Lukisan Ghoib Mahakarya Raden Saleh di Kraton Jogjakarta

Tuesday, March 02, 2010

Welehhh panjang banget judulnya yak? sebenernya mau aku kasih judul yang lebih panjang "Lukisan Ghoib Sri Sultan Hamengkubuwono mahakarya Raden saleh di Keraton Jogjakarta nan indah dan megah tak ternilai harganya " busyetttt tuh kan panjang!! mungkin bisa jadi rekor muri untuk judul blog terpanjang di abad ini hehehehe *ngelindur kesambet setan keraton*

Baydewey akhirnya kesampaian juga SI BOLANG touring ke Jogjakarta tepatnya di Malioboro, Prambanan, dan Kraton Jogjakarta. Tapi kali ini Singgle Touring alias sendirian binti Lonely karena temen-temen pada berhalangan ikut. Sewaktu terdampar di kraton jogja slam menemukan banyak sekali jejak jejak peninggalan sejarah dan kejayaan masa lampau yang belum pernah terbayangkan sebelumnya.

Pagi pagi gak ada roti adanya nasi sama teri (Medok mode ON), sarapan nasi bungkus keliling. Pukul 07:30 waktu DIY dan sekitarnya slam sudah keluyuran bersama si EYE (motor supla pitku) hendak menjajah Kraton Jogja yang berada di alun-alun utara kota jogja. Berbekal Peta dari Neng Ocha, Slam menempuh rute yang tidak sewajarnya alias kesasar (tersesat) yaitu lewat belakang Jalan malioboro, *Sok tau nih!!* walaupun sudah membawa peta tapi tetap saja kesasar!!! eeebusyetttt ya iyalah yang dibawa aja PETA KULINER!! atau slam saja yang buta baca peta ya?

[foto bareng abdi dalem keraton]

Sodara sodara…*ehemmm naikin kerah* Tiket masuk untuk orang keren seperti saya cukup membayar Rp5.000,- saja!! *huuuu…. ditimpuk blangkon yg jual tiket*. Dan tambah Rp1.000,- lagi untuk ijin mengambil gambar dari kamera 2 mega pecel SE G502 yang sering hang sendiri.

Setelah Putar puter jeprat jepret sana sini dengan berbagai pose narsis dan ndeso dari mulai pintu gerbang keraton, selokan sampai WC dalam keraton. Slam dihadapkan pada sebuah galeri lukisan mahakarnya dari Raden Saleh, beliau adalah seorang anak bangsa keturunan Belanda dan Jawa yang sangat termahsyur dijamannya, info wikipedia.
[foto Raden Saleh]

Beberapa mahakaryanya (masterpiece) dipajang di galeri dalam keraton, beliau melukiskan Sri Sultan Hamengkubuwono, istri serta putrinya yang terkesan magis. Mau tau kenapa disebut mistis/magis? Itu dikarenakan kelebihan lukisan ini dibuat bukan pada kain kanvas, melainkan pada sebuah terpal berukuran besar dengan efek 3 dimensi. Dimana dari sudut manapun kita melihat lukisan tersebut, seolah olah mata dan kakinya mengikuti, menatap dan mengawasi gerakan kita. Sungguh mahakarya yang tidak ternilai harganya.

 [galeri lukisan karya Raden saleh]

 [terbersit niat jahat buat merampok lukisan sultan]

Dari keseluruhan peninggalan sejarah yang ada di keraton, yang paling banyak adalah milik dari Sri Sultan Hamengkubuwono IX, mulai dari foto masa kecil hingga wafat tersimpan dengan rapi digalerinya.

[foto sekitar akhir 1940-an by wikipedia]


[fotografer abal-abal]


[keluar aslinya nih kalo sudah megang sapu]

[lost in kraton jogjakarta]

kalo mau lihat vidio wawancara ghoib bersama Raden saleh ada sudah slam uplod via You Tube, linknya http://www.youtube.com/watch?v=m95isp-NqVc  CEKIDOT!!!

You Might Also Like

19 komentar

  1. lo kok gak mampir ke baratnya malioboro??

    ReplyDelete
  2. wah kayaknya asik nich perjalanan si bolang. lain kali ajak-ajak dong, siapa th ntar aku juga kesambet putri keraton jogjakarta nan indah dan megah tak ternilai harganya. hihihi...

    ReplyDelete
  3. @maslie : barat malioboro ki sarkem yo? hehehe udah tak ubek ubek mas pas nyari penginapan, tapi dah full
    @wiwit : nanti kalo ada lagi aku invite aja yah hehe

    ReplyDelete
  4. kalau kamera gede boleh juga? atau beda bayarnya? malah gak ngerti nih...

    ReplyDelete
  5. gagal mengagumi lukisannya, habis keburu senyam senyum baca tulisan dibawahnya sih.

    ReplyDelete
  6. paling suka foto pas dirimu nyapu slam.. orisinil banget.. xixiixix
    *ditimpukin sama Slam.

    ReplyDelete
  7. katanya jalan sendirian, penasaran sapa yg motretin dan ngerekamin *mikir*

    ReplyDelete
  8. @narti : turis menggelandang nih
    @sda : kamera apapun sma aja, bayarnya serebu
    @abi : yahhh gak kena nih
    @gek : gak aku timpuk kok, sini nyapu bantu slam *diuncalke
    @clara : ya moto sendiri, ada yang pake timer, ada juga yang tak tau malu minta dipotoin sama orang yang lewat hehe

    ReplyDelete
  9. rampoookkk...
    ada perampoook lukiisaaannnn...
    *teriakan slow motion dan medok* :)) :))

    ReplyDelete
  10. kenapa gak bilang2 kalo lagi di jogja, ntar saya samperin.. :D

    ReplyDelete
  11. AKU HANYA TERTARIK PADA LUKISAN MAESTRO RADEN SALEH AJA...BUKAN PADA MUKA LO...YO WES.AKU SENIMAN. NAMAKU HERRY DE MORGAN.

    ReplyDelete
  12. tukang sapu ye slam hahahha anggota pasuka kuning?

    ReplyDelete
  13. suka nyapu y?? ke kos keboo y, tlg sapuin.. hehe

    saam kenal

    ReplyDelete
  14. Rombongan dari sekolah kami mau wisata ke kraton Jogja.liburan mendatang , OKE!

    ReplyDelete
  15. @lisha : wahahaha nguiingg nguiinngg alarmnya bunyiii
    @secangkir teh : waha... situ juga gak bilang bilang kalo lagi dijogjaaa.
    @herry : wahaha muka saya ternyata tidak terlalu komersil seperti lukisan raden saleh hehe

    ReplyDelete
  16. @anyin : itu cerita lama nyin, sekarang ganti, pasukan orange (tukang parkir)
    @kebokyut : kebo gak pernah keliatan nih salam kenal juga
    @gaih kusumo : wahh udah lama ternyata... jadi bagaimana cerita waktu di jogjanya?

    ReplyDelete
  17. katanya sendirian, trus yg motoin siapa? hehe..bTW thanks..inspiratif buat kesana juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya itu perjalanan sendiri...
      tapi untuk foto, kalo gak foto pake tripod dan timer ya minta tolong pengunjung lain buat fotoin

      Delete

Followers

Statistik

Blog