Bolang Jaman SMP "curug lawe"

Wednesday, July 14, 2010


Mendengar teman-teman mau kopdar ke Curug Lawe minggu ini, aku jadi teringat jaman masih SMP dahulu, sekitar tahun 2000-2001 berkelana kere-kere bersama satu genk. haha perjuangan yang melelahkan penuh tantangan tapi sangat menyenangkan, dan kadang seyum-senyum menggelikan kalo mengingat-ingat jaman itu.

Ceritanya selesai ujian kelulusan kelas 3 SMP pasti ada class meeting to?, dan class meeting dari jaman kompeni sampe sekarang cuma gitu gitu saja, BOSEN!!. Kemudian Muncul ide pengembaraan ke Curug lawe karena ada teman asal kalisidi mengajak kerumahnya (niat awal)  "yok kerumahku, nyari kelapa muda sama durian!!". Gak jadi nyari durian malah bablas mblusuk curug.

Perjalanan cukup menantang, tanpa persiapan dan dengan bekal ala kadarnya(red=modal nekat), hanya berbekal sepatu yang menggantung di leher dan seragam Biru putih yang melekat dibadan. 5 ekor bocah ilang nekat Tanpa tedeng aling-aling langsung berpetualang.

Mendaki gunung lewati lembah
sungai mengalir indah kesamudra
bersama teman bertualang........nananana
(ingat lagu ini? yak ini lagunya ninja hatori. jaman itu masih sering diputar di tipi dan kita jadikan OST petualangan ini)

Perjalanan diawali dengan membabat kebun kopi didekat rumah warga, dan terus berjalan kaki menyusuri jalan berbatu (belum aspal). Medannya lumayan menanjak, disekeliling jalan hanya ada kebun cengkeh dan rumput-rumput yang bergoyang. dan disinilah perjalan dirasakan cukup melelahkan, tapi setelah masuk jalan pintas menuju saluran irigasi semua lelah itu hilang berganti dengan sejuknya hutan.

Petualangan dilanjutkan menyusuri aliran irigasi dan jembatan terbuat dari kayu yang sering disebut "Jembatan Cinta". Akhirnya bermuara di Sebuah DAM, di bendungan ini kita melepas lelah sejenak. Mulai dari sini perjalanan akan semakin menantang melewati aliran sungai, melompati batu dan memanjat dahan pohon yang rubuh, saya pernah tercebur karena terpeleset di sungai celana basah semua sampai dipangkal paha.

Nah diperjalanan perut melapar, usus serasa dililit anaconda, ternyata sudah siang dan belum makan apapun. Masing-masing sibuk mencari apa saja yang bisa dimakan karena tidak ada yang membawa bekal. Mengais-ngais disepanjang sungai dan sekeliling hutan, ternyata ada Pohon Kimpul atau biasa disebut Ketela pohon  dan pisang sepet bantet belum mateng, lumayan lah buat ganjel perut. Kita membuat Api untuk membrongot (membakar) kimpul dan pisang bantet itu.

Belum lama dibakar dalam api dan itu pun belum matang tapi sudah pada tidak sabar mencomot. KAMPRETT DURUNG MATENG NDAA!!. akhirnya saling rebut, aku tidak mau kehabisan dong!! langsung pasang jurus tangan seribu, BAT BET BAT BET!! dapat kimpul gatel, biarin deh belum mateng asal tidak melapar dan efeknya buruknya mulut pada gatel-gatel digaruk terus. Perjalanan dilanjut masuk hutan menyusuri jalan setapak dan iseng bikin jalan sendiri walau hampir kesasar.

Tiba dilokasi air terjun, air mengucur deras dari tebing dengan ketinggian sekitar 4 kali pohon kelapa. Disekitarnya dikelilingi pohon beringin yang menjulang, hijau daun dan kicauan burung menyegarkan raga juga jiwa. Udara menjadi dingin akibat tetesan air dari deburan air bercampur angin. Tidak usah tunggu lama-lama langsung copot baju dan menceburkan diri dalam segarnya air terjun. ahhhhh segarrrr.....



Sekian sepenggal cerita dari si bolang jaman SMP berpetualang ke curug lawe, Pokoknya harus ekstra hati-hati membawa dan menjaga diri masing-masing disana. Jangan mandi dibawah air terjun karena sangat berbahaya, kita tidak tahu apa yang akan jatuh ke kepala kita entah ada kerikil, batu atau batang pohon yang hanyut dalam derasnya air terjun, cukup di pingir saja ya.

You Might Also Like

27 komentar

  1. wuiiihhh, keren bgt mas slam...indah bgt curugnya....

    weee bocah ilang, hahaha....

    ReplyDelete
  2. Wakakakaka. Ceritanya lucu mas. Seperti aku waktu jalan2 di baturaden. Waktu naik ke pancuran pitu. Bukannya lewat jalan yang udah di bikin. Eeh malah lewat hutan. Akhirnya ketemu dweh ma sepasang muda mudi yang lagi asyik pacaran. Akhirnya ngintip dulu sebelum melanjutkan perjalanan.

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  5. Olhadalah pancen bener kwe iku bocah ilang mas slam, wkwkwkkw
    aku wes takan kunu barang mas, tapi sama temen STM dulu :D

    ReplyDelete
  6. ah kurang seru,, coba si bolangnya loncat dari atas tuh air terjunn,, br petualang sejati namanya,,, kwkwkwk

    ReplyDelete
  7. @siroel : betul, kaya bocah ilang
    sienture : wah sampe 3 kali, koneksi lagi jelek ya? maap akuhapus dua biji
    @isti : itu dulu, sekarang aku gak tau
    @saka : jaman kapan km STM?
    @ayas : km nyemplung dulu aku liatin aja yas hehe
    @didut : siap tok

    ReplyDelete
  8. hemmmm,, daku kayaknya ndak bisa ikutan nih :((

    ReplyDelete
  9. yahhh si moren gak bisa ikutt.. lagi elus elus pipi ya?

    ReplyDelete
  10. Wah slam..aku salut dan angkat topi dengan pengalamanmu..
    sejak SMP sudah bertualang..
    aku SMP dulu kerjaannya naksir cowo melulu
    tapi gak kesampean..

    waaahhh..nasib..nasib

    ReplyDelete
  11. Ilustrasimu bagus lho Slams..
    aku mau tanya dan harus di jawab
    habis gambar dikertas gambar buat masukin ke komputer di scan apa di gimanain..

    ReplyDelete
  12. Aku punya ilustrasi..pengin tak lihatin..
    tapi kok ngga pede ya?

    ReplyDelete
  13. @itik : spam spam
    @morethanword : itu cuma aku gambar terus discan doang... gak diapa apain. gak ada sesajen atauu mantra apapun
    @pencil : ih jangan diliat liatin disini... nanti malu

    ReplyDelete
  14. haissssssssssssss (--")

    ahhh, semua yang dipake gambar ku ..

    ngiri aku karena belum sempet posting :((

    ReplyDelete
  15. @defega ; hehehe makasi fotonya ya... ayo buruan posting

    ReplyDelete
  16. ha..ha...ha...ha kayak aku jaman SMA class meeting lari ama temen-temen ke pulau pramuka dan Pulau ondrus mumpung gratis karena temen ada yang punya perahu kelaparan dan masuk angin wkwkwkwk tapi seru bener khan

    ReplyDelete
  17. pemandangannya bagus broo... Jadi pengen kesana nih. Daeraha mana ini?
    Saya SMP juga bolang, bolang ke Bali alias Touring. hehehehe...

    ReplyDelete
  18. Wew kopdar ngebolang seru banget. Banyak cewenya gak bang!!! hihihi

    ReplyDelete
  19. Saya tertarik dengan gambar2 pensil mas Slam. Saya dulu tukang gambar pensil juga, tp skrg ngga produktif lg..he... Salam kenal.

    ReplyDelete
  20. @linda tan : wah gratisss
    @anggi ; ini di semarang, di daerah gunungpati juga.. hehe
    @newsoul : seru seruan
    @chockyahmadrizky : cewe ada lah, lumayan
    @anyin : wah anyin mesti kangen pulang nih
    @agung : salam kenal juga mas

    ReplyDelete
  21. indah banget pamandangannya,
    salam kenal,
    need IT???
    http://www.linovtech.com

    ReplyDelete

Followers

Find us on Facebook

Loenpia.net

ID Corners

Statistik

Blog