Serba-Serbi Wisata Lintas Alam ala Magelang

Tuesday, May 17, 2016

Hai kamu... Iya, Kamu! Gaya wisata seperti apa sih yang kamu suka atau yang belum pernah kamu lakukan sampai saat ini? Sudah pernah rafting menunggangi buaya di sungai Blondo? atau naik burung merpati raksasa di bukit menoreh? Hmmm... belum kan?

Kalau kamu ingin liburan yang berkesan, menyenangkan sekaligus menyehatkan, kamu wajib mampir ke Magelang. Masih banyak tempat menarik yang bisa kamu singgahi selain Gereja Merpati yang lagi ngehits gara gara Rangga Cinta di film AADC2 dan salah satu situs warisan dunia UNESCO yaitu Candi Borobudur. Mungkin Kita bisa singgah beberapa hari di hotel atau penginapan yang dekat dengan lokasi wisata dengan pemandangan yang sangat indah. Tapi rasanya kurang greget ya? berasa kurang menarik kalau liburan cuma menghibur jiwa, sedangkan raga ini masih dahaga, butuh olahraga. Ibaratnya sekali dayung, dua, tiga pulau terlampaui. Magelang adalah pilihan tepat untuk liburan kamu saat ini.

Calling for all Runners! and Rangers with short pants!

Buat kamu yang hobi banget mendaki atau lari, Mesastila Challenge & Ultra bisa jadi poin prioritas di jadwal liburan kamu menjelang akhir tahun ini. Seperti tahun-tahun sebelumnya, kota Magelang jadi tempat ajang kompetisi lari lintas alam atau trail running. Mesastila Challenge & Ultra tahun 2016 sudah dipublikasikan dan sudah dibuka pendaftaran. Selain sebagai ajang komipetisi tingkat internasional, kompetisi ini juga merupakan salah satu lomba lari di Indonesia yang resmi berada dalam rangkaian Asia Trail Master. Keren gak tuh?

Ajang kompetisi ini sangat penting sebagai langkah awal dari rangkaian tahapan yang harus dilewati sebelum dilakukan pengundian qualifiying race poin yang terkumpul untuk dapat mengikuti Ultra Trail Du Mont Blanc(UTMB) di Prancis. UTMB ini sebagai lomba ultra trail run bergengsi tingkat dunia. Namun tidak jadi masalah jika kamu benar-benar tidak sepenuhnya berambsisi memenangkan kompetisi, hanya ingin menikmati sensasi wisata alam nan cantik di sepanjang rute seperti Merapi, Merbabu dan jajaran pegunungan indah lainnya sambil menambah pengalaman dan kenalan baru dari berbagai belahan dunia. Just for having fun.



Sumber: Dhave

Jika kamu belum pernah mengikuti wisata alam ala Magelang seperti Mesastila Challenge & Ultra yang akan diselenggarakan tanggal 8 sampai dengan 9 Oktober tahun 2016 ini, ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan. Meskipun saya bukanlah atlet atau pelatih mahir yang sangat berpengalaman, tapi setidaknya saya adalah peminat yang amat sangat bersemangat, jadi mari saling berbagi. Berikut ini beberapa poin penting yang perlu diperhatikan yang saya dapatkan dari berbagai sumber:

1. Pahami Ketentuan dan Peraturan Lomba

Ada beberapa ketentuan lomba yang diterapkan. Pastikan kita memenuhi persyaratan dan cukup mampu mengatasi dan mengantisipasi segala kemungkinan yang bisa terjadi saat pertandingan berlangsung. Acara rutin kompetisi lari seperti Mesastila Challenge & Ultra ini tidak terlalu berbeda di setiap tahunnya. Ada beberapa kategori trail run yang diterapkan penyelenggara di tahun ini, antara lain:
  • MesaStila Trail Run jarak 11 km dan 465 m, waktu tempuh 3 jam
  • MesaStila Trail Run jarak 21 km dan 525 m,waktu tempuh 6 jam
  • MesaStila Trail Run jarak 42 km dan 2640 m,waktu tempuh 12 jam
  • MesaStila Trail Run jarak 65 km dan 483 m, waktu tempuh 18 jam
  • MesaStila Trail Run jarak 100 km dan 7758 m,waktu tempuh 32 jam

Jangan bayangkan seberapa jauh jarak tempuh atau seberapa tinggi rute yang akan kita lalui dengan batasan waktu yang minim, kalau kita belum cukup nyali kita hanya akan berpikir mundur sebelum bertanding. Jadi gak ada salahnya memahami segala kategori dalam pertandingan ini. Kalau kita masih sebagai peserta pemula, pastikan kita memilih kategori trail run yang tidak terlalu berat dengan jarak paling pendek yaitu 11 km. Saya juga pengennya 11 km dulu hihihi.  Kalau kamu pilih mana, Runners?

2. Siapkan Mental, Spiritual dan Fisik

Kekuatan mental dan fisik sangat diperlukan baik sebelum maupun saat pertandingan. Persiapkan diri untuk persiapan latihan, nutrisi, dan tekhnik yang tepat. Fokuskan diri untuk latihan dan mengurangi segala kegiatan yang akan menguras banyak tenaga menjelang hari pertandingan. Biasakan tubuh untuk tidur cukup dan mengkonsumsi banyak makanan bergizi dan cukup nutrisi, ini sangat penting untuk menjaga stamina dan menampung kekuatan otot dan daya tahan tubuh kita.

Latihan otot dasar, latihan pernafasan, interval, tempo lari, latihan lari jarak jauh dan kecepatan juga perlu diperhatikan dan dilakukan. Tentukan target latihan agar sebisa mungkin tubuh sudah menyesuaikan dengan ritme kekuatan otot saat pertandingan.

Jika beberapa persiapan fisik sudah dilakukan, tentu akan menambah kekuatan mental agar selalu optimis. Kita bisa melihat juga prestasi sebelumnya, pemenang untuk kategori wanita dengan race 13 K dimenangkan oleh 2 peserta bernama Rieke Febrianti, 12 tahun sebagai pemenang dan Nurul 13 tahun diurutan kedua, ada juga Mila Marlina, satu-satunya peserta wanita kategori 100 K yang berhasil sebagai finisher bersama 9 pelari lainnya dalam MCU 2015. Jadi usia dan gender bukan lah faktor penentu kemenangan. Jadi tetaplah berpikir positif dan optimistis. Dan yang terpenting jangan lupa sertakan selalu doa dalam setiap aktivitas kita agar memberi manfaat dan keberkahan.

3. Pelajari Rute

Mempelajari rute sangat diperlukan untuk dapat mengenali kondisi fisik medan perlombaan secara nyata seperti jalanan, tanjakan dan turunan serta belokan. Memahami rute dapat membantu kita untuk lebih mempercepat gerakan lari dan mengurangi segala resiko yang akan timbulselain itu juga dapat mempersingkat waktu tempuh sehingga lebih efisien.

Seperti halnya pada ketentuan lari di rute 21 K dan 11 K, start akan berlangsung dari stasiun Ambarawa menuju Bedono, dengan jalur mengikuti rel kereta api yang bersejarah, melintasi jalur lintas alam, beberapa bukit kecil, jalanan setapak, hutan, pedesaan, perkebunan, sawah dan pemandangan indah di sepanjang rute termasuk keindahan Gunung Merapi dan Merbabu. Sedangkan untuk kategori Rute Ultra Trail Run 100 K dan 65 K akan melewati beberapa gunung, yaitu gunung Andong, Merbabu, Merapi, Telomoyo dan gunung Gilipetung.


Sumber: jelajahrumputilalang

4. Pahami Tekhnik dan Cara Berlari

Bahas soal Tekhnik, saya tidak bisa menerangkan lebih lanjut karena pace saja masih bleweran. Tanyakan saja ahlinya seperti Mas Imam Santosa atau Mbak Kristin dari Semarang Runners. Hanya saja sebagian besar atlet lari melakukan beberapa kali latihan secara serius dengan menerapkan tekhnik mendasar ini, seperti melakukan start yang tepat, lakukan ritme/interval yang tepat untuk mengurangi membuang energi secara berlebihan di awal waktu.

5. Perhatikan Perbekalan

Selain perbekalan alat yang telah ditentukan panitia dan bekal utama air putih secukupnya, bawalah gula dan karbohidrat lain untuk tambahan gula darah dan agar tenaga tetap terjaga. Sebagai tambahan, bawa juga sedikit garam untuk menjaga ion tubuh saat berlari dan mengurangi dehidrasi.

6. Perhatikan Faktor Pendukung Persiapan.

Saat mendekati hari berlangsungnya kompetisi, harus kita siapkan pula transportasi dan akomodasi yang memadai. Rute Magelang bisa dicapai melalui Bandara Adisucipto di Yogyakarta dengan mobil travel dan bus (bus umum/damri) atau bisa juga menggunakan jalur kereta api. Sedangkan akomodasi, banyak tersedia hotel dan penginapan di lokasi ini. Kamu bisa cek di Traveloka.com. Jika kita sekalian melakukan reservasi di hotel Mesastila, ada beberapa paket harga promo yang ditawarkan pihak hotel khusus untuk perhelatan ini. Jadi jangan lewatkan kesempatan ini, pendaftaran sudah dimulai lho, dan khusus untuk periode pendaftaran awal akan dikenakan harga spesial untuk para peserta lomba.

Berlari adalah hal sederhana yang bisa dilakukan oleh setiap orang, tetapi dari hal yang sederhana ini bisa membawa perubahan positif. Apalagi lomba lari dengan ultra trail ini, bisa membawa kita terus memacu inner power, kekuatan fisik dan sekaligus pengalaman menikmati sensasi penjelajah wisata alam yang tak tergantikan. Seperti apa yang dikatakan Zig Ziglar, “apa yang kau lakukan hari ini bisa mengubah semua esok dalam hidupmu.” Jadi mantapkan hatimu segera untuk mengikuti acara ini ya.

Selamat Liburan Sehat!!

You Might Also Like

14 komentar

  1. Di update lagi nanti waktu lombanya ya...

    ReplyDelete
  2. the best (y)

    ijin book mark ya mas gan :D

    ReplyDelete
  3. kerennya si slam..
    da aku mah baru bayangin udah kecapekan :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. anyin di rumah saja.... bikinin bekal buat yang mau lari

      Delete
  4. Iya, emang gampang, tapi nyisihin waktu itu yang gak gampang #budalTuru hahahhahaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. hih... emak emak sibuk... emang gitu... suka berkelip

      Delete
  5. Fisik aku lemah, tak sanggup berlari sejauh itu hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada yang 5k kok mas cumi, boleh pakai kolor juga hihi

      Delete
  6. jarak terjauh cuma 12k..belum naik kelas...*kebanyakan bolos...hihihii

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahaha.... kalau keseringan bolos nanti kenda DO mas pai

      Delete

Followers

Statistik

Blog