AWAS CIN!! Bahaya Minum Kopi

Ilustrasi Suara Rumput Liar by Acheng Watanabe

Kopi itu Berbahaya lho!!
lek jadi begini ceritanya (ngudek kopi):
belakangan ini aku jadi sering banget ngopi, biasanya setelah makan kan perut penuh jadi kenyang tuh!, bawaanya ngantuk mulu, mata lengket kaya diganduli jin dan pengen jatuh dipelukan kasur empuk. Berhubung masih jam kerja jadi saya harus tetap terjaga, gak boleh tidur (walau kadang khilaf).

Kopi, ya kopi bisa membantu mata saya tetap horny melototi monitor, langsung saja koprol salto secepat kilat ke pantry  bikin nescafe original gratis. #eaaaa khasiat kopi mulai terasa, mata saya yang sipit mendadak berubah seperti bola pingpong, kantuk hilang, pandangan menjadi tajam, jantung berdenyut lebih kencang dan mendadak kepengen pipis kalo lihat doi yang berbaju pink dan berponi di kursi pojok #eh.

Nah sekarang hampir tiap malem nenggak kopi, karena ngebut ngerjain tugas dari dosen dan nyicil skripsi. Nah kalo malem ini yang gak ngefek, entah itu kopi original, kopi torabika, nescaffe, kopi sachet tetap saja kantuk melanda, dan dalam hitungan 1, 2, 3, 4 ,5 menit sudah sukses pindah raga ke kasur (nyawanya entah dolan kemana).

Eh ternyata nih, KOPI BERBAHAYA lho!! suer deh!!
Aku kasih tahu ya, Kopi itu mengandung zat yang namanya kafein (nenek nenek salto juga tau kalee). Jumlah kandungan kafein dalam kopi adalah 1-1,5%, Kafein bekerja dalam tubuh dengan mengambil alih reseptor adenosin dalam sel syaraf yang akan memacu produksi hormon adrenalin (nyontek dari wiki).

Mekanisme kerja kafein dalam tubuh adalah menyaingi fungsi adenosin (salah satu senyawa yang dalam sel otak bisa membuat orang cepat tertidur). Dimana kafein akan membalikkan semua kerja adenosin sehingga tubuh tidak lagi mengantuk, tetapi muncul perasaan segar, sedikit gembira, mata terbuka lebar, jantung berdetak lebih kencang, tekanan darah naik, otot-otot berkontraksi dan hati akan melepas gula ke aliran darah yang akan membentuk energi ekstra.

kesimpulan : aku yakin dengan seyakin yakinnya kalau komposisi zat dalam Obat tidur tetangga gue, gak ada kafeinnya.

Nah Kopi Juga Gak baik buat kesehatan lho!! (nakut nakuti).
Salah satunya adalah efek ketergantungan. Minum kopi ternyata dapat meningkatkan resiko terkena stroke. Kafein juga dapat menyebabkan insomnia, mudah gugup, sakit kepala, merasa tegang dan cepat marah. Pada wanita hamil dapat menyerang plasenta dan masuk dalam sirkulasi darah janin, ujung-ujungnya keguguran (nah takut gak loe!).

Ya tentu saja semua itu berbaya kalau kita mengkonsumsi kopi dengan jumlah kafein yang berlebihan. Amannya maximal minum 3 cangkir sehari. Nah bisa bahaya kalo sudah kecandungan kafein, cirinya kalo minum 5-6 cangkir kopi setiap hari. Nah kalau dikatakan Berbahaya dan fatal kalau minum 20-50 cangkir kopi setiap hari (silakan tulis surat wasiat segera).

Eh buat cewek, minum tiga cangkir kopi dalam sehari bisa memperkecil ukuran payudara lho!! (katanya Helena Jernstroem orang swedia). Tapi tak perlu khawatir, kopi tak membuat payudara menyusut hanya dalam semalam. Payudaranya hanya akan semakin kecil, namun payudara tidak akan hilang (yah cilik nda!).


Salam dari penikmat kopi, Selalu ada secangkir kopi untuk sahabat

22 comments:

  1. tenane? tapi punyaku masih sama loh. heehehee... :">

    ReplyDelete
  2. kadang bingung juga membaca, bahaya minum kopi dan manfaat minum kopi.

    jadi tugas dosen gimana nih? lancar kan?

    ReplyDelete
  3. buat cowok bagus donk...
    ada efek bisa mbesarin yang laen nggak Slam? :D

    ReplyDelete
  4. baik dan buruknya minum kopi itu beriringan, gitu ya a'?
    mungkin beda orang beda pengaruhnya juga kali ya?

    ReplyDelete
  5. Aku minum kopi mbek ora minum kopi podo ae tetep ngantuk ik slams. Nduwe tips kanggo aku ra? :p

    ReplyDelete
  6. @dani ; tenane jik podo? rak mentep nek aku durung weroh dewe... *ditimpuk cangkir*
    @narti : hmmm nganu mba narti, hmmm lancar deh
    @sriyono : wah kalo buat yang membesarin, tukang balon sama tukang tambal ban lebih tahu mas hehe... jebakan betmen detected
    @sda : hmm mungkin juga mba, pokoknya gak berlebihan
    @okky : nyoba lihat awal postingan, kan ada gambar tuh? pake sendoknya yang panjang ya. lumayan bisa bikin melek mata (semoga tidak membantu)

    ReplyDelete
  7. tapi katanya kopi itu mengurangi resiko penyakit jantung,. berarti selain ada efek baiknya...ada buruknya juga

    ReplyDelete
  8. hem.. tapi kalo besok udah deadline ya mau ga mau harus ngopi. T>T

    ReplyDelete
  9. Untung aku ngga suka minum kopi
    untung aku sukanya minum nescafe..
    nescafe termasuk kopi apa soft drink?

    ReplyDelete
  10. maksih sobat infonya.. gue jadi takut nih minum kopi, padahal dalam 1 hari gue bisa menghabiskan 5 cangkir kopi.. Alamak.. seperti apa yaa racun nya...????

    ReplyDelete
  11. yang paling bahaya adalah ketika kita tiap hari minum, klo skali2 gpp sob, teh jg da kafeinnya lho,
    mau tkar link?

    ReplyDelete
  12. kopi ada positif dan negatifnya,kita ambil yang positifnya dengan bijak pasti ada manfaatnya

    ReplyDelete
  13. @rakun : sebelum kopi coba deh minum teh anget, pasti beda rasanya ( ya iyalah)

    ReplyDelete
  14. @henny : iya katanya juga begitu, tapi aku kurang tahu.. yg jelas kopi itu bikin melek, dan bisa buat merayu cewek #eaaa
    @yasusahh (tyas): ini juga lagi skripsi, jadi sering begadang disambi minum kopi
    @itik : nescafe itu softdrink tik, jadi pengen traktir itik nih, traktir kopi tubruk (habis ngopi ditubruk)

    ReplyDelete
  15. emmmm, suka kopi sih, tapi maks. 1 cangkir laaah...

    agak bingung juga ya... di penelitian lain disebutin kalo kopi itu bisa cegah kanker.

    tapi kalo di buku Miracle of Enzyme, kopi & teh itu gak baik.

    ReplyDelete
  16. @tea : masih bingung juga, yg penting jangan terlalu sering dan gak kecandungan.. 1 cangkir juga cukup bikin melek

    ReplyDelete
  17. untung aQ cuma minum sehari 1x doank, jd klo menyusut nggak bnyak2 amat :p

    ReplyDelete
  18. Padahal lagi doyan-doyannya ngopi. -__-*

    ReplyDelete
  19. aku rasa selama dikonsumsinya tidak berlebihan kopi bisa dijadikan teman, asal jangan addict biasanya itu yang jadi masalah...

    ReplyDelete
  20. makasih slam. kalo gitu aku ga mau minum kopi.
    *melindungi dada*

    ReplyDelete
  21. @anita : waha lagi mbayangin kalo menyusut
    @nisa : gak papa kok, cuma menyusut aja, dan belum tentu benar
    @susisetya : nah setujuuu
    @latre : kalo gitu kopinya dirumah buat aku aja ya, *elus dada*

    ReplyDelete

Silakan berkomentar, jangan lupa senyum yang mesra dulu (hukumnya wajib) dan kunjungi juga blog sketsa Badakjawa dan Mobile photoblog SlamsPhoto.

NB : Harap tidak berkomentar jika hanya untuk nyepam dan menambahkan link obat-obatan. Jika ingin klarifikasi dan bertanya lebih lanjut, silahkan kirim lewat email.