Kopi Khas Nusantara

Friday, January 29, 2010

Pecandu Kopi, yup betul temen-temen dikantor slam ternyata pecandu kopi, tidak tahu itu sekedar untuk penghilang kantuk atau memang hobi minum kopi, bayangkan saja dalam 1 kantor ada 15 perempuan dan semuanya doyan kopi dan dalam satu bulan, lebih dari satu botol besar habis tak tersisia.


Slam sempat bertanya kepada gadis-gadis dikantor.
“eh kopi kesukaanmu kopi apa to?” srutup kopi hangat
“kopi, kopi moccacino slam, baunya sedap!!” menyeduh kopi di pantry
“kalo kopi asli nusantara kita tahu gak?”
“hmmmm apa ya? kopi Banaran, espresso, coffemix, moccacino”


Dan ternyata sedikit sekali teman slam yang mengetahui ragam kopi dari nusantara tercinta kita ini.
Setelah hunting Buku dan ngoprek diinternet slam menemukan beberapa keajaiban kopi di nusantara ini. Sebelumnya slam Cuma tahu kopi itu hanya kopi bubuk dan kopi kemasan yg sering diiklan ditelevisi. Ternyata wowww “kaget”… kopi produksi kopi nusantara kita ini sungguh hebat dan terkenal didunia. Tidak tanggung tanggung, Indonesia menempati urutan ke empat sebagai pemasok kopi terbesar. Info dari Wikipedia

Okelah Kalau begitu kita wajib mencari tahu apa saja sih Kopi Nusantara kita ini:
Kopi jenis ini hidup di daerah pegunungan dengan udara yang sejuk, Kopi arabika yang sangat terkenal adalah Kopi Gayo dari Propinsi Aceh. Kopi Gayo memiliki citarasa yang sangat khas, yaitu sensasi rasa yang keras saat kopi ditenguk dan aroma yang menggugah semangat.

Kopi Jenis ini hidup di daerah dataran tinggi dengan suhu udara yang cenderung dingin di mana Arabika tidak akan tumbuh, sehingga kopi yang dihasilkannya pun cenderung exstrim, rasanya agak pahit dan asam. Robusta biasanya digunakan dalam beberapa campuran espresso.

Berikut adalah beberapa Jenis Kopi Khas Nusantara yang sudah melegenda :
Kopi Luwak termasuk salah satu varieties kopi robusta, Kenapa disebut kopi luwak? karena kopi ini dikumpulkan dari kotoran luwak hewan sejenis musang pemakan buah kopi, bukan kotoran yang jorok itu, tetapi biji kopi yang ikut terbuang bersama kotoran Luwak. Dimana Biji kopi yang tidak tercerna dan ikut keluar bersama kotoran tersebut sudah mengalami proses fermentasi alami di sistem pencernaan binatang itu. Rasa Kopi Luwak sangat unik, selangit dan membuat ketagihan. Kopi ini sangat terkenal dan Dunia pun mengakuinya, “Wah jadi bangga nih dengan Kopi Nusantara kita ini” *hormat*.
Kopi Gayo dari Aceh
Kopi Kintamani dari Bali terkenal dengan warna dan aromanya yang harum..
Kopi Khas Papua yang dikenal juga sebagai KOPInya kaum lelaki, sekali srutuup siap tempuur..
Kopi Kolasi dari kota Toraja Sulawesi yang super manthap.
Kopi Lampung dan Kopi Toraja Yang Khas.

Heheheehe slam mau berbagi pengalaman nih, pada kesemapatan kemarin (tahun lalu) slam dan sobat-sobat pernah mampir di Kampoeng Kopi Banaran (Banaran Coffe) dan merasakan sendiri bagaimana Manthap dan nikmatnya kopi banaran. Lokasinya tepat dipinggir jalan Raya Bawen – Solo Km 1,5 Bawen Kabupaten Semarang. Kawasan ini sangat unik dimana tidak ada sebuah kawasan wisata dimuka bumi ini yang memiliki. Dengan berbagai wahana wisata untuk keluarga, jajanannya pun murah.


Buat awang maaf fotonya aku bikin blur, takut matiin pasaran yang nulis hehehe

Untuk anda yang suka kompul kumpul atau sekedar nongkrong Minum Kopi bareng teman, banyak bertebaran coffeshop disemarang seperti Warkop yang ada di DP Mall, ada yang mahal dan ada yang murah. Nah tepat sekali untuk anda dengan kantong anak kuliahan bisa mampir dan coba kehangatan Kopi Klotok

Kopi klotok Alun-alun mini Ungaran tepatnya diJalan Asmara tiap malam, tempatnya sangat ramai dikunjungi anak muda sebagai tempat gaul untuk tongkrongan. Sebeneanya kopinya sama, yang digunakan ialah kopi robusta. Yang membedakan kopi ini hanya cara penyajianya, yang kopi ini juga sedikit unik dari kopi-kopi biasanya yang sering kita jumpai. Proses penyuguhannya tidak langsung dengan air panas, melainkan kopinya dimasak juga seperti layaknya orang merebus air. Merebusnya pun masi  tradisional menggunakan bara api arang. Kopinya memang bener-bener panas karena langsung dari atas kompor langsung disajikan. Ada juga lho yang lebih istimewa kopinya. Kadang untuk menambah kehangatan dapat juga dicampur dengan jahe.

Kopi Klothok Jalan Asmara Ungaran

Tidak disangka ya, ternyata kopi Nusatara kita ini Sangat Terkenal, bahkan dunia pun mengakuinya. Seharusnya kita bangga dan tetap melestarikannya. Supaya tetap terjaga ke khasan Kopi Indonesia. Ngopi dulu ahhhh.

You Might Also Like

28 komentar

  1. dulu inyong pecandu kopi,tapi sekarang dah penciun nggak minum kopi

    ReplyDelete
  2. wah seneng kopi itu dulu je..om....sekarang nggak begitu suka...he...he...

    ReplyDelete
  3. masalahnya.. aku ga suka kopi. wee..
    wekekekk

    ReplyDelete
  4. iya.. aq di ungaran, di kuncen.. :D

    ReplyDelete
  5. hehehehe.. aku ga suka minum kopi neh slam :p

    tapi hidupp kopi indonseia,, sapa tau bisa no 1 ngalahin Brazil ma Kenya :D

    ReplyDelete
  6. @angga : hayuk nantimalem aja ksana ya
    @cerita tugu : wah slam juga bukan pecandu, tapi juga suka ma bau harumnya
    @fahjar : hidup koppi nusantara
    @dhe : wahhh heheh ada temen satu kampung nih, besok mampir ah
    @Yoliz : pantangan ya yol?iya hidup kopi indonesia

    ReplyDelete
  7. Di Jogja juga ada kopi klothok, tapi aku blom pernah nyoba siy. Kebetulan aku juga penggemar kopi hehehe

    ReplyDelete
  8. jadi pengen buat postingan tentang kopi.. :)
    Di bali, bahkan setiap daerah pnya kopi khas tersendiri. saya baru dengar kalo kopi kintamani..

    di bali yg ngetop Kopi Banyu Atis, dari Singaraja.

    ReplyDelete
  9. Enak kopinya
    salam buat yang nulis
    salam kenal buat yang difoto
    he..he

    ReplyDelete
  10. aku gak begitu maniak ma kopi...
    tapi aku pernah nyobain kopi yg dari makassar itu (entah apa namanya)
    rasanya aneh banget,,,pait ada kecut2nya.. (jangan2 basi ya??)

    ReplyDelete
  11. @sari ; emangnya kopi klotok dijogja gimana?
    @gek : jadi pengen nyobain kopi singarajanya
    @sang cerpenis : coba kopi luwak mba, enak
    @itik : wah gak ah, aku cemburu hehee itik genit ki
    @riesta : mungkin emang rasanya gitu
    @iwan : walah malah dangdutan ni abang

    ReplyDelete
  12. wedeh, enak tuh kayaknya.. nih blog bikin ngiler aja dah ngeliatin foto2 makanan.. T>T

    ReplyDelete
  13. i lov cappucino :"> ditemani tiramissu hihihh jadi inget novel na dee lestari tentang kopi..jadi tau banyak dari situ :)

    ReplyDelete
  14. Dari dulu saya pengen coba kopi luwak tapi nggak kesampaian. Titip kopi luwak dong boss... hehehe.

    ReplyDelete
  15. pelajaran kelas berapa dulu ya....
    lumayan biar ingat lagi nih...

    ReplyDelete
  16. gak begitu suka kopi nih...
    tapi kalau ditraktir aaSlam mau...hehe...

    ReplyDelete
  17. waduhh kopi, nggak bisa minum kopi, sering pusing gt, :D

    ReplyDelete
  18. mantap slam.. uenak ne kopine, hohoo..
    btw, ne blog semakin bgus ja :)

    ReplyDelete
  19. Mebengi aku teko Asmara kang..tapi Lali Rak Nglotok....kekekke
    wah Sip kang Blognya...Go Slam Go Slam....*karo tangane Ngepel2* he5 ....

    ReplyDelete
  20. wah, minum kopi klutuk dadi ra iso turu... mending wedang coklat ae slam.. :D

    ReplyDelete
  21. @yasuyasah : awasss banjir iler tyas
    @ranny : aku belum pernah baca novelya dewi
    @anggi : wah mahal tuh
    @sda : wah traktir, bole mba narti sini aja hehehe
    @shetary21 : wah berati gak cocok tuh, cocoknya kapucino aja
    @ayas : tengkyu bro
    @tuyul : wah kowe dukung apa mauu demo aku kang? heheh thanx
    @bustail ; yo besok minggu nyok

    ReplyDelete
  22. hm..meskipun bukan penggemar fanatik kopi..tapi mantap juga tuh infonya..dan perlu dicobain..
    tapi masih ada lagi yg tak kalah menarik..namanya kopi joss..keknya jogja punya tuh..khas kaki lima dialun2 klo gak salah..berarti betul..

    ReplyDelete
  23. Just can say,"Cleguksss.... it's Delicious...
    Boys n' grils, Please try this at home"

    ReplyDelete
  24. kalo dari bau suka banget. tapi sayang jantungku nggak kuat. heheheee...tapi seru juga.

    ReplyDelete
  25. kopi banaran..."" 15.000/dos kecil ....manstabzzz benar2 rasa kopinya...

    ReplyDelete

Followers

Find us on Facebook

Loenpia.net

ID Corners

Statistik

Blog