut adalah pengaturan yang di web, supaya bila handphone benar-benar dicuri, tidak bingung untuk pengaturannya. Lajut baca ke bawah!

User Interface di Web control Avast Anti-Theft

Di web control kamu akan diberikan 5 menu utama, Yaitu Locate intuk melacak lokasi hape, Mark as Lost untuk menandai hape telah hilang, Forwarding untuk mengalhikan panggilan dan SMS ke nomor lain, Siren untuk membunyikan alarm dan Lock untuk mengunci handphone. Dari kelima fitur tersebut, kamu cukup mengkatifkan "Mark as Lost," dan otomatis 3 fitur lainnya akan ikut aktif.

"This phone has been lost or stolen," Salah satu fitur dari Avast berupa alarm ini sudah seperti sirine mobil ambulance saja, suaranya kencang memekakan telinga,  dan akan bertambah kencang ketika coba dipelankan suaranya. Suaranya lebih kencang dari bentakan debt collector menagih hutang. Teman dalam satu ruangan kantor langsung menoleh ke sumber suara ketika saya mencoba-coba sirinenya. Sial, saya dikira jadi penadah barang curian.


"Mark as Lost" dengan mengaktifkan fitur tersebut, maka dengan otomatis akan mengaktifkan 3 fitur keamanan yang lain, malai melacak lokasi, membunyikan sirine dan mengunci handphone. 3 menu tersebut akan berubah warna menjadi hijau. Bila yakin hape anda dicuri, langsung aktifkan saja fitur Mark as Lost ini. Jangan tunggu lama-lama!

Lalu Bagaimana Jika Internet mati?

Gunakan Call and SMS Features - jika kondisi internet mati, cukup kirimkan SMS saja ke nomor handphone yang hilang. Cara ini sangat berguna bila internet dimatikan atau tidak menyambung ke wifi. Karena biasanya ketika hape dicuri oleh pencuri kawakan, pasti hape akan langsung dimatikan. Kamu juga bisa menentukan nomor mana saja yang dapat mengirmkan SMS ke hape supaya lebih aman. hanya saja fitur ini bisa digunakan bila android kamu sudah root. Berikut bentuk perintah di SMS.

Format SMS Avast Anti-Theft

Bagaimana Jika SIM card dicopot dan diganti? 

Nah, ini lebih mudah lagi. Ketika SIM yang sudah terdaftar Avast dicopot dan diganti dengan SIM lain yang belum terdaftar, maka otomatis hape akan masuk ke mode "Lost", layar akan terkunci, sirine berbunyi nyaring "This phone has been lost or stolen," dan mulai mencari lokasi hape. Avast langsung memblokir task manager dan home screen, notifikasi bar juga tidak bisa dibuka. Jadi mampu mencegah pencuri yang ingin mengubah menjadi Plane Mode dan mengubah apapaun dari hape. Yang bisa dilakukan pencuri hanya mematikannya saja, menekan tombol power atau mencopot baterai.

CONCLUSION
Avast cukup detil dalam mengembangkan fitur pelacak lokasi. Kamu dapat memilih seberapa sering hape melaporkan lokasi hape. Kemudian bila baterai mulai habis, Avast akan mengirimkan SMS peringatan sebelum kehabisan daya, sinyal akan diturunkan dan memberitahukan tempat terakhir hape aktif sebelum baterai benar benar habis dan mati. Untuk tampilan antarmuka di layar android cukup simple. Menu tambahan seperti Record Audio, Take Picture dan Get Data lancar digunakan, namun untuk pengambilan foto kurang begitu jelas jika di dalam ruangan. Hanya fitur Wipe saja yang belum saya coba, misalkan beneran kehapus datanya, saya bisa pingsan beneran. File instalasi juga lebih kecil dan stabil, hanya 7.77MB saja, tidak terasa berat untuk hape dengan RAM 2GB. Setidaknya, dengan Avast Anti-theft, saya akan merasa lebih aman bila handphone hilang atau dicuri.

Avast Anti-Theft tersedia untuk sistem operasi Android dan dapat diunduh secara gratis di https://www.avast.com/en-us/anti-theft

You Might Also Like

3 komentar

  1. lumayan ya... bisa bikin lebih aman...
    tapi kalau dimatikan lalu direset ya wassalam, tapi data aman

    ReplyDelete
  2. Cukup kagum untuk fitur-fitur anti-theft pada kondisi handphone diganti simcard dan internet mati. Biasanya saya beranggapan aplikasi anti-theft begini kurang berguna karena pasti handphone yang dicuri langsung dimatikan. Tapi sepertinya ini boleh dicoba

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bro, dicoba dan dipakai. sebagai aplikasi pengaman tambahan. supaya lebih aman

      Delete

Followers

Find us on Facebook

Loenpia.net

ID Corners

Statistik

Blog