Ads Top

Investasi? Coba Reksa Dana


Mendadak kepikiran soal investasi nih, saya jadi mulai sadar harus merencanakan bagaimana kalau saya tua nanti? ketika saya sudah tidak produktif lagi, bagaimana acara menyukupi kebutuhan keluarga ketika sudah tidak kuat untuk bekerja? dan kapankah waktu tersebut akan datang?.


Hitung hitungannya seperti gambar di atas, Jadi prakiraan dana yang kita butuhkan untuk menghidupi masa pensiun kita adalah 300 x biaya hidup per bulan kita. sudah kebayang berapa nilainya? hmmmm #Mikir

hmmm saya jadi berpikir, kenapa saya baru sadar sekarang?, kenapa tidak dari sepuluh tahun yang lalu, ketika saya masih rajin rajinnya bekerja?. Tapi belum terlambat juga kan? selama ada niat dan ada langkah awal pasti bisa, apa langkah awal itu?

INSYAF, sebelum terlambat
Kita harus sadar, sadar diri sedini mungkin bahwa kita itu tak selamanya produktif, kebutuhan hari tua segitu besarnya (300 x biaya hidup sebulan) yang dihitung di atas tadi, sedangkan kebutuhan semakin meningkat, harga harga semakin mahal, biaya kehidupan pastinya juga ikut meningkat. apa nanti kita bisa mencukupi sendiri? Tentu kita tidak ingin menyusahkan anak kita bukan? Jadi mulailah INSYAF sedini mungkin, mulai sekarang.

jurus irit

IRIT, bukan berarti pelit

Lapar atau cuma ingin jajan?
Fungsional atau cuma gengsi butuh tetangga punya gadget terbaru?
Butuh beneran apa cuma kepengen?

Apalagi yang suka nge-mall? (lirik istri) mendadak laper mata? terus kepingin? terus dibeli padahal tidak butuh? di rumah sudah ada selusin dan jarang dipakai! BOROS! Kita harus punya mindset "belanja harus lebih kecil daripada penghasilan".

Sebenarnya hidup hemat bisa diterapkan dalam kebiasaan sehari hari dan yakinlah itu tidak menyiksa. seperti buat daftar belanja supaya tidak membeli barang yang tidak perlu, kurangi jajan di luar dengan sarapan di rumah kecuali ada traktiran dan kondangan bhehehe.Dan yang paling penting? jangan lupa MENABUNG dahulu baru sisanya dibelanjakan, karena kalau dibelanjakan dulu belum tentu ada sisanya buat ditabung? ya kan? ya tho?

mulailah dari kebiasaan dan  hal-hal kecil, ingat! "Beware of little expenses. A small leak can sink a great ship"


INVEST, investasi
Setelah mampu Insyaf dan Irit, kini saatnya berinvestasi.
Ada beberapa cara berinvestasi, Tujuan Investasi berbeda maka rencana pun pasti beda seperti investasi untuk kesehatan, pendidikan, liburan atau pensiunan. Caranya pun berbeda seperti investasi deposito, emas, properti, saham, obligasi, reksadana dll.

Salah satu pilihan Investasi yang baru saya ketahui adalah dengan Manulife Reksadana.
Mengapa Manulife reksadana?
1. Reksadana ini modalnya terjangkau, investasi minimal Rp 100 ribu sudah dapat bermacam instrumen investasi,
2. Mudah, Reksa dana dikelola oleh Manajer Investasi, sehingga investor tidak perlu menghabiskan waktu dan menggali pengetahuan untuk memantau investasinya sendiri.
3. PENGELOLAAN AMAN, Reksa dana dikelola oleh Manajer Investasi dan diadministrasikan oleh Bank Kustodian. Keduanya memiliki ijin dan dimonitor oleh OJK.
4. BEBAS PAJAK, Imbal hasil reksa dana tidak dipotong pajak.
5. ANTI LUPA, takut lupa? Manulife Reksa Dana ada fasilitas debet otomatis

Perlu diingat, setiap Investasi pasti memiliki risiko, ada kelebihan dan kekurangannya. Jujur saya belum begitu expert tentang Manulife Reksa Dana, Ada baiknya Pahami dan tanyakan kepada pihak terkait jika anda masih ragu.

Jadi, kapan kita investasi? itu pilihan Anda sendiri. Namun perlu diingat, Semakin cepat kita mulai berinvestasi, semakin panjang waktu yang tersedia sebelum dana diperlukan untuk realisasi. Dengan begitu, semakin ringan juga investasi bulanan yang perlu disisihkan dari penghasilan.

Nahhh.. Investasi apa yaaaa?,


coba kontak Manulife supaya lebih jelas :
Call Center: (021) 2555 22 55
Email : MAMI_customer_id@manulifeam.com
Website : www.reksadana-manulife.com
Twitter : @manulifeRD

6 comments:

  1. gw sih lebih prefer ke investasi emas...

    ReplyDelete
  2. emas bisa juga sebagai investasinya...
    sebagai backup

    ReplyDelete
  3. maksih banget infonya
    saya jadi bisa menentukan investasi yang terbaik untuk saya
    salam kenal dan sukses selalu

    ReplyDelete

Powered by Blogger.