Semarang Banjir Kuliner

Friday, January 29, 2010

Banjir…banjirr…. Semarang banjirr!!?
Banjir apa mas?
Semarang Banjir… Semarang Banjir Kuliner mas!!
Wealah saya kira banjir beneran mas!!

Semarang memiliki wisata kuliner yang khas dan beraneka ragam beda dengan kota lainnya, tapi menurut kebanyakan orang yang Slam Tanya “Apa sih Kuliner Khas dari Kota Semarang?”, dan serentak orang menjawab Lumpia mas!!! Lumpia” semangat sekali kau?!. Ya betul semarang terkenal dengan makanan khasnya yaitu Lumpia, disebut juga loenpia atau lunpia. Lumpia Semarang adalah makanan sejenis rollade yang berisi rebung, telur, daging ayam atau udang, “MAK NYUSSS” kalau Pak Bondan bilang.

Lumpia Semarang isi rebung
Hmmm eitss tunggu dulu, tidak Cuma lumpia lho Kuliner khas dari semarang!!!, Masih mengantri aliran kuliner khas dari semarang, untuk oleh oleh sangat khas seperti Tahu Bakso Wo Ning  di Ungaran, Wingko Babat, Tahu Pong, Tahu Serasi Bandungan dan Bandeng Presto yang banyak dijual di pusat oleh-oleh sepanjang jalan Pandanaran dan Mataram. Weisss jiann Kuliner Semarang memang Top markotop.


Bandeng Presto, Duri lunak

Untuk yang suka makan, termasuk yang nulis ini pasti tidak puas hanya dengan mencicipi jajanan diatas, seperti perut orang jawa bilang “Nek rak mangan sego ora wareg”, masi ada kuliner super Mak Nyuss yang mengenyangkan perut seperti Tahu Gimbal yang banyak dihidangkan di jalan Pahlawan dan jalan Pemuda, dan Soto khas Semarang dengan kuah bening tanpa santan, suwiran ayam, sohun, tauge dengan taburan bawang goreng di Soto Ayam Bangkong pak Soleh Sukarno dan Soto Neon di daerah Mberok Johar.
Tahu Gimbal 

Soto Khas semarang dengan kuah bening dan taburan bawang goreng

Wahh rasanya semuanya makin semangat nih kalo soal incip mencicip makanan, lanjut lagi yuk!!. Bagi Anda penggemar pecel jangan takut dan jangan khawatir, ada 2 warung nasi pecel yang maknyuz yaitu warung pecel Mbok Sador dan warung pecel Bu Sumo yang sudah terkenal dan melegenda di kota Semarang.
Hmmm kok bau bau daging ya? Ya ya ya disemarang banyak sekali kuliner yang berbahan daging seperti Embek alias Kambing dan sapi ayo langsung serbu saja nikmat dan sedapnya sate di warung Sate Pak Kempleng dan Warung Sate & Gule 29.

Untuk yang suka suasana laut, anda bisa menikmati Bandeng dan aneka ragam masakan laut murah meriah dan lezat di Kampung Laut dekat dengan Pantai Marina, ditemani sepoi sepoi angin laut dan gemercik merdu suara ombak yang menyejukkan hati. Hmmm pasti kebayang kan bagaimana suasananya?
Kuliner ikan Tidak hanya ada di laut lho, nhaa didaerah Bandungan dan gunungpati banyak wisata kuliner Jenis Ikan yang cocok untuk wahana berkumpul. Pemancingan Ngrembel Asri dan Sikopek selalau ramai dikunjungi wisatawan lokal dan  luar kota.

Tuhh lihat temen saya!! saking uenaknya jari pun diemut

Wisata kuliner semarang bukan hanya untuk kaum berkantong tebal, untuk anda yang kantong tipis atau sedang cekak duit seperti saya, maklum anak kuliahan hehehe, Anda bisa menikmati keramah tamahan Nasi Kucing Pak Gik yang sudah melegenda dikalangan anak muda dan pelajar. Serta bisa juga merasakan nikmatnya Super Penyet Dan Lombok Idjoe di jalan Gajahmada.

Setelah menikmati kuliner yang berat berat pastinya haus dan butuh yang segar segar kan? Untuk melegakan tenggorokan dan menyegarkan suasana kita bisa mencicipi nikmatnya Es Hawa di kawasan Pasar Semawis yang buka setiap malam di hari jumat hingga minggu. Kalau masih mau yang segar-segar bisa dicoba Es Kawud dan Es Conglik. Ada jajanan yang sangat khas di daerah kabupaten semarang tepatnya di daerah Ngampin ambarawa yaitu Serabi Cucur, hanya ada di desa ngampin, dengan khas kuah cucurnya yang harum dan lembut.

Serabi Cucur

Berikut ada Peta Kuliner di Semarang, baru sebagian yang bisa dipetakan hehehe, klik saja gambarnya supaya lebih jelas, atau lihat via google map :


  1. Lumpia Gang Lombok - Jl Gang Lombok
  2. Bandeng Juwana - Jl. Pandanaran No. 57 & 83 - Semarang
  3. Wingko Babat - Jl Meranti Barat X/25
  4. Tahu Gimbal - Disepanjang Jalan Pahlawan (setiap malam)
  5. Soto Bangkong- Jl Brigjen Katamso telp 024-8412842
  6. Super Penyet - Jln Gajah Mada no 87 Telp 024-7095 5846.
  7. Lombok Idjoe - Jl. Gajah Mada No.158
  8. Kampung Laut - Jl. Anjasmoro Kompl PRPPTelp.024-7617289
  9. Tung De Blang - Jl Sultan Agung no 107, samping AKPOL
  10. Tahu Bakso Wo Ning - Jl Diponegoro, samping SMA 1 Ungaran
  11. Sate Pak Kempleng - Jl. Diponegoro No.265 (Ungaran)
  12. Serabi Cucur - Sepanjang Jalan Ngampin Ambarawa
  13. Kampoeng Kopi Banaran - Jl. Raya Bawen-Solo Km.1,5 Telp.(0298) 7101770

Alangkah Beragamnya Kuliner Khas Semarang, Seperti Kebanjiran Kuliner sampai satu postingan ini tidak cukup menampungnya, Bagi anda yang ingin Menikmati wisata kuliner tak terlupakan jangan pernah lewatkan untuk Berkunjung disemarang. Tidak berasa disemarang kalo belum Mencicipi Kulinernya, AYO WISATA KULINER DI SEMARANG!!

You Might Also Like

54 komentar

  1. jadi kangen sama semarang....
    waa.. bandeng presto, soto, lumpie, tahu gimbal, wingko, kampung laut... enak tuh buat berdua, ga terlalu ramai, pokok e top markotop,
    jadi pengen2 cepat2 pulang ke semarang,

    2 hari lagi im comming semarang.
    sapa yg mau ikutan tour kuliner semarangan
    tujuan pertama tahu gimbal tanan kb - pahlawan.

    ReplyDelete
  2. wah kalo masuk Sini Bawaanya jadi Laper..Isinya makanan Wuuuuuuuuuuuuuuenak Semua...Makasih Bro Info Tempat2 makanan Wuenak Di Kota Semarang Tercinta kuita ini.walau Belum Pernah jambanin atu2 tu tempat.tapi disini ngak usah nyamperin tu tempat berasa ude kenyang.....hexx

    ReplyDelete
  3. huaaaaaa tahu gimbalnya mauuuuuuuu
    baca blog ini dan ngeliat foto2nya kok jadi pingin ke semarang....
    nice blog by the way *buat iler netes ketes ketes*

    ReplyDelete
  4. Mantab.....marai pengen neng Semarang meneh!!

    ReplyDelete
  5. yaowoh.. bandeng presto ne marai pengeen... posenya seksi banget sih.. wakakak

    ReplyDelete
  6. @love : hayooo mampir nanti aku ditraktir ya hehe
    @tuyul : wah kang, pisan pisan mampir toya...
    @dek.titut : ayo mba kesemarang lagi nanti aku ajak ke gunungpati
    @maslie : wah lha sekarang dimana mas?
    @jojo : wahahaha posenya sangat menggairahkan

    ReplyDelete
  7. Wha....marai ngeleh Kang... Sukses ya....

    ReplyDelete
  8. Ok kapan2 Di traktir to kang kita2 Setuju ngak???

    ReplyDelete
  9. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  10. Loh koq katutan link opo kuwi? walah... sorry Ak, tlng hapus aja

    ReplyDelete
  11. tolong hapus aja Ak.. komnt yg atas itu

    ReplyDelete
  12. Wah ayo kita datangi satu per satu...

    Kucingers lets start the engine..

    ReplyDelete
  13. whewww...berhasil bikin saya ngiler. semuanya saya suka, kecuali wingko itu...

    ReplyDelete
  14. enyak..enyak..enyak.. mau dunk sekali2 ditraktir :D, secara daku baru d ungaran :D

    ReplyDelete
  15. es hawa, es kawud dan es conglik kok gak ada fotonya? semua saya suka. apalagi lumpia, bandeng dan sotonya. eh, tahu gimbal juga suka. kirimiiiin...awas kalo enggak. lapeeer

    ReplyDelete
  16. waaahh.. aku belom pernah semua tuh makannya... kecuali wingko babat tuuhh,, dan aku ga terlalu suka,, hehehehe...

    ReplyDelete
  17. semuanya kelihatan enak slamdunk wajh jadi laper nih

    ReplyDelete
  18. wahhh, bisa jadi acuan buat yang nulis, klo mo ntraktir temen2 nich.....
    aku ojo lali diajak lho yow

    ReplyDelete
  19. Wouw...
    banyak makanan disini rupanya.
    beberapa waktu yang lalu sempat mampir di Semarang.

    saya paling seneng sama bandeng presto.... daerah saya penghasil bandeng, tapi tidak bisa buat seperti itu.

    Postingan mantap sobat.
    Moga sehat dan sukses selalu.
    Salam taksim

    ReplyDelete
  20. Ngelap iler dengan tisu..hehehe..habis enak2 sih...salam kenal

    ReplyDelete
  21. wao.....salam serabi sobat!~ kalau ke semarang pesan 5 mangkok buat saya sendiri! hmmm eunak tenan!

    ReplyDelete
  22. aku juga orang semarang lho..tapi ditempatku engk banjir...
    comen balik ya

    ReplyDelete
  23. Lansung Lapar euy.... mas.. pesen 3 mangkok aja.. kirim ke lampung.. ok.

    ReplyDelete
  24. @sang pena : wah yo makan siang dulu sana
    @tutyul : weee aku nunggu traktiran jadianmu toya
    @kang sugeng : langsung ke TKP kang
    @bacem : heheh siap, asal dirimu yg traktir yo hehe

    ReplyDelete
  25. @LINA :wahhh wiingko enak lho manis
    @DHE : diungaran juga ya? kapan2 ktemu yok
    @CERPENIS : hayuk makan yuk
    @YOLIS : pantangan ya yol?
    @MUNIR : kemana aja ni mas?
    @YY : tenang aja, kalo dapet rejeki pasti traktiran
    @IWAN : salam kang, aku kok makan terus tapi gak gemukk gemuk ya?
    @MR KEM : disini eman bikin ngiler nih
    @DASIR : salam kenal juga
    @PENA : SIAP ndan!!
    @BANG SOLOM : wah belum banjir
    @BERITA BOLA : emangnya rumahe mana mas?
    @PENCARI INSPIRASI : kirim lewat mail ya hehehe
    @CERITA TUGU ; yo mesthi enak pak
    @

    ReplyDelete
  26. aduh salah buka blog
    saya lagi laper berat eh buka blogmu malah isinya makanan T^T
    laperrrr~

    ReplyDelete
  27. huaduuuuhhh!!! jadi makin penasaran dengan semarang

    ReplyDelete
  28. Pak SBY dulu saya kagum pada anda, tapi kini tidak lagi. Karna: Saat rakyat banyak yang BUSUNG LAPAR, anda malah bagi-bagi MOBIL MEWAH buat para MENTRI. Sungguh ironis !

    ReplyDelete
  29. pesan Bandeng PResto nya deh. mantapppp ... :D

    ReplyDelete
  30. loenpia-nya item gitu sih?
    atau yg itu justru enak??
    beda ama yg di header...

    ReplyDelete
  31. a' ....mana resepnya? katanya suruh praktek...
    udah ngeces nih...

    ReplyDelete
  32. aku suka lumpianya slam..
    kalo di bali disebut lumpiang
    he..he
    suka semua deng..

    wong makan..apalagi gratisan..

    ReplyDelete
  33. Itu.. kamu makan semua slam...?
    ck ck ck

    ReplyDelete
  34. Lumpia isi rebung ? wah..kayaknya belum cobain tuh. Kalau dari ps kembang Wonosari yang dekat belinya di mana mas ?

    Eh..saya mau dukung blognya mas Slamet, tapi gimana mas ? aku ra mudeng...

    ReplyDelete
  35. @clara : wah alhamdulilah bisa bikin laper heheh
    @penikmat buku : ayo kesemarang, nanti slam bersedia jadi pemandunya
    @douwes deker : he
    @jonk : pesen berapa om? satu truk atau satu kontainer? heheh kelas besar nih
    @sda : heheh agak gosong, tapi kalo renyah kan malah enak mba
    @itik : kalo lumping bali ma lumpia semarang digaubngin jadinya kaya apa ya?
    @gek :enggak, cuma diincip dikit tok heheh
    @noor : wah langsung ke simpang lima pandanaran aja mas, banyak lhoo

    ReplyDelete
  36. slam, tiwul nya dunk...!! browsing pasar gunung pati isih akeh yo...?

    ReplyDelete
  37. wah manteepp.. enak2 nih,,ada referensi baru buat ngisi perut.. hehe

    ReplyDelete
  38. @bustail : iya kemarin dah mau posting itu tapig ak dapet fotonya, besok minggu diupdate lagi aja dah
    @dawai : yyoi sip, mampir lagi kang

    ReplyDelete
  39. hhmm..ok juga tuh referensi kuliner mak nyuss nya..jadi tertantang buat nguber tmpt jualan dan nyicipi..sukur2 klo digratisi..hi..hi..

    ReplyDelete
  40. Astaga!
    Saya bacanya sampe nelen ludah berkali2
    T.T
    Btw, soto ayam bangkong Pak Soleh Sukarno tuh sama dengan Pak No bukan ya?

    ReplyDelete
  41. walah lengkapne rek.. hehe
    ntar aku menuju semarang y ^^

    ReplyDelete
  42. wow.... enyak--enyak.... indonesia emg kaya bro...

    ReplyDelete
  43. whuehehehe.. aku ndek sabtu dolan nang semarang kang.. ^^ beberapa wes ngrasakne, gari beberapa sing durung (termasuk serabi cucur).. muanteeeep.. Hihi..

    ReplyDelete
  44. Info buat agan – agan sekalian… kLo ke ungaran ada martabak + steak maknyuss, enak – murah, cocok bwt cmua kalangan, dompet tebel maupun tipis… neh.. di Prof Salwa – Martabak n Steak – jl. ahmad yani 38 ungaran – daerah jalan asmara —-deket alun2 asmara

    ReplyDelete
  45. @anonim prof salwa : sudah pernah kesana dan mencicipi martabak+steaknya... lumayan murah... porsinya tambah dong hehehe

    ReplyDelete
  46. #latereply
    @nobita : km kan juragan serabi bu? hehe
    @diajeng : hmmm saya tahunya soto bangkong, nanti cari tahu lagi siapa pak no
    @ayas : kapan yas? ditunggu
    @pekanbaru : hmmm kaya akan keragaman kuliner
    @jodie : butuh dikirim sample gak? #cumananya
    @yasuyasah : silakan kesini yas, nanti aku traktir.. (parkirnya)

    ReplyDelete
  47. udah pernah nyobain siomay &batagor yang paling enak di semarang belum?,,kini telah di buka warung siomay bon-bon di jl. mugas, sebelah kiri unisbank pandanaran.Semarang,,, siomay bon-bon, lezat siomaynya, maknyus sambal kacangnya...murahhh, cuma Rp. 3.000 udah dapet 1 porsi,,,,enak,lezat dan bergizi. coba datang dan buktikan kelezatannya,,,,...

    ReplyDelete
  48. udah pernah nyobain siomay &batagor yang paling enak di semarang belum?,,kini telah di buka warung siomay bon-bon di jl. mugas, sebelah kiri unisbank pandanaran.Semarang,,, siomay bon-bon, lezat siomaynya, maknyus sambal kacangnya...murahhh, cuma Rp. 3.000 udah dapet 1 porsi,,,,enak,lezat dan bergizi. coba datang dan buktikan kelezatannya,,,,...,

    ReplyDelete
  49. masih ada yang ketinggalan untuk kuliner khas Semarang. tahu petis, mie kopyok dll

    ReplyDelete

Followers

Find us on Facebook

Loenpia.net

ID Corners

Statistik

Blog