Sejarah Kecamatan Gunungpati Semarang

Wednesday, August 10, 2011

Sejarah Gunungpati, Pertama kali orang mendengar  kata "gunungpati" mungkin terbayang penampakan dua gunung kembar dan mayoritas penduduknya adalah petani penghasil pati ya? hmmm tidak sepenuhnya salah dan belum tentu benar. Jadi, Saya akan menceritakan asal usul dan sejarahnya mengapa disebut Gunungpati.

Jadi begini ceritanya menurut versi saya. Pada Jaman dahulu ada hujan meteor coklat. Untunglah muncul seorang penyelamat bernama Kiai Pati dengan mengendarai seekor sapi. Dengan sekali kibasan ekor sapi yang membelah langit, membuat meteor coklatnya meleleh kemudian mengguyur seluruh permukaan gunung. "KABOOOOM" kemudian jadilah dinamakan gunungpati, wahaha ngiklan banget ya? #abaikan!

Oke, sekarang serius. Sejarah Aslinya menurut para tetua dan cerita para leluhur sebelum saya, Pada jama dahulu (beberapa ratus tahun sebelum saya dilahirkan), ada peperangan antara Tuban dan Pati, maka banyak penduduk Pati yang mengungsi untuk menyelamatkan diri dan jiwanya. salah seorang diantaranya adalah Kiai Pati yang menunggangi seekor Sapi bernama Pragolopati mengungsi bersama para pengikutnya. Setelah dirasa aman untuk berlindung dan PW (posisi wueenak), tanahnya subur, bergunung-gunung dan sangat indah. Kemudian  Kiai Pati dan pengikutnya memutuskan untuk menetap dan memberi nama "Gunungpati" karena daerahnya bergunung-gunung dan digabungkan dengan nama sendiri Kiai Pati.

Hanya sebatas itu Sejarah Tentang Gunungpati yang saya ketahui tentang asal mula nama "Gunungpati", namun ada cerita lain tetang "pertempuran 5 hari disemarang" yang juga melibatkan kawasan Gunungpati sebagai Tempat pertempurannya.

Cerita perjungan dari Mbah Haji Hudi sebagai narasumbernya, Saat pertempuran itu Gunungpati menjadi dapur umum, yang dibangun secara sukarela oleh warga, Cerita dibumbui oleh mortir yang beterbangan, peluru kompeni nyasar, bumi berguncang saat bom dijatuhkan, darah bercucuran, mayat berserakan. ceritanya begitu spektakuler, cerita jaman perjuangan yang tidak pernah sekalipun terlewatkan setiap acara tirakatan dari jaman saya masih minum susu dari botol sampe sekarang (sekarang juga masi sering minum susu lho).

Yak cukup sebatas itu "Sejarah Gunungpati" yang saya ketahui, semoga bisa menjadi sumbangan catatan sejarah tentang Gunungpati tempat kelahiran saya ini. kalau kurang lengkap bisa ditanyakan langsung kepada pak Camat dan Lurah Gunungpati, saya yakin mereka mempunyai buku tentang sejarah Gununungpati yang lebih akurat.

You Might Also Like

17 komentar

  1. makasih share infonya... jadi nambah2 pengetahuah sejarah lokal...

    ReplyDelete
  2. kombinasi pemandangan bagus dan pengambilan gambar yg sama bagus
    aaa pengen jalan223x

    ReplyDelete
  3. wah...dah 3 tahun tgl d gunungpati baru kali nie tau ceritana, n kebetulan saya juga asli pati, :)) makasih share infona gan.. :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. kita kayanya pernah ketemu ya, pernah dapet buku juga

      Delete
  4. jiah.. info lokal yang sebelumnya gak pernah saya tau..

    ReplyDelete
  5. Gunungpati: duren, ac, terus sawah. Sayang saiki wis kakean perumahan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, warga semarang pada pindah naik ke atas

      Delete
  6. haha..masih banyak yang punya kog...

    ReplyDelete
  7. nggunungpati sak iki rego tanah e wes larang....

    ReplyDelete
  8. Nggunung...nggunung....Nggunung..teriak makelar angkudes isuzu trayek Gunungpati-Ungaran.(hehehe kenangan masa kecil)

    ReplyDelete
  9. Kangen gunung pati...pengen balik

    ReplyDelete
  10. mohon informasinya untuk bahan diskusi sy.
    1. Kira kira cerita diatas tahun berapa?
    2. Apa hubungan Kyai pati dg wasis joyo kusumo? Tokoh yg sama atau beda?
    3. Kira kira apa yg menunjukkan kalau pragolopati itu sebuah nama seekor sapi?
    Sebelumnya terima kasih atas jawabannya. Sy Miftahudin 085740925789 warga ngrembel gunungpati.

    ReplyDelete
  11. ceritanya perlu diluruskan, yg bener perang pati dg mataram,pati dianggap membangkang thd mataram, krn adipati pragola 1(wasis jayakusuma) tdk mau sowan ke mataram.mataram mengirim pasukan ke pati tp pasukan mataram dpt dipukul mundur oleh adipati pragola dg pasukan berkudanya(kavaleri).pasukan mataram dikejar sampai kesemarang.sampai semarang adipati pragola membangun benteng pertahanan disebuah gunung(kemudian dinamakan gunung pati) jd nenek moyang org gunung pati adlh para prajurit pati..

    ReplyDelete
    Replies
    1. adakah literasi, buku dan bukti tentang sejarah ini, mas?
      kalau ada pengen banget lihat dan baca

      Delete

Followers

Find us on Facebook

Loenpia.net

ID Corners

Statistik

Blog