Cara Membuat Ketupat

Thursday, September 24, 2009

Hallo sobat blogger, pesan ini disampaikan kepada seluruh blogger yang masih selamat, dan sedang bersembunyi dibalik layar monitor atau sedang nongkrong di Kamar mandi sambing teriak “ehh ehhh eekkk ahh”, hehehe. Saya aaslamdunk prime, hasyah kaya transformers aja nih hehehehe.

Tentunya sobat semua tau kan apa itu ketupat? Ya betul ketupat!!. Ketupat identik sekali dengan hari lebaran, lebaran identik dengan silaturahmi, silaturahmi dekat dengan maaf maafan, kalo dah maaf maafan pengennya makan, gak ada ketupat gak rame dan gak bakalan lengkap tanpa opor ayam hehehe pikirannya makanan mulu nih.

Yup betul, bagaimana membuat ketupat? Sebelumnya ada syarat-syarat yang harus kita penuhi :

  1. Kita harus berpuasa dahulu sebanyak 28 hari dibulan Ramadhan, hukumnya wajib hehehe (kan emang bulan puasa xixixixixi) *nyengir sambil tutup mulut*
  2. Sediakan 2 helai janur yang cocok sesuai standard pembuatan ketupat dan sudah teruji oleh BPOM serta DepKes. Hasyah gak perlu tinggal manjat aja pohon kelapa tetangga, ambil janurnya, kalo perlu ambil juga kelapa mudanya (degan). Diusahakan untuk janurnya yang berwana kuning, standar dari BPKK (badan pemeriksa Kelayakan Ketupat)
  3. Selalu Cuci tangan pake sabun, (ngiklan sabun banget ya??!!)
  4. Pakai celana ya!!, biar gak kedinginan
  5. Dan yang gak kalah pentingnya adalah niat, hayo baca niatnya dulu “nawaitu niat ingsun ndamel ketupatipun, soko janur nyolong nang tonggo, penglaris pengalir coy..... amiennn” heheh bacanda kok.
Naaahh sekarang cara menganyam janur untuk menjadi seeokor ketupat :
  1. Ketupat itu terdiri dari bagian pangkal dan ujung, Gulunglah 3 putaran pada tangan kiri dengan pangkal menjulur keatas.
  2. Gulunglah juga 3 putaran pada tangan kanan dengan pangkal berkebalikan dengan tangan kiri, alias keatas
  3. Anyam secara silang dari tangan kanan ke tangan kiri, dibuat selang seling seperti cara untuk menganyam pada tikar atau kain.
  4. Ada satu helai pada pangkal ditangan kiri yang digunakan untuk kuncian, cukup dianyam hingga penuh.
  5. Selipkan semua janurnya, hingga muncul perintah NEXT, NEXT, NEXT sampe FINISH (kaya nginstal program aja nih)
Hasyah sebenarnya gak susah-susah amat bikin ketupat kok, Cuma perlu latihan bentar saja. Daripada susah neranginnya mending sobat semua lihat dan pahami video amatir dan narsis abis ini, langsung praktek aja ya, nih silakan dipelototin, WATCH AND LEARN.

Video bikin ketupat

Slam bisa buat ketupat waktu masih SMA kelas 1, dan sudah Khatam tanpa melihat dalam waktu 1 minggu, dan telah tercatat di Guenes Book Of Rengkot di Gunungpati sebagai pembuat ketupat tercepat dengan catatan waktu 30 detik/buah, hehehe Slam Musti ucapkan terimakasih kepada bapak Kyai Machrus tetangga slam bapaknya Mas Awang yang super gaul, lagu kesukaanya adalah Bismillah dari Bang Haji Rhoma irama. Terimakasih atas didikan beliau.

Kalo lebaran gini, biasanya slam jualan ketupat bareng temen temen laskar ketupat gunungpatI Bang Yoyo, Awang dan Deny beserta antek-anteknya, kalo istilah Jawanya ( Mremo), jadi selama dua hari berturut-turut membuat ketupat dipasar kembang atau (Prepegan). jadi dua hari itu dinamakan pasar kembang, karena banyak sekali penjual yang menjual bunga untuk dibawa ke pemakaman atau dipajang dirumah saja, dan kalau hari Prepegan/pasar kembang, pasar Gunungpati sangatlah penuh sesak berjubel orang orang yang mencari kebutuhan berlebaran.

Ini ada foto suasana pasar kembang tiap tahunnya di pasar gunungati, wuuhh ruamenya sumpek, bejubel, minta ampunnn, mungkin kalo ada tikus mau nyeberang aja udah angkat kaki nyerah, gak lagi-lagi dah, ngathang-ngathang takut terinjak-injak orang.


yang ini namanya Deny seorang PNS, sambilannya buat ketupat tiap tahun

jalan macet total waktu pasar kembang (prepegan)

Tukang parkir musiman, transaksi duwit.

beli kembang, satu kerangjang 7500 perak.

Dulu waktu masi SMA, 3 tahun berturut-turut menjual ketupat dipasar gunugpati, dan sudah mempunyai pelanggan tetap. Tahun sebelumnya lagi jadi tukang parkir di halaman sebelah belakang pasar. Tapi gulung tikar karena digusur sama Preman yang lebih Senior.
Dulu juga pernah hampir satu bulan membuat jajanan lebaran semisal kue bawang dan roti, hanya demi membeli petasan. Dan sungguh sial, lebaran gak seneng-seneng ikutan lebaran, malah dirumah aja kesakitan kena Ledakan petasan.

Ketupat 1lusin, tapi isinya ada 10 ekor biasanya djual 2000 rupiah, tapi itu dulu waktu masih tahun 2004-2005an waktu slam masih muda, hehehe dengan harga 2000 itu eehhhh ada nenek-nenek yang nekat nawar sampe harga 500 perak, “nang limang atus wae ya, tuku rong lusin sing gede-gede” artinya = “dek, lima ratus saja ya, mbah beli dua lusin yang besar-besar”, (geleng-geleng) CKCKCKCK SUNGGUH TERLALU!!!!! Sudah nawar gopek tanpa dosa, mintanya yang gede-gede lagi!!! 500 perak kalo buat beli krupuk aja Cuma dapet lima biji.

Dalam membuat ketupat ada suka dan dukanya, tapi kebanyakan dukanya aku!!!! Dan yang paling ngenes nasibnya adalah aku, siapa lagi kalo bukan aku, hehehe maaf nih kalo curhat. Mau protes ni ma kalian bertiga, hehehe Kita berempat yang bisa manjat pohon kelapa Cuma slam aja, si Awang Ngeles kalo disuru manjat “waduh, aku gak bisa ik, kalo pake tangga bisa”, si yoyo juga ngeles melulu “wah kalo manjat itu termasuk salah satu kelemahanku mbeng!!!, km aja ya!! Tak tungguin dibawah” KAMPRETTT SEMUA. Jadi akulah yang jadi tumbalnya, seringi diakali, disuru untuk memanjat pohon kelapa, paling tidak ada 5 pohon kelapa tiap harinya untuk dipanjat, tingginya pun lebih dari 10 meter!!.

Slam sebenernya juga tidak ahli dalah hal panjaat memanjat pohon, kalo manjat yang lainnya mungkin bisa. Alhasil karena manjatnya juga sembarangan Modal Nekat dan Nekat tok, karena mempunyai talenta alami saja!!. Maka berhasillah memanjat dengan jurus piaraanya si buta dari goa hantu, alias KLIWON Kesurupan.

Tapi alhamduliah, semuanya lancar, belum pernah kejadian jatuh dari pohon, amieeenn.

Eniwei, udah nih ya, slam mau bantu temen-temen bikin ketupat di TKP buat Lebaran Ketupat (BODHO KUPAT atau SYAWALAN). Tha thaaa....

MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN YA..... MULAI DARI NOL YA!!!

You Might Also Like

18 komentar

  1. ih kok murah si, disini bungkus ketupat bisa 5000-an loh, apalagi kalo udah deket banget lebaran, harganya jadi bisa 10.000. zz

    dulu tys sempet belajar bikin ketupat, tapi gabisa2 dah. susah.
    zz

    ReplyDelete
  2. @tyas : wah sebenernya ada videonya, tp uploadnya lama, jadi aku cancel
    @ayas : hehehee ya puasa dulu, parno nih akang satu ini pake acara bugil

    ReplyDelete
  3. @tyas : wow, masa sampe 10.000?
    kapan aku ekspor ke tmpatmu ya? tiap unting aku kasi km 10% deh hehehehe

    ReplyDelete
  4. disini gk ada janurnya aa' jadi lupa lagi deh kalau bikin ketupat.
    kemarin bikin lontongnya pakai plastik, gak ada sedap/harum bau janur, tapi tetep semangat lebarannya....
    lihat pic-nya jadi kangen ke pasar..hehe...
    maaf lahir batin ya aa'...

    ReplyDelete
  5. Slams..itu tukang parkirnya yang mana?
    yang kaos abu2 apa yang pake jaket ?
    ha..ha
    Kalo di Bali, setiap cewe remaja wajib bisa bikin ketupat
    ketupat di Bali bentuknya macem2
    Namanya lain2, kegunaannya juga lain2

    ReplyDelete
  6. @narti : iya, tetep semangat juga donk... pasar tradisional tetep rame mba
    @itik : itu tukang parkir semua, lagi ngitung duwit hasil parkir. hehehe emang dibali ada berapa jenis ketupat to? kegunaanya juga sama paling dimakan? betul tidak?

    ReplyDelete
  7. wekekekek...buat ketupatnya ada next..next nya yah. kya install program ajah..kya nya buat ketupat itu ribet yah. aku mau yang jadinya aja deh. slamdunk punya ga ketupat yang asli? bagi dunk. ehehe

    ReplyDelete
  8. hahahaha, ternyata dirimu punya banyak talenta yah....saluuut saluuuut....POKOKE MOHON MAAF LAHIR N BATIN YO

    ReplyDelete
  9. wah bnyk jg pngalamanmu di alam liar wkkkwkwkw...mohon maaf lahir batin y sob :D

    ReplyDelete
  10. Model video Klip e ganteng tenan hahaha... piss broder :p

    ReplyDelete
  11. hihi..baru nyetel videonya malah...senyum2 sendiri....

    ReplyDelete
  12. yaaah..lebaran udah lewat baru baca postingan ini. aku telat ya?

    ReplyDelete
  13. Berkunjuuuuuung... hmm.. Met lebaran yaa.. mohon maaf lahir dan batin.. sory telat he.. he..

    ReplyDelete
  14. hhhmm..kebayang deh ..wajah polos seorang bocah slam yang terduduk dipojok pasar menganyam ketupat dengan segepok petasan dialam hayalnya..ok juga tuh..ceritanya gak cuma menyentuh tapicukup menendang , menohok bahkan mampu merusakkan program internet tercanggih..hhmm dahsyat man! Kamu telah menjadi pelaku pelestari kebudayaan warisan nenek moyang....seni menganyam ketupat ..kalo perlu dipatenkan saja..minta pengakuan dari KPKN( Komisi Penganyam Ketupat Nasional)atau daftarkan ke Nobit_choe @yahuud .kom

    ReplyDelete
  15. @violet : heheh lama ni baru dibales comenntya, ya semoga aja besok bisa bikin ketupat pake komputer jadi bisa di NExt next hehehe
    @geni : cah gunungpati porak mas!!!!
    @ridwanox : liar? hehe cuma di kali ma di kebun orang kok mas
    @laskar pelangi : modelnya mirip jacky chan apa nicholas saputra bang? ayo tebak?
    @narti : videonya lucu apa ngisin ngisini mbak?
    @henny : gak papa kan masi bulan syawal
    @joddie : maaf lahir batin juga
    @miss albino : wahahahaha nyolok mata gak mba? boleh juga tuh, dipatenkan sebagai budaya asli gunungpati!!! nanti km klaim gimana?

    ReplyDelete
  16. wah, canggih ya..saya aja gak bisa. btw, pengalamannya byk juga ya. dari tukang parkir, jualan ketupat. btw, thn 2004 masih muda ya? sekarang dah kakek2? he he he

    ReplyDelete

Followers