Ads Top

Kopi Klotok tandemnya Pisang Goreng
Kopi klotok
Secang, Magelang, Jawa Tengah
- Setelah berhujan-hujan ria dan motoran sepanjang Jogja Magelang menuju Semarang, akhirnya berteduh di Sebuah angkringan bernuansa jawa yang terletak di Kabupaten Secang berjudul Kopi Klotok, sekitar 15 menit dari Magelang.

Eh ini bukan posting berbayar lho!! Tenang tenang, jangan jotos-jotosan ya!! cuma mau ngajakin minum kopi hehe monggo!! *sruput kopi anget*.
Saat hujan-hujan dan udara dingin ini paling enak memang nyeduh yang anget-anget, secangkir kopi hangat bisa jadi penawarnya. hmmmmm harum nikmattt *iklan kopi byanget*. 1 bulan ini saya memang demen dengan namanya kopi, tentu saja tidak terlalu addict, hanya sebagai selingan penambah semangat dan obat kantuk diwaktu kerja dikantor dan lembur tugas kuliah.

Kopi Klotok, kenapa dinamanakan kopi klotok? *saya nanya sama mas-mas berbaju lurik kluwus yg bawa nampan* Jadi yang membedakan kopi klotok adalah cara penyajiannya. Yaitu bubuk kopi (arabika atau robusta) dimasak tanpa air dalam panci. Setelah bau bau gosong, baru dituang air dan direbus hingga mendidih. Setelah mendidih, baru dimasukkan gula secukupnya. Klotok sendiri berasal dari kata nglotok (menglupas) yaitu kopi yang gosong tadi akan mengelupas setelah dicampur air, dan disebutlah dengan nama Kopi Klotok.
dingin-dingin mencipi kopi klotok, monggo!!
Selain kopi dan pisang goreng yg tadi saya pesan, didaftar menu masih banyak cemilan seperti tahu bakso dan gorengan. Untuk nasinya (kalau tidak salah ingat) diantaranya lodeh terong, lodeh kluwih, lodeh tempe lombok ijo, sego megono *Jangan tanya sego megono ke saya, karena belum nyobain*. Minuman yang lainnya seperti Kopi klotok, teh tubruk hangat ataupun es, *gula jawa atau gula batu nambah sendiri*.

Yang menjadi nilai tambah dari Tempat Kopi Klotok ini adalah pelayanannya, tempatnya bersih, suasananya adem, nyaman, enak buat nongkrong, ditambah alunan lagu kroncong bikin hati adem dan tentram, hawane pengen turu hehehe "tutur dari pengantin baru Bu kopril dan pak kopril sambil elus-elus jenggot"

Oh dan yang paling saya ingat ituh, di papan dan dinding ada tempelan hijau seukuran kertas A4 yang tulisanya begini  "MASIH LAPAR? SILAHKAN NAMBAH SENDIRI SEPUASNYA!!". Wahaha untung waktu itu saya lagi gak lapar, jadi yang punya gak rugi-rigi amat.


salam penikmat kopi
@slamsr


.

30 comments:

  1. kalau kopdar sama temen2 sma di asmara, mesti nongkronge di klotok pojokan asmara :))

    ReplyDelete
  2. Wah bener2 jd ngiler nih, mantaaaffff, jd pengen nyob sob kyk ghimana yah rasanya,, hehe..
    sip dah, ntar klo mampir wajib nyoba nih.. :D

    ReplyDelete
  3. @defega : aku pernah kesana jg moy, dan pernah tak tinggal karena ngantri lebih dari 1 jam!! semoga yg jual kopi kagak nyariin

    ReplyDelete
  4. @akoey : wahhaha.. wajib, cobain juga pisang gorengnya... dan jangan lupa bayarrrr hehe

    ReplyDelete
  5. @oky : dan dirimu mules mules ki hehehe... makan yg teratur ki

    ReplyDelete
  6. sangit ora a'?
    kebayang setelah bau gosong baru diberi air...
    bikin penasaran nih

    ReplyDelete
  7. pilihan menunya bikin tambah lapar (waktunya makan siang nh)

    ReplyDelete
  8. iki nek daerah ndi Slam??....hargane??..trus maksute neh nambah sendiri gratis ngono tambahane??

    ReplyDelete
  9. mo postingan berbayar atau bukan yg jelas ancer ancer warungnya masih kurang cetoooooo *pembaca riwil protes*

    ReplyDelete
  10. Aku kalo minum kopi agak mual
    terutama pas enggak punya duit..
    hehehe..

    ReplyDelete
  11. belum pernah nyobain... eh nyoba sendiri bisa nggak yah... bubuk kopinya ada persyaratannya nggak... yang biasa kaya' kopi instan gitu bisa nggak??? #disiramkopimaAa'

    ReplyDelete
  12. @narti : egak sangit ik mbak, harum harum gitu
    @sda : sekarang makan pagi mba (7:30)

    ReplyDelete
  13. @asmarantaka : ini daerah secang nda, cedak magelang... kalo dari seamrang sebelah kanan. sepanjang jalan ada banyak tempelan "kopi klotok warna kunging"
    @didut : iya to? hmm nanti tak kasi ancer2 yg lebih jelas dah

    ReplyDelete
  14. @itik : yuk ngopi tik, aku traktir...
    @inge : hmm itu kopi biasa, kopi arabika atau robusta, tapi masih asli dari pohon. pilih yg jatuh sendiri. terus dimasak gitu..

    ReplyDelete
  15. @didut (pembaca riwil protes) : nganus mas, coba tanya sama bang kopril,mungkin lebih tahu hehe pokknya kalo dari semarang sebelah kanan jalan, kalo dari magelang itu sebelah kiri jalan..

    ReplyDelete
  16. Slams.. Km dapat salam dari ownernya kopi klotok. Dia udah baca postinganmu ini. Maturnumun jare.. mampir lagi..

    ReplyDelete
  17. arghhh tetep rak cetoooo *lempar bakiak ke gunung pati*

    ReplyDelete
  18. suka kopi...tapi ga boleh minum kopi..(-_-)'

    ReplyDelete
  19. @okky: sami sami bu, besok nek mampir kudu di jamu ki
    @didut : nganu mas, *sodoroin peta*
    @aisyah : kalo cium kopi boleh berati, gak usah diminum

    ReplyDelete
  20. mantapp emang kopi klotokk tandem pisgor di tambah 234 ...

    ReplyDelete
  21. waduh..jadi pengen ngopi juga neeh...
    salam kenal, saya udah jadi follower.jangan lupa follow balik ya...

    ReplyDelete
  22. @ipin : ayo om, ngobar (ngopi bareng)
    @andry : langsung ke TKP om

    ReplyDelete
  23. wuiih..kaya seger betul tu punya kopi..ajak dunk om....

    ReplyDelete
  24. @fajar : hehehe ke magelang dulu om, nanti aku kenalin sama yang punya kopi

    ReplyDelete
  25. kopinya kopi bubuk apa yg masih bijian???
    kok klothok2???

    ReplyDelete
  26. wah, rasanya gmn tu?
    tar coba ah kl liburan kesana ^_^

    ReplyDelete
  27. meski postingnya udah lama. berhubung udah baca ni artikel, jd pengen komen; jadi itu toh alasannya disebut kopi klotok..

    salam persohiblogan

    ReplyDelete
  28. Kyakaknya, masih enakan kopi jos dari jogja ya :p

    ReplyDelete
  29. wah ente lum pernah ke Pekalongan pasti gan, ga tau rasa sego megono ... sini ke rumah ane, tak suguhin sego megono isuk sore awan bengi,
    sedep tenan gan ....

    ReplyDelete

Powered by Blogger.