Ads Top

Fungsi Terselubung Test Contact dan Broadcast Message di BBM Yang Tidak Ada Di Peraturan


Sebagai orang yang rasa ingin tahunya besar, ukuran sepatunya juga besar dan ukuran jidat yang melebar, Saya penasaran dengan teman teman saya di BBM yang suka Test Contact menggunakan Broadcast Message. Selanjutnya Test Contact saya singkat jadi "TC" dan Broadcast Message menjadi "BM".

Tiba tiba saya ditanya oleh aplikasi BBM "what's on your mind?" Jadi saya tulis saja apa yang ada di pikiran saya, iseng tanya tanya ke pengguna BBM yang ada di lingkaran kontak saya.

"Tanya dong. Sebenarnya tujuan broadcast "TC atau Test Contact" di BBM itu apa? butuh dibalas atau diabaikan? Kadang ada yang nambahin "cuma test"

"krik... krik... krik...." 4 jam kemudian, saya tinggal kerja dan ngopi tubruk, namun belum ada yang balas.


kemudian saya mengulangi pertanyaan yang masih ngendon di pikiran saya. Akhirnya ada seorang yang menanggapi pertanyaan saya. ((((akhirnya))))

"butuh perhatian... capa tau ad yg iseng ngajakin rumpi (icon melet)"

"owh, begitu. Cuma jadi alibi ya?"
"kirain kalau gak dibalas, kontakya bakal dihapus"

"sometime..."
"ky misal q utek2 hp sibuk... padahal cuma liatin recent update org aja (emote ngakak)"
"bbm sepi kan g seru"

"owh... *emot manggu manggut*

FYI, Foto foto di atas saya edit pakai Photoscape :
Photoscape - Editor Foto handal

Karena merasa kurang puas, saya bertanya lagi secara langsung  tanya ke pakar BBM yang hari gini. di tahun 2016 masih pakai device Blackberry. Begini Jawabnya:

"Jadi fungsi Broadcast dengan tulisan "TC/Test contact" itu untuk ngetes kontak, apakah kontaknya masih aktif atau kita sudah diremove dari kontaknya. Ciri cirinya kontak tidak aktif bisa dilihat di chat history. Akan muncul berita gagal mengirim yang intinya begini "kamu sudah tidak berteman dengan kontak tersebut, kamu punya 2 pilihan, mau diinvite ulang atau kamu hapus kontaknya" (Kira kira begitu terjemahannya setelah saya artikan secara semena mena, karena tidak ada di rule atau lisence of agreement)

Jadi, bila ada yang TC ke kamu itu mempunyai 2 arti, yaitu diabaikan tidak papa, kamu tidak akan berdosa atau masuk neraka kok. Kedua, dibalas juga lebih baik karena menyambung silaturahim, mungkin sudah lama tidak ada interaksi, setelah di-TC langsung nglembur chating sampai pagi. Itu pendapat saya.

Namun ada pendapat lain, fungsi TC atau test contact karena BBMnya sepi, hanya untuk cari perhatian, supaya BBMnya ramai "centang centung", atau memberikan kode terselubung kepada seseorang (if you know what I mean).

Beda lagi dengan Broadcast Message yang menebar berita Hoax, promosi mengajak untuk meng-add kontak orang lain, menawarkan kartu kredit, jualan gamis atau asuransi. Bila diulangi 3 kali berturut turut dan tidak pernah ada kontak/chating, biasanya kontaknya langsung saya remove. #tegas.

Jadi begitu, kira-kira arti Terselubung dari Test Contact dengan Broadcast message. Misalkan ada pendapat lain, bisa dilanjutkan di kolm komentar..


Slam, 2016
Pengguna BBM for android yang jarang gonta ganti Display Picture dan update status.


7 comments:

  1. apakah sudah gak ada yang pakai BBM? #eh

    ReplyDelete
  2. invite bbm ku om slamet, ya ya ya.. haha :))

    ReplyDelete
  3. Kayak nya udah jarang yg pake BBM, semua beralih ke wa

    ReplyDelete
  4. hahahaha, aku abaikan saja kalau ada BC atau TC.
    *mariana, sudah lama tidak jadi pengguna BBM for Android

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, sudah diuninstall ya BBMnya?
      giaman? batre lebih awet?

      Delete

Powered by Blogger.