Ads Top

Grebeg Buku - Mengajar Blog


Kemarin hari minggu, Komunitas Blogger Semarang Loepia.net memberikan pelatihan blog di Grebeg Buku Semarang yang digelar tanggal 1-7 maret ini. Kebetulan saya yang jadi korlap (koordinator lapangan) dan sekaligus pemateri, Ini adalah pertama kalinya dalam sejarah saya menjadi pemateri, wahaha rada kikuk juga, karena biasanya disetiap pelatihan hanya jadi pendukung teknis saja, kok ini malah jadi pemateri.

Saya cuma memberikan pengenalan tentang Apa sih blog itu?, karena anggapan awal audience masih awam tentang blog, dengan memberikan pengertian, manfaat ngeblog, tools media untuk ngeblog dan sedikit tentang teknis.

Tapi gak tau kenapa otak jadi sering ngeblank dan kaku saat muter slide, berasa dua kali lebih grogi dibanding menghadapi dosen penguji skripsi yang kejam, atau karena ada 2 wanita cantik yang duduk dikursi depan?!,  hmmm Tapi sepertinya lebih ke faktor materi presentasi, yang baru selesai dibuat 30 menit sebelum acara dimulai dan belum latihan.
Untunglah ada mas Jeepban dan eno yang backup dibelakang, yang punya pengalaman lebih banyak dalam menghadapi dan menjalin komunikasi dengan audience. Jadi gimana tadi tentang materi yang saya sampaikan? wahaha walau presentasinya rada amburadul, tapi ada juga yang jadi tertarik untuk bikin blog setelah diiming-imingi "blog itu bisa dapet Duit, ini  dan inu".

Kemudian ada juga yang semakin penasaran dan berlanjut pada sesi tanya jawab.
LAGI, LAGI dan LAGI lagi muncul pertanyaan yang sama :
"ngeblog itu enaknya pake apa mas? blogspot atau wordpress? yang gratis atau berbayar?"
"Apa bedanya blog dengan website?"

Okey.... saya harus sering - sering latihan biar ngomongnya gak pating pecotot!! apalagi kalau ada godaan audience cantik yang menggoda iman.

9 comments:

  1. mung ojo okeh ngomong dhewe... lho.. om..ntar ndak dikira... wkk.wkk.. kabuur....

    ReplyDelete
    Replies
    1. dikira apa mas?
      emang sih udah banyak yang mengira kalo aku ini mirip artis boliwud #eh

      Delete
  2. ak enak ngeblog pke blogspot,,pastinya pgn gratisan wkwkkwk
    blog pribadi jg bisa dibilang website kn ya?

    ReplyDelete
  3. Mas Slam, meski mengaku grogi, akhirnya lancar juga kan, presentasinya? Salam kenal. Selamat dan sukses selalu untuk anda dan komunitas bloger di Semarang.

    Salam kompak:
    Obyektif Cyber Magazine
    (obyektif.com)

    ReplyDelete

Powered by Blogger.