Mobile Photography, Tanpa DSLR kamera Hape Pun Mumpuni

Thursday, July 28, 2011

Rotifresh episode 19 Jumat kemarin sepertinya saya hadir nomor satu di buku absen deh #njukngopo?, setelah sholat magrib di lantai bawah (parkiran) #HSPremiere dan cek in di pintu borobudur jam 18:30. Terlihat 4 orang pejabat tinggi rotifresh sedang menyiapkan TKP, @jeepban lagi otak-atik radio buat siaran langsung, @didut dan @masyogie menata meja dan proyektor, mas @sofyanr mbuh ngapain dengan laptopnya #abaikan saja dia. Sedangkan saya langsung ngudek kopi dan memperawani snack dipojokan hehe.
"Pictures speak louder than words"
Tema kali in adalah Mobile Photography dengan pembicara @hyudee @_uje dan @bababdito. Eniwey, semakin lama yang datang bertambah banyak deh!, sampai ada yang berdiri dibelakang dan lesehan didepan. hampir 50% adalah orang baru, muka-muka lama dan kucel seperti saya, @elafiq dan @danindra itu gak usah dihitung.
Membludak, peserta RotiFresh Mobile Photography
dan acara pun dimulai, @danindra melepaskan pembicara pertama dari kandangnya.... JENGG JENGGG!!

@hyudee pria berjenggot tanggung yang konon mirip Vokalis Andra and The Backbone ini berjalan santai sambil senyum manis,  tepe tepe gitu gan  #eaaaa. Dia adalah seorang fotografer surat kabar, aktifis @lens_society, sangat hyperaktif di ranah social media (twitter) dan masih setia menyandang status "Jomblo". Ada yang nampak beda pada "rambutnya" oya rambutnya nampak baru saja dipotong, tambah rapi dan bersih? IYA, tambah segar? IYA, tambah ganteng? ENGGAK!! #astagfirullah yud saya masih normal yud!!


kak @hyudee ini sharing ilmu tentang dasar teknik fotografi, yang penting dalam mobile fotografi adalah "angle", tentunya bukan angle elga, angle karamoy atau angle Tee vokalis 7Icons, tetapi Angle yang berarti "sudut". Hasil foto sangat dipengaruhi oleh sudut pengambilan, tentunya juga memperhitungkan komposisi, background dan pencahayaannya. Normal angle, low angle, high angle, bird eye angle, frog eye angle, dan teknik croping dengan presentasi foto-foto model cantik yang bikin mimisan, harga tisu mendadak jadi mahal dan langka di pasaran #sroott.

Kira kira begini Pengambilan Sudut yang dimaksud beliau, semua foto ini diambil dari Handphone Sony Ericsson G502 dengan kamera 2 mega pecel, tanpa editan, sekali lagi tanpa editan lho!! (paling cuma dibikin efek lens blur hehe :D, ayoo tebak mana yang editan?)

High Angle, meratap nasib di pantai Maron
Normal Angle, APA HAH!!? JEMOTOS? ngajak gelut? 
Third Angle, #pepetketembok
Low Angle, Iki sepeda upluk-upluk bermesin pemotong rumput antik milik @escoret
Bird Eye Angle, Jalan Majapahit difoto dari atas Hotel Horison
@hyudee juga menambahkan bahwa untuk mendapatkan hasil foto yang bagus dari Kamera handphone, itu harus didukung oleh pencahayaan yang maksimal, walaupun kadang handphone sudah dilengkapi dengan Blitz tetapi masih sebatas cahaya senter doang. Kamera handphone akan berfungsi maksimal pada siang hari saat matahari bersinar terang dan diluar ruangan (outdoor). dan yang paling penting adalah selalu Belajarlah dari apa yang sudah kita foto, dan jangan lupa ibadah sholat lima waktu serta bersedekah (yang terakhir itu tips dari saya hehe).

Pembicara kwarter ke-2 pun diturunkan dari bangku cadangan, @_uje  (Jefri Cokro Dinomo) adalah seorang fotografer, Mahasiwa tingkat akhir #kode, berkepala gundul dan berjenggot lumayan tebal, memiliki Iphone pinjaman, sekaligus pengguna apilkasi Instagram. Oya @_uje ini juga masih Jomblo.

"Yang penting Asik" itu judul presentasinya, ada beberapa slide yang masih saya ingat dari presentasinya yang lumayan mengocok perut.
1.Kamera terbaik adalah mata
2.beda alat bukan masalah, "foto sandal jepit warna warni dimasjid" jadi apapun itu alatnya, entah Iphone pinjaman, kamera DSLR, kamera VGA, Hape jadul, hape rusak yang penting bisa menangkap angle dan moment ajah.
3.jelas arah dan tujuan, nah slide ini yang paling saya ingat, karena pernah mengomentari hasil fotonya itu, emang keren hasil jepretannya.
4. it's about moment and angle, lagi lagi tentang moment dan pengambilan sudut seperti yang tadi dibahas @hyudee itu sangat menentukan hasil foto.

@_uje ini termasuk fotografer yang perfeksionis, yang lebih memilih menunggu lama untuk sebuah moment daripada asal jepret sana sini. Dia menggunakan Instagram, yaitu sebuah tool aplikasi fotografi yang ada di Iphone, dimana secara instan dapat diolah/edit secara langsung.
~**~

Pembicara ketiga tidak kalah seru, @bababdito Tiba-tiba muncul  dan memberi kejutan dengan langsung bagi-bagi hadiah dari Telkomsel. Jadi peserta disuru menebak dan menunjukkan 2 buah foto hasil kamera DSLR dari sekitar 30an foto yang dipajang didepan dilayar. Tanpa tedeng aling-aling, untung-untungan dan rada bingung mana yang benar, saya langsung Angkat tangan, dan nunjuk salah satu foto yang dirasa benar.

JENGG JENGGG!! dan Sepertinya Saya harus segera ke karyadi cuy!, memeriksakan mata saya yang sliwer karena tidak bisa membedakan Foto. Wahahaha saya salah nebak, tapi emang susah membedakan kalau tidak familiar dengan foto hasil Iphone dan DSLR. Memang nasib saya sementara ini harus puas dengan Kamera 2 mega pecel G502.

@bababdito alias Dito Respati adalah seorang Mobile Photography Enthusiast - Corporate Communications Telkomsel Regional Jateng - DIY (nyontek dari undangan), juga seorang wartawan dimana lebih sering memakai kamera Handphone untuk mengambil foto, penggunaan kamera besar dan bermoncong panjang kini sudah dihindari, karna hampir semua wartawan sudah menggunakan Blackbery, iPhone dan Mobilephone lainnya untuk memotret moment, karna lebih simple, praktis dan langsung bisa dishare, tidak perlu susah-susah balik kantor untuk mengedit dan melaporkan berita. Itu ucapan dari babab yang saya ingat dengan sedikit editan.

Tetapi Saya menyebut kedua orang itu (@_uje dan @bababdito) sebagai SPPIG (Sales Pamer Promotion Iphone Gundul) kenapa? karena sepanjang acara membicarakan dan mendewakan gadget Iphone miliknya dengan segala kelebihan dan kemutakhiran aplikasi didalamnya! *bikin saya ngiri ajah, kapan saya dipinjemi? hehehe*.

Menurut saya Kualitas Hasil kamera IPhone dan SEG502 dua mega pecel itu jauhlah berbeda, bagaikan pucuk BTS dan pucuk daun teh #LHOH! pokoknya beda jauh, apalagi di Iphone itu sudah banyak Tools fotografinya. Ya iyalah! IPhone gitu loch, coba kalau kamera yang dipakai si babab itu dari Handphone Sony G502 milik saya, dan disuru membedakan mana yang DSLR dan mana yang G502? pasti langsung ketahuan,  dan si babab bangkrut karena saya yang bakalan pertama nebak hehehe!! teteuup!.

Acara bertambah ramai, masih berlanjut sesi tanya jawab dan bagi bagi hadiah dari lomba #livetweet paling kreatif, Foto best moment dan Sesi Foto narsis. 2 jam acara belum lah tuntas, namun waktu juga yang harus menyudahi obrolan.
"The Man Behind The Gun"
Malam itu saya mendapatkan banyak pengetahuan baru soal fotografi, pengambilan sudut, moment, komposisi, etika fotografi, mobile fotografi, kenalan baru, teman baru, dan untuk terus berlatih foto. Apapun Alat yang kita pakai, jangan takut untuk mengabadikan dan terus belajar.

Jumlah foto yang ada di hardisk saya lebih dari 7000 foto, di Handphone ada lebih dari 1700 foto, itu belum termasuk yang sudah saya hapus, dan saya yakin foto yang sudah dikoleksi oleh ketiga pembicara tadi lebih banyak dari yang saya punyai sekarang.

Semakin sering kita foto, dan semakin bertambahnya jam terbang foto kita, maka akan semakin bagus juga hasil yang kita foto. Jadi Teruslah berkreasi dan berfikir kreatif dengan Photography. Terimakasih Untuk RotiFresh #MobilePhotography malam itu. Seperti kata Uje "Yang Penting Asyiik" oke cuy!!!


salam tukang foto kamera Hape 2 mega pecel
@slamsr

You Might Also Like

15 komentar

  1. hehehe... ini foto jaman kita muda wil...
    masih ingatkan kamu #eaaa

    ReplyDelete
  2. sip, nambah ilmu terus.
    yg pantai Maron ini dimana ya?

    ReplyDelete
  3. @narti : pantai maron itu disemarang mba, masih satu komplek sama pantai marina artinya (marina kulon) hehe
    deket bandara ahmad yani juga

    ReplyDelete
  4. itu mana bisa jalan majapahit difoto dari atas hotel horison? aya2 wae...

    semoga muenang yoow

    ReplyDelete
  5. @anonim diatas ane : eh tapi itu bentul jalan majapahit kan? *buka peta semarang*

    waha pokoknya itu lah, bird eye angle

    ReplyDelete
  6. @sang cerpenis : hmmm iya mba, review acara aja... komennya harus dimoderasi, sekarang banyak tukang SPAM yg asal pasang pipa

    ReplyDelete
  7. mohon maaf lahir dan batin aa, selamat menunaikan ibadah shaum Ramadhan 1432 H, semoa amalan kita diterima Allah SWT, amin....

    ReplyDelete
  8. @narti : sama sama mba, semoga puasa ramadhan kali ini bisa lancar... dan menjadi yang lebih baik

    ReplyDelete
  9. hahahahahha aku gakak liat photo2nya slemmm

    ReplyDelete
  10. @thia : foto yang mana nih tiaaa? nong?

    ReplyDelete
  11. Salam komunitas Fotografi : Mobile Photography Banjarmasin

    ReplyDelete

Followers

Statistik

Blog